Banyak Spim Di Layanan XL

Sekarang saya mulai kesal karena banyak spim (spam di SMS) di handphone saya. Saya menggunakan XL dan spim yang berisi tawaran aneh-aneh itu datang dari nomor 818, 1818, dan seterusnya. Ada yang menawarakan ring tone, ada yang menawarkan hadiah ini dan itu, … pokoknya menyebalkan.

Bagaimana nih XL? Kok menjadi mundur begini kualitasnya?!!@#!@!!

Apa harus mengirimkan komplain ke BRTI?

31 pemikiran pada “Banyak Spim Di Layanan XL

  1. Kebetulan kapan hari saya agak terganggu juga pak dengan sms spam dari xl tersebut, akhirnya saya hubungi 818 dan menyampaikan komplain tersebut, saat itu juga langsung di proses dan mulai hari itu udah ngga nrima sms spam lagi pak sampai sekarang.

  2. Udah bbrp kali ada yg kesel juga di Planet Terasi. Saya juga pake XL pas kemaren di Indo, kesel juga. Gebleknya itu XL ngirim spam pake opt-out, bukan opt-in. Enak aja dia maen asal kirim iklan (padahal kita udah bayar utk pake servicenya mereka), dan kita yg mesti repot opt out utk supaya ga dikirimin spam. Provider yg pernah dan masih saya pake di sini juga semua ngirim spam sms begitu, tapi biasanya tidak pernah lebih dari 1 dalam seminggu. Masih mengesalkan, tapi jauh lebih mending.

  3. Sama pak, saya juga dapat… tidak hanya sekali dalam satu hari. Saya pake XL juga…

    Dan, pernah dapat waktu sore hari. Sepertinya “ah, hari ini belum ngirim spam, masih sempat kok…”.

    Doh!

    Mungkin “Jangkauan Luas” bisa juga jadi “Spam-nya Luas”.

  4. Harus opt-out. Telpon 818 minta berhenti, tapi nanti diberi “warning” kalau semua pesan dari 818 termasuk pesan-pesan non-iklan (layanan atau pemberitahuan) juga tidak akan terima. Ya, kalau cuma itu ‘korban’nya ya berhenti aja ;).

    Sampai hari ini tidak pernah dapat dari 818 lagi.

  5. saya sudah mengirimkan komplain ke BRTI pak :D. bukan hanya pro-XL aja, tp esia dan operator lain. dan juga udah dapet jawaban dari BRTI, sebenernya mo tulis di blog, tapi belum sempet.

    Pengaduan saya ke BRTI:

    —–Original Message—–
    From: brtiorid@brti.or.id [mailto:brtiorid@brti.or.id]
    Sent: 19 Juni 2007 17:56
    To: info@brti.or.id
    Subject: [ Keluhan ]

    Pengirim : Naif

    Email : naifmuh.alas@yahoo.com

    Saya pengguna ESIA dan TELKOMSEL (Simpati)

    Mengenai Spam sms yang dikirimkan oleh operator seluler, baik gsm maupun cdma tersebut. Hal ini sudah masuk ke tahap keterlaluan, dalam 1 hari itu bisa sampai 5 sms per operator. Saya sebagai konsumen merasa hak-hak saya dilecehkan, karena menurut saya ini masalah privasi yang diabaikan oleh pihak operator. Saya sudah mencoba untuk menelpon ke CSO dari masing-masing operator untuk menghentikan sms-sms sampah yang dikirimkan setiap hari, namun sampai detik ini, masih saja dikirimkan. Sebenarnya bukan saya saja yang merasa jengkel dengan ulah operator, sudah banyak yang jengkel. Contoh terbaru ada di http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=2769 Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Saya mohon kepada BRTI sebagai regulator yang memiliki wewenang untuk menindak operator.

    Saya sebagai konsumen tidak berdaya diperlakukan semena-mena oleh operator.

    Dan apakah ada regulasi untuk menegur operator dalam masalah sms sampah ini?

    Saya mengharapkan mendapat jawaban dari BRTI secepatnya. Terima kasih

    Naif Muh. Al’as

    Balasan dari BRTI:

    Terima kasih telah menghubungi BRTI.

    Saat ini BRTI dalam proses tahap pembuatan kebijakan perihal SMS Premium dan layanan SMS Spam atau threat/kejahatan. BRTI melakukan koordinasi baik internal departemen juga eksternal dengan pihak-pihak terkait. Semoga dalam waktu dekat akan segera dapat berhasil guna menjadi sebuah Peraturan Menteri.

    Salam,

    info@brti.or.id

    a

    mudah2an aja cepet direalisasikan, walaupun butuh waktu 2 minggu untuk membalas pengaduan saya (mungkin banyak pengaduan dari orang lain juga)

  6. Halo Pak Bud,

    Benar yang dikatakan Ronny Haryanto, bapak bisa baca juga pengalaman saya di :

    Menghentikan SMS Junk XL 818 dan 1818

    Maaf Pak, bukannya saya mau nyepam juga πŸ˜€

    Sekarang Spam XL sudah tidak pernah lagi datang ke HP saya. Waktu saya ditanya sama CS-nya XL, “Pak, mau hentikan yang mana, 818 atau 1818 ?” Saya bilang, “Pokoknya semua SMS junk yang saya tidak pernah saya minta untuk dikirim supaya dihentikan !” XL sebaiknya cari cara marketing yang lebih baik daripada cara norak mengirim junk sms ke pelanggannya.

  7. Nasih jadi telco underbouw company luar… diperesin melulu…. dari dulu nasib orang Indo begitu melulu yah, dikompasin tenaga dan duitnya

  8. Nah iya pak, nasib konsumen selalu jadi korban kebiadaban korporasi, gimana kalau bikin petisi bersama menentang spam terhadap pelanggan pak?

    Atau ada upaya perlindungan konsumen pak?

  9. iya, mas.. benar-benar menyebalkan..

    apalagi kalo kita terlambat mbayar bill.. nada spam agak mengejek kayak satu ini,

    “Anda Sedang Bokek? Mau HP Nokia N95 Terbaru? bla bla bla…”

    sialan, udah tau lagi bokek kok malah nyuruh nglelang henpon!!

  10. dari 818?
    Itu iklan pak, menjadi buffer supaya biaya layanan tetap “murah”.
    Sayangnya karena tanpa persetujuan dari pengguna, jadilah spim.

    Usulkan dong pak, kepada XL, untuk membuat plan dengan dan tanpa iklan. Apapun alasannya spam tetap melanggar etika saiber (…. biasanya usulan orang kecil suaranya juga kecil, wush…wush..wush… nyaris tak terdengar)

  11. iya Pak, XL itu memang spamnya gila-gilaan, pernah sehari saya dapet sampe 7 kali.. niat banget kan? 😦

  12. Tadi pagi, ditinggal sebentar tau2 ada 6 SMS masuk,
    ternyata yang 4 spam ??!!
    bikin kaget aja, soale jarang banget SMSan

    Pernah dapet iklan
    “Kirim bla bla bla ke bla bla buat dapetin tip2 PDKT ama cewe yang kamu suka” πŸ˜›
    Padahal udah punya anak istri koq ya masih dapet kaya gituan, koq data registrasinya ga dipake buat menentukan target marketingnya

  13. Tambah aplikasi aja pak… Difilter… Semua sms yang ada kata REG … DELETE….hehehehe…….

  14. Akhirnya saya bisa selangkah lebih maju dari Pak Budi…. πŸ˜‰ Skrg saya ga keganggu sama SMS spimm…. Pake aplikasi magicall… Unwanted sms sama call.. reject ‘n delete… Jadi ga keganggu lagi… Tapi nomer saya jgn diblacklist ya pak πŸ™‚

  15. Dear Pak Budi & All,

    Saya kira CS XL agak lambat.
    Ternyata pagi tadi saya kirim email ke customer service, sore sudah di Stop SPIM nya.

    Namun tetap butuh waktu 24 Hrs.
    Anyway Salute XL, meski saya sempat cuma 7 hari disana πŸ™‚

    rgs
    a. rahman isnaini r. sutan
    2404:170:253::10

  16. kalau mau filter spim-nya seperti dibilang mas luthfi diatas gimana ya? Handphone apa yang sudah punya fitur ini?

  17. Untuk HP standard mungkin belum ada features spam ini masuk ke Trash dll :).
    Kalo ada yang lebih canggih spt feature dalam mail client untuk retrieve SMS kali ajah bisa.

    Esia yang lebih murah, SPIM nya malah dikit.
    Udah gitu ada promo2 tuh..
    (bukan promosi loh, mungkin Operator lain juga ada..?)

    Wassalam
    a. rahman isnaini r. sutan
    2404:170:253::10

  18. Ini gara-gara biaya SMS murah padahal saya jarang sekali pake SMS. Repot… Apa mestinya biaya SMS-nya dibikin selangit sementara biaya nelepon jadi semurah mungkin ya …. (usul) ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s