Istirahat Suara dan Casiopea

Buntut dari sakit tenggorokan saya adalah suara saya hampir menghilang! Katanya kelelahan. Wah. Padahal minggu depan harus memberikan presentasi. Yang ini nampaknya masih bisa, tetapi terpaksa harus menggunakan microphone karena suara saya memang benar-benar melemah.

Yang susah adalah minggu depan saya juga mau latihan band dengan BANDIT. Saya pengen nyanyi (lagu Genesis), tapi dengan kondisi seperti ini nampaknya tidak memungkinkan. Jadi saya hanya sebagai pelengkap penderita saja di sana. 😦 hik hik hik. Saya jadi pengen mainin lagunya Casiopea yang sarat dengan gitar dan keyboards. Tidak perlu nyanyi. Menyanyinya dengan gitar saja. Asyik kali ya?

Hmm… jadi kepikiran untuk mencari lagu Casiopea untuk dibawakan BANDOS bulan-bulan depan. Soalnya di BANDOS, keyboards dan bass jago. Mereka pasti bisa bawain Casiopea. Saya aja yang paling keteter, paling amatir. he he he. Wah, harus banyak belajar gitar solo nih. Scale aja nggak bener he he he, langsung mau main solo pula. Namanya juga belajar, harus berani salah. Sebenarnya kalau tidak high speed saya masih bisa ngikuti, tapi kalau sudah ngebut itu solonya, berat banget. (Mau ngikuti tab juga males. Jadinya banyak ngandalin telinga. Ayo dong cariin film di YouTube yang ngajari cara solo gitarnya Casiopea ini.) Disederhanakan saja lah. Tinggal cari lagunya.

Asayake, nampaknya asyik (lagu favorit saya) tapi sekarang ini saya sedang kesengsem sama lagu Intersive Ways (dari album Freshness, perasaan saya lagu-lagu di album ini asyik semua). Yang menarik dari lagu ini adalah adanya dialog gitar dan keyboard. Saling seling menyelingi. Keyboard nyeletuk di sela-sela melodi gitar. Aduh, sedapnya! Pengeeeeennn.

26 pemikiran pada “Istirahat Suara dan Casiopea

  1. Mas Budi,
    Waktu tahun 1984 saya sempat nonton Casio Pea di Balai Sidang Jkt.
    Fusion Jazz (?) mereka memang asik banget …gegap gempita. Dan gitaris mereka Issei Noro gayanya spt rocker. Belakangan saya tidak mengikuti p’kembangannya lagi, apa masih bikin album….?

  2. Wah ada kemungkinan kita nonton acara yang sama :D. He he he. Saya masih ingat saya dan kawan saya (Hammam) berdua dari Bandung ke Jakarta dan balik ke Bandung lagi (karena besoknya ada kuliah atau gimana lupa). Ya, Issei Noro memang sakti dan dia memang orang utamanya (pemain lainnya sudah gonta ganti). Denger-denger sih mereka sudah bubar. 😦

    Kalau albumnya banyak. Saya baru lihat beberapa album mereka belakangan ini saja. Tetap asyik kok.

  3. Saya sempet nonton Casiopea, di JakJazz tahun 95 (atau 96 lupa pressisnya), saya nonton hanya 2 meter dari pemain keyboard (back stage pass, pakai press, jangan tanya dari media mana ntar pada bingung). Jadi bisa melihat dengan jelas bagaimana mereka bermain. Semua pemainnya orang gila tuh :-). Tapi soal nonton fusion yg paling berkesan adalah UZEB (group Kanada).

    Mereka masih bikin album, kalau mau lihat di divx.com ada videonya. Dulu sempat punya partitur beberapa lagu top mereka, cukup ditail sampai solo guitarnya ditulis. Tapi ndak tahu lagi pada kemana.

    Kalo mas Bud mo “ngecover” cari aja MIDI filenya, kan enak bisa ditiruin sembari dipelanin he he he

  4. Kalau dari MIDI filenya nggak tahu gimana grip atau fingeringnya. Saya pernah nyoba menterjemahkan sendiri cara memainkan sebuah lagu (bukan Casiopea, lupa) ternyata beda dengan cara aslinya. he he he. Dia ternyata main di fret atas sementara saya main di rendah. Pantesan beda. Tapi biarin saja ya. Kan nggak harus plek sama.

    Pernah sih dikomentari kawan, don’t play around with greatness, ketika mau main-mainin lagunya Beatles. he he he. Emang dia maniak Beatles sih. Jadi kalau nggak sama, dia bilang jelek.

  5. Hallo mas Budi, saya Esti bojone Ari Santoso EL 79. Masih ingat???? Anakku sekarang juga ngampus disana, tapi jurusan Teknik Industri. Baru nemu blognya mas Budi nih.

  6. Casiopea! Ini grup yg bersama Queen menjadi pintu saya ke musik2 yg sekarang sangat saya nikmati.
    Asayake! Ingat nama lagunya krn sering bgt putar kasetnya jaman SMA, tapi lupa bunyinya πŸ™‚

    MasBoing, saya baru dapat ‘I cannot believe it’s true’ nih! Sekilas ini lbh mudah drpd ‘In The Stone’, tar coba2 aku tulis ya brass-nya. Yg susah cari pemain brass yg pemberani nih hehehe..

  7. cobain denger eyes of the mind, misty lady deh pak… itu enak banged.. saya demen bener tuh.. salam kenal..

  8. Casiopea ngga cuma butuh bass, keyboard yang jago tapi itu gitar sama drum juga perlu yang dahsyat. Asayake aja memang asyik tapi maininnya kalau ngga nyontek di sequence MIDI terutama di sesi gitar mabok juga. Cuma kalau nyontek gini feelnya nggak dapet mas harus sambil dengerin aslinya terus2an.
    Ya seneng sama Issei Noro karena bisa main Jazz dan Rock gantian atnpa kerasa bener peralihannya. Salam dari Purwakarta.

  9. salam kenal sy DD saya juga penggemar Casiopea terutama lagu2 mera yg th80’an walau saya bukan anak 80’an sih. kira2 dimana ya saya bisa dapat kan partitur mereka?

  10. Rekan2 di Komunitas Jazz Kemayoran ada ide membuat perkumpulan para penggemar Casiopea! Katanya album2 lamanya jarang/tidak ada cd-nya. Koleksi2 kita juga kebanyakan kaset kan? Salah satu tujuannya ya digitalisasi itu, biar bisa ndengerin pake gadgets2 jaman skarang…

  11. saya gabung deh kalo ada milis penggemar casiopea, biar kita bisa share apa aja about casiopea…. casiopea bagi saya kenangan dulu waktu seru2nya maen musik kalo bisa mainin lagunya rasanya bangga banget…..apa khabarnya casiopea sekarang ya….formasinya udah ganti lagi atau?

  12. Ingat Casiopea … maka saya ingat almarhum Ayah saya … Casiopea biasanya dinikmati di indahnya malam minggu kota Jakarta tahun 80-an, ketika kami sekeluarga berjalan-jalan ke Blok M dan Ratu Plaza, dengan mobil corona atau corolla.

    Karena itu saya tak akan melupakan Casiopea; karena mendengar iramanya, mengembalikan saya ke masa-masa itu …

  13. casiopea…
    band yang hebat.. saya adalah penyuka music jazz..
    tapi casiopea emank beda..
    saya punya beberapa album diantaranya freshnesh,platinum1 dan platinum2, single collection,.
    tapi sayang.. saya yang berada dipadang cukup susah untuk menemukan album2 dari casiopea itu sendiri..
    dan saya juga susah untuk menemukan rekan2 band yang mau memainkan lagu2nya casiopea ini..
    sekian dari saya.. terima kasih..

  14. casiopea emang mantap….saya suka…..ngomong2 ada yang punya partitur bassnya ga? tab nya juga ga apa2……soal buat komunitas penggemar casiopea saya dukung….jangan lupa kasih tau ke email saya kalau udah berdiri….Gembul_23@yahoo.com

  15. Casiopea, cinta pertama saya di sunia fusion.
    kelas 3 smp pertama sy dengar lagu-lagu mereka. mereka bukan hanya piawai dg instrumen masing-masing tp juga pintar dg komposisi khas asia (j-pop). Sejak saat itu sy putuskan mengoleksi kaset-kaset mrk yg sangat sulit didapat krn dlm 1 th paling ada 1 yg ada krn dikotaku banjarmasin memang jarang yg cari. kalo pas bapak saya ke-jakarta saya ga mau dibelikan apa-apa dan pesan saya cuma satu yaitu kaset casiopea.
    sekarang sy dah punya beberapa cd mrk dan anak sulungku yg ikut bakat aku dah mulai mencoba memainkannya.
    sungguh casiopea gak bakalan hilang dan terhapus oleh jenis musik apapun.
    salut dan hormat saya kepada kawan=kawan pecinta casiopea

  16. Casiopea, cinta pertama saya di dunia jazz khususnya fusion.
    kelas 3 smp pertama sy dengar lagu-lagu mereka. mereka bukan hanya piawai dg instrumen masing-masing tp juga pintar dg komposisi khas asia (j-pop). Sejak saat itu sy putuskan mengoleksi kaset-kaset mrk yg sangat sulit didapat krn dlm 1 th paling ada 1 yg ada krn dikotaku banjarmasin memang jarang yg cari. kalo pas bapak saya ke-jakarta saya ga mau dibelikan apa-apa dan pesan saya cuma satu yaitu kaset casiopea.
    sekarang sy dah punya beberapa cd mrk dan anak sulungku yg ikut bakat aku dah mulai mencoba memainkannya.
    sungguh casiopea gak bakalan hilang dan terhapus oleh jenis musik apapun.
    salut dan hormat saya kepada kawan=kawan pecinta casiopea

  17. mnurut saya lagu casiopea yg pling bgus Fight man dan Halle, komposisi lgunya bner2 bgs
    Saya gk bsen dngerinnya walaupun berkali-kali

    Saya memang baru2 ini suka dgn lgu casiopea, umur saya baru 15 thn
    kyknya saya yg pling muda deh yg menjadi penggemar casiopea

  18. hai.. wah album freshness.. aku suka banget tuh, apalagi ada lagu coastal dreamin’ nya hehehe…

    i luv casiopea!

  19. casiopea memang mantab dan lintas jaman walaupun saya bukan anak 80an(masih ABG) saya suka casiopea. saya ampe bisa maen musik gara2 ter ispirasi mereka dulu saya paling gak bisa maen musik dan gak seneng eh pas suka casiopea wufff sekarang saya dah jadi bassist moga2 bisa kayak om tetsuo/yosihiro dah mantab…
    kalo ada mau ngeband2 casiopea ane mau ikut dong… ane siap mainin lagu2 casiopea

    kalo ada komunitasnya saya mau ikut kalo baru dibuat kasih tau ya n kontak email saya toko89@gmail.com
    salam dari jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s