Jika Anda akan melamar pekerjaan, apa yang terpikir oleh Anda? Salah satunya adalah membuat curiculum vitae (CV) atau Resume yang bagus. Anda kemudian bersusah payah menggunakan wordprocessor Anda untuk mengetikkan hal-hal yang baik mengenai Anda. Anda berpikir bahwa yang akan mewawancara Anda akan terpukau dengan CV Anda.

Mungkin sekarang memang demikian, tapi sebentar lagi tidak demikian. Orang yang akan mewawancarai Anda akan meletakkan CV Anda di meja, kemudian dia akan mengetikkan nama Anda di Google atau search engine lainnya. Dia ingin tahu apa yang dikatakan Google tentang Anda. Nah lho!

Coba cek apa yang dikatkan Google tentang Anda.

Itulah sebabnya, para mahasiswa, sekarang adalah waktunya untuk membangun image Anda di Internet. Anda bisa mulai dengan menuliskan pengalaman Anda di sebuah blog. Atau Anda bisa meletakkan karya Anda (makalah, karya ilmiah) di Internet sehingga dilirik oleh mbah Google.

Di salah satu kuliah saya, saya memaksa semua mahasiswa untuk memiliki blog. Sebetulnya tujuannya adalah untuk memaksa mereka belajar menulis dan mengutarakan pendapat dalam bentuk tulisan. Ini tidak mudah. Itulah sebabnya harus dipelajari dan dilatih. Efek sampingannya adalah Google mengamati Anda.

Hal yang mengerikan adalah kalau Google memberikan informasi yang salah. Bagaimana cara memperbaikinya? Kalau ini sih bahan diskusi di kesempatan lain.