Robinhood: Penjahat atau Pahlawan?

Tahu cerita Robinhood kan? Dia mencuri harta dari penindas yang kaya raya untuk dibagikan ke orang miskin. Nah, pertanyaannya adalah; apakah dia itu penjahat (karena merampok) atau pahlawan (karena membela kaum miskin yang tertindas)?

Bingung saya. Bagaimana pendapat Anda?

Update. Karena komentar yang ada belum sesuai yang saya inginkan, maka saya pertegas lagi kondisinya. Mari kita ambil contoh yang dekat; seseorang korupsi dari negara kemudian uang tersebut digunakan untuk membantu orang miskin atau untuk menambah penghasilan pegawainya yang tidak cukup untuk menghidupi keluarganya. Kejadian seperti ini banyak terjadi di negara kita saat ini. Bagaimana pendapat Anda terhadap “Robinhood” gaya baru ini?

38 pemikiran pada “Robinhood: Penjahat atau Pahlawan?

  1. Secara pendek: Penjahat.
    Sebaiknya usul ke Robin untuk mencalonkan diri jadi anggota DPR, bahkan kalo bisa jadi Presiden sekalian, supaya bisa mengubah sistem dari dalam, bukan dari luar seperti yang dia lakukan πŸ™‚

    Secara panjang dan umum: Relativism πŸ™‚
    Einstein juga manusia… *Nyanyi*

  2. Bagi yang dirampok, ya si Robin itu penjahat.
    Bagi yang ditolong, ya si Robin itu pahlawan.
    Ya kan?

    Tidak ada kebenaran absolut sebelum di akhirat nanti :p.

  3. Kan cerita di Robinhood karena pemerintahannya gak adil, mknya dia berontak demi rakyat kecil..

    coba ada ya Robinhood jaman skrg…kl ada saya dukung deh πŸ˜€

  4. Saya juga mau jadi Robin Hood, tapi yang saya bagi ke kaum miskin 10% saja. Tapi saya gak salah kan, wong sudah menolong kaum miskin yg tertindas…hohoho…..

    Itu prinsip Robin Hood yg ada di negara kita, banyak pula… gak perlu ikut kursus ke UK =)

  5. Mungkin kalau dia hidup di lingkungan/negara yang korup, tidak adil, menindas rakyat, Robinhood bisa dianggap sebagai pahlawan. Rakyat pasti senang punya pahlawan macam dia. Tapi kalau secara hukum ya sudah jelas salah.

  6. secara hukum robinhood adalah penjahat
    secara humanisme robinhood BISA dianggap pahlawan.

    tapi benar yang komen no.1 semuanya tergantung sutradara/penulisnya πŸ™‚

  7. Hmm .. lebih baik yang mana ya, Robin Hood mencuri harta dari penindas yang kaya raya untuk dibagikan ke orang miskin dengan Robin Hood mencuri uang negara untuk dibagikan ke orang miskin ?

  8. tergantung dari sudut mana ngeliatnya pak. saya setuju kata Tia Pangestu, tidak ada kebenaran absolut.

    bisa di bilang bener atau salah itu gak penting πŸ˜€

  9. Sulit pak, kalau dikondisikan dengan keadaan sekarang mestinya itu dianggap jahat. sudut pandangnya untuk kebaikan bersama atau orang banyak. kalau digunakan hanya untuk kepentingan sebagian orang itu kan nggak baik. ada kasus nih pak, yang pernah saya temui, bahwa uang yang semestinya digunakan untuk perbaikan gedung suatu kantor, malah digunakan atau dibagi-bagikan ke semua pekerja disana, dari atasa sampai ke bawahan. padahal kantor itu kan untuk kebaikan (pelayanan) orang banyak.
    bedanya dengan kasus robin hood, dia mencuri atas barang orang kaya yang tamak, tidak memperhatikan masyarakat sekitar.

  10. Wahhh…penjahat or pahlawan….itu bkn masalah!!! yang jd masalah, qt tuh nonton Robin Hood di Bioskop or Film Bajakan??? Nah kl bajakan…ga usah di bahas lagi deh…malu dong coz sbnarnya yg maling tuh sapa???? Hehehee, Tetap Semangat!!!!

  11. Jalaluddin Rakhmat dulu bercerita tentang Robin Hood of Arabia Selatan: Abu Dzar. Doi merampoki kafilah yang berlalu untuk memberi makan orang miskin. Saudaranya memprotes: “Di utara sana ada juga orang seperti kamu; mengambil dari yang kaya; memberi kepada yang miskin; tetapi dia nabi, bukan perampok.” Lalu pergilah Abu Dzar ke utara untuk berkenalan dengan nabi dan mencari sistem yang lebih baik untuk pengentasan kemiskinan tanpa memberikan mudarat lebih besar (yaitu kelemahan sistem hukum dan kesalingpercayaan publik). Tapi, tentu zaman ini sistem adalah hasil kajian bersama yang adil dan madani, bukan fatwa satu dua orang, karena di masa kini tidak ada nabi. Nabi berbisnis untuk dakwah. Pesorban masa kini berdakwah untuk bisnis.

  12. kalo robinhood modern itu korupsi uang rakyat lalu dibagikan lagi ke rakyat mah itu namanya ya tetap garong, perampok juga.

    bedanya, robinhood di inggris itu kan merampok uang tuan tanah, bukan uang rakyat, untuk dibagikan ke orang miskin.

    masalahnya, sebetulnya bisa nggak sih kita tetap membantu rakyat tanpa harus merampok? jadi nggak usah bingung dengan definisi robinhood itu perampok atau pahlawan. gimana, om bud?

  13. Dalam context zaman Inggeris dulu Robin Hood dialu-alukan sebagai seorang pahlawan sungguhpun perbuatannya itu melanggar undang undang. Tetapi di zaman sekarang, kesahihan Robin Hood tak dapat di pertahankan kerana ‘nobody is above the law’. Kalau hendak membuat kebajikan harus berlandaskan undang-undang kerana ‘absolute power corrupts’.

  14. Hanya KPK yang dapat menjawab, karena dia sang mahatahu aliran dana Robinhood….. “eh?”

  15. Dari cerita Robin Hood, penguasa di era itu sangat semena-mena terhadap rakyat, sehingga melihat kondisi itu kang Robin mengambil jalan pintas dengan merampok antek-antek pemerintah. Dari sisi motivasi dia sih udah baik, cuman dari sisi tindakan dia kurang kreatif untuk mencari jalan yang benar. Tetapi skenario dari cerita itu mengarahkan kita untuk menganggap kang Robin itu sebagai pahlawan. Kalau dianalogikan dengan koruptor sekarang, mungkin gak cocok, karena koruptor hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, kalo kang RObin untuk orang lain. Persamaannya sama-sama melanggar hukum.

  16. Mohon dikoreksi jika saya keliru. Kalau di Islam, untuk sesuatu itu bisa disebut Halal, maka:
    – esensi zatnya perlu halal,
    – cara mendapatkannya halal,
    – cara mengolahnya halal,
    – dan penggunaannya halal.

    Tapi kalau tak salah, dulu HAMKA pernah menerima saja uang sumbangan dari seorang pelacur untuk pembangunan masjid. πŸ™‚

  17. Koreksi: Untuk sesuatu itu bisa disebut Halal, maka:
    – esensi zatnya perlu halal,
    – cara mendapatkannya perlu halal,
    – cara mengolahnya perlu halal,
    – dan penggunaannya perlu halal.

    Air comberan dipake wudhu? Perumpamaannya agak kurang pas. Untuk bisa dipakai wudhu, airnya harus suci DAN mensucikan.

  18. Penjahat, pak…

    Mengutip ucapannya Sunan Bonang waktu bertemu dengan Raden Sahid;
    “Masak mau mencuci baju kotor pakai air kencing?”

  19. Menurut islam, orang tersebut berdosa dan tidak diterima amalan pemberiannya. Sebabnya:

    1. Pencurian adalah dosa.
    2. Allah adalah baik (toyib) dan tidak menerima kecuali yang baik, jadi uang yang disedekahkan dari hasil pencurian tidak diterima.

    Allahu a’lam bis sowab.

  20. Robinhood teh Penjahat atau Pahlawan itu relatif tergantung saha nu ningali, betulkan pak?
    Siapa yang berkuasa dialah yg menang, betul bgt pak?

    Kalau dilihat dari sebabnya udah jelas bgt, bahwa :
    1. Masa Robinhood, yg salah mah org kaya raya dan aparatur kerajaan yg berkuasa. dan
    2. Masa kini, pd korupsi karena aparatur pemerintahannya bobrox karena hukum-nya seenake dewek.

    Jadi kesimpulannya adalah :
    pertanyaannya dibalik, apakah org kaya yg pelit bgt dan aparatur pemerintah yg bobrok itu Pahlawan atau Penjahat?
    Nah loh, mari kita lihat secara objektif !
    Yang jelas si Robinhood teh gagah berani membela yg baik dan gak kompromi dgn yg jahat…:)
    Dia jugak gak cape2 pake demo sgala,nyeri hate lamun teu di acc 😦 Masa menta2 ka penjahat, JAIM doooong πŸ™‚

    Begitu ceritanya…jelas tidak? Aloooo bpk2 dan ibu2…kedengaran tidak?

    Mudah2an mangfaat.

  21. Saya tidak setuju kalo tindakan korupsi dianggap sperti ROBIN HOOD!!. besar kepala sekali ntar tuh para KORUPTOR.
    yang saya tahu Robin Hood adalah Tokoh yang terampas haknya dimasa pemerintahan apa tuh (saya lupa 😦 ) sampe2 keluarga tanah dan seluruh Properti nya dirampas. Terakhir dia jadi Buronan, karena dia masih keturunan Bangsawan Inggris. Nah.. disaat REZIM dimana terjadi banyak kecurangan2 yang mengakibatkan kemiskinan dimana2, muncullah gerakan Pemberontak yang terdiri dari masyarakat yang berlari dari system Pemerintahan dimasa ini kedalam Hutan.. Nah…
    disinilah dimulai Robin Hood.. disaat tekanan REZIM telah mengada-ada dengan kebijakan yang menyesengsarakan RAKYAT (mendahulukan kepentingan BANGSAWAN dengan segala macamnya (nonton sendiri lah… capee deee..) ).
    Nah sekarang.. Dari skenario diatas Robin Hood dkk melakukan Agresi kepada Rezim itu untuk membentuk kekuatan MASSA demi menyelamatkan NEGARA DAN BANGSAnya.. salah satunya dengan mengambil kembali Hak yang seharusnya MILIK RAKYAT!!..
    dapatkan kaset dan CD-nya di TOKO terdekat.. Upps… HBO aja deh… mending daripada BAJAKAN..
    wawawawawawwa…. πŸ˜€

    hmmm…

    jadi tak ada perbandingan antara Korupsi dengan tindakan Robin Hood.

    soalnya Dimensi hayal saja yang membuat para KORUPTOR sampe sekarang makin menjadi2 seakan2 mereka adalah ROBIN HOOD masa kini..

    ROBIN HOOD bisa saya katakan PAHLAWAN SEJATI.
    TINDAKAN KORUPSI bisa saya katakan..

    yah begini aja deh…

    TanNyAA KeNNnAPPAAaaa :p

  22. Menarik, tanpa update tentang contoh korupsi sudah cukup baik dalam memancing pemikiran. Tapi kalau Bapak mengambil contohnya dengan negara kita dan korupsi, maka saya katakan kasusnya sangat berbeda. Dalam kisah robin, hukum yang berlaku dibuat oleh kerajaan, dan rakyat tidak mempunyai andil didalamnya. Sehingga melanggar hukum kerajaan bukan berarti melanggar hukum rakyat.

    Berbeda dengan sistem hukum demokrasi, seharusnya rakyatlah yang menentukan hukum. Sekalipun dalam hal ini ada pihak mayoritas dan minoritas, tetap itu harus diterima sebagai hukum yang ditentukan oleh rakyat secara keseluruhan. Melanggar hukum negara berarti melanggar hukum yang ditentukan oleh rakyat(atau perwakilan rakyat).

  23. Robin Hood tetap penjahat…
    Ia bukanlah seorang pahlawan bagi siapapun.
    Menolong orang lain dengan cara yang keliru.

    Menurutku itu sama dengan ‘dusta putih’,
    berbuat DOSA dengan maksud “baik”.
    tetep aja dosa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s