Menggunakan Internet Untuk Membangun CV

Jika Anda akan melamar pekerjaan, apa yang terpikir oleh Anda? Salah satunya adalah membuat curiculum vitae (CV) atau Resume yang bagus. Anda kemudian bersusah payah menggunakan wordprocessor Anda untuk mengetikkan hal-hal yang baik mengenai Anda. Anda berpikir bahwa yang akan mewawancara Anda akan terpukau dengan CV Anda.

Mungkin sekarang memang demikian, tapi sebentar lagi tidak demikian. Orang yang akan mewawancarai Anda akan meletakkan CV Anda di meja, kemudian dia akan mengetikkan nama Anda di Google atau search engine lainnya. Dia ingin tahu apa yang dikatakan Google tentang Anda. Nah lho!

Coba cek apa yang dikatkan Google tentang Anda.

Itulah sebabnya, para mahasiswa, sekarang adalah waktunya untuk membangun image Anda di Internet. Anda bisa mulai dengan menuliskan pengalaman Anda di sebuah blog. Atau Anda bisa meletakkan karya Anda (makalah, karya ilmiah) di Internet sehingga dilirik oleh mbah Google.

Di salah satu kuliah saya, saya memaksa semua mahasiswa untuk memiliki blog. Sebetulnya tujuannya adalah untuk memaksa mereka belajar menulis dan mengutarakan pendapat dalam bentuk tulisan. Ini tidak mudah. Itulah sebabnya harus dipelajari dan dilatih. Efek sampingannya adalah Google mengamati Anda.

Hal yang mengerikan adalah kalau Google memberikan informasi yang salah. Bagaimana cara memperbaikinya? Kalau ini sih bahan diskusi di kesempatan lain.

Iklan

56 pemikiran pada “Menggunakan Internet Untuk Membangun CV

  1. bener juga yah… kalo ada 500 pelamar , jadi harus ngecek 500 nama orang di internet..hrd nya kasian pisan

  2. Makanya sesuai moto Google: don’t be evil. Nama Pak budi ada 167000 halaman di Google nama saya baru 738 halaman, masih kurang 166262 lagi, itupun dengan catatan Pak Budi gak nambah halaman lagi, waduh.. beraaattt berattt ….

  3. Waktu interview bulan april lalu, saya disuruh membuat paragraf oleh calon atasan saya. Alih-alih menulis paragraf, saya malah promosi blog 😀 . Pak lebih baik buka blog saya saja, di situ banyak kok tulisan saya..ha..ha..ha..narsis ya 🙂 Akhirnya saya tidak jadi menulis paragraf yang diminta. Dan calon atasan saya itu jadi menulis URL blog saya di catatannya. Dan syukurlah saya diterima kerja 😀 , entah mungkin juga karena blog tadi..ha..ha..ha…

  4. Kalau di google nama saya, maka top result-nya adalah resume saya dan hasil lainnya adalah link-link ke berita kriminal 😉 Ternyata nama saya sama dengan nama polisi yang sering jadi nara sumber berita. btw saya lebih suka nama (asli) saya “tidak tenar” di google, sebaliknya saya lebih suka post dimana-mana menggunakan nickname. salah ga yaa?

  5. Yes, setuju pak budi. masalahnya perlu konsentrasi khusus untuk membangun citra di blog. Seperti apa bentuk dari blog.galihsatria.com? Saat ini sih masih gado-gado, tak ada keinginan untuk mencitrakan blog ini sebagai apa. Yang pasti sih yaa… sebagai representasi dari pribadi galih sendiri hehehe….

  6. bener juga… saya pernah di-interview dan si calon bos nanya apa saya punya website ato ngga. dulu si belum nge-blog tapi untung tetep diterima 😀

  7. tapi kan, kadangkali blog kita berisi hal-hal ‘diluar’ kemampuan ‘akademik’ kita. yah, istilah ilmiah-nya berisi pikiran ‘otak kanan’.

  8. Google jadi indikator baru untuk melihat tingkat kepopuleran. Di satu sisi ini mempermudah pekerjaan HR.

  9. ketika saya dipercaya untuk merekrut seorang pekerja informasi teknologi di kantor, saya merujuk ke Google. Dan dari banyaknya kandidat, walaupun dari cv yang mereka cantumkan – terkagum-kagum. **saya aja ngak sampe sebegitu hebatnya dibandingin cv-nya**. Dan akhirnya sebelum memutuskan pemilihan, kali ini Google dapat membantu kami. Tentunya anak tersebut punya blog, makanya lengket di google.

  10. Salam kenal Pak Budi…
    Saya sangat setuju dengan pendapat Anda, meskipun saya sangat terlambat untuk menyadarinya…
    Selama ini saya sangat mengagumi tulisan Pak Budi Raharjo dari beberapa media yang saya baca. Sungguh luar biasa!

  11. Nah kalo gitu biarkan google menampilkan Aa Nata sebagai calon walikota Bandung berikutnya. 😛 … yang ini HRD nya mana ya? Rakyat? Yukk yakk yukkk….

  12. @Yeni… polll 😀

    our search – Yeni Setiawan – did not match any documents.

    Did you mean: Yeni Setiawan yang ramah, gemar menabung dan baik hati

    No standard web pages containing all your search terms were found.

    Suggestions:

    * Make sure all words are spelled correctly.
    * Try different keywords.
    * Try searching on Google
    * Try more general keywords.
    * Amuse your friends, create your own gooogie

    Yen kalo rajin menabung jangan lupa ke rekening Aa Nata di http://www.gudangbatere.com aja ya 😀

    *ngacirrrr

  13. Kadang banyak juga pak, informasi yang ingin saya hapus dari Google mengenai saya. Misalnya blog lama lah, account di manalah, yang menunjukkan apa yang saya tulis atau keanggotaan di mana gitu ga penting. Hehe.. Tapi ya sudahlah 🙂

  14. bner pak, memang google menjadi salah satu cara utk mengetahui tentang seseorang. saya sambil guyon ketemen2 bilang begini(ngomongnya sambil pede hehe…),
    “kalo mo nyari blog saya, ketikkan aja nama lengkap di google. nah urutan pertama yang muncul, itu blog saya.”

  15. @wibisono

    Your search – Yeni Setiawan – did not match any documents.

    Did you mean: Yeni Setiawan yang culun, gemar mengupil dan suka begadang

    No standard web pages containing all your search terms were found.

    Suggestions:

    * Make sure all words are spelled correctly.
    * Try different keywords.
    * Try searching on Google
    * Try more general keywords.
    * Amuse your friends, create your own gooogie

    -> Wakakaka ini namanya yang scammmm… ayo yen jangan mau kalah… yenni itu siapa sebenarnya 😀 kekekekee…..

  16. Memang salah satu cara menguji tingkat kepopuleran kita bisa melalui Google. Blog sudah dapat membantu saya dalam mempromosikan bisnis saya, tentunya pembaca menemukan alamat blog saya melalui Google itu tadi.

    Semangat menulis di BLOG!

  17. wah betul 100 buat pak budi, kebetulan saya juga baru bikin blog, tepat banget momentnya, kunjungi blog saya ya pak. agungsatryo.blogspot.com

  18. ..Lho..koq sudah no. ke 30..?
    Seingat saya, dulu saya bikin blog ini karena sering baca blog, antara lain Blog Pak Budi yg ini & yang di Planet GBT.

  19. Menggunakan Internet Untuk Membangun CV,,
    hmm…
    supaya kalau pakai Google nama kita keluar,,, cara selain membuat blog sendiri adalah dengan memberi comment di blog yang terkenal (seperti blognya Pak Budi ini 🙂 ) biar ke-index juga
    *nah,terus isi cv kita disini..hihihi..*

  20. kalo hrd atau pimpinan perusahaan melek it sih nggak masalah, bagaimana kalo mereka gaptek?…wah malah bisa ditanya balik, makanan apaan itu blog?…;)

  21. Saya juga sangat setuju.. Tulisan Bapak menggelitik pikira saya. saya juga sering disuruh teman saya (FX.Budi Kristanto) lho untuk sering menulis di internet. tapi kok belum kesampean ya…hehehe…

  22. Sejujurnya, saya sedang mendapat masalah dengan perusahaan gara-gara blog, yang menyebabkan salah satu blog saya harus ditutup karena mendapat intervensi.

  23. Saya juga sangat setuju.. Tulisan Bapak menggelitik pikiran saya. saya juga sering disuruh teman saya (FX.Budi Kristanto) lho untuk sering menulis di internet. tapi kok belum kesampean ya…hehehe…

  24. setelah saya membaca artikel bpk.Budi Raharjo saya menjadi bertambah pengetahuan saya,yg dulu nya saya memang tidak tau tentang pentingnya menulis artikel2 di internet.yang ingin saya tanyakan di sini bagai mana cara memasukan tulisan kita ke Google selama ini saya hanya tau mengirim artikel kemedia massa hanya lewat E-mail saja.mohon kira nya bpk dapat menjelaskan nya.sekian dan terima kasih!!

  25. Google akan (berusaha) meng-indeks-kan tulisan kita jika tulisan kita ada di Internet. Cara paling gampang adalah bukan buat blog di wordpress ini. Anda tinggal membuat sebuah tulisan. Tunggu beberapa saat (hari?). Nanti tulisan Anda akan masuk dalam search engine Google.

    Begitu. Mudah-mudahan bermanfaat.

  26. Salam kenal Mas Budy,

    Ide yang bagus. Memang mahasiswa banyak energy-nya perlu dikembangkan.

    Mungkin energy positif tersebut dapat juga digunakan untuk memasukan CV2 mereka yang juga berisi referensi karya-karya mereka ke calon-calon employer. Karena perusahaan-perusahaan yang cukup lumayan organisasinya biasanya memiliki portal sendiri yang memberikan kesempatan kepada calon pegawai untuk men-submit CV.

    Atau head hunter juga banyak dan mereka pasti memiliki portal yang memiliki fitur yang sama. Seperti http://www.jobsdb.com , http://www.karir.com, http://www.jobstreet.com , http://www.bestjobsindonesia.com , dll.

    Perusahaan tempat saya bekerja selain memiliki fitur tersebut juga memiliki blog ( http://www.moores-rowland.com/esb ) tersendiri. Informasi yang saya dapatkan dari para recruiter, pelamar hanya memasukan CV saja. Padahal mereka dapat memberikan komen terhadap posting job yang dipublikasikan dan fitur komen diblog tersebut sebenarnya dapat digunakan untuk mengkomunikasikan hal-hal yang biasanya tidak dapat ditulis di CV kepada si recruiter sehingga si recruiter tidak hanya melihat CV saja (yang mungkin ratusan atau bahkan ribuan) tapi juga sisi lain dari si pelamar. Jadi mempertinggi khans si pelamar untuk paling tidak di notice oleh si recruiter.

    Benar tidak, Mas? Thanks for letting me sedikit berceloteh… 🙂

    Salam,

    Iset

  27. setuju banget, ini namanya go publik yang efektif bagi generasi di era globalisasi, kalo kita ngelamar kerjaan di negara lain kita tinggal kasih tahu, kita punnya karya dalam blog itu ya…. pak makasih banget idenya, cara ini bisa juga memicu murid saya nanti untuk rajin menulis biar terkenal di berbagai dunia….. ayo…nulis… mari berkarya.

  28. Sebenarnya bukan hanya sekedar CV. Apalagi menggunakan webblog bisa berinteraksi dengan pengunjung (web 2.0 concept) sehingga dapat memberikan penilaian objektif mengenai kemampuan. Selain itu, siapa tau di tambah halaman portofolio bisa di tawari freelance he3 😉

  29. Menarik memang, apalagi di Era IT seperti sekarang ini penggunaan “hard copy” dalam hal tertentu akan semakin dikurangi. Penyimpanan file dalam bentuk soft, misalnya CV di Web Blog merupakan salah satu sarana “promosi” bagi si pemilik CV.

    Disamping itu juga akan “memperluas komunitas serta saling interaksi” diantara para netter.

  30. Wah creative juga nih caranya.HRD skrg pun juga melacak alamat fb para pelamar kerja untuk mengetahui update status2 pelamar kerja juga lho.so hati2 dalam menulis status di fb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s