Imsyak …

Imsyak itu apa ya?
Apa boleh makan/minum setelah imsyak, tetapi sebelum Subuh?
Wah, sudah imsyak nih … Nunggu subuh sebentar, sholat, dan … tidur lagi. he he he. Lumayan dapat setengah jam tidur. Setelah itu … menyambut pagi hari.

Selamat pagi Indonesia.

14 pemikiran pada “Imsyak …

  1. Waduh Pak, sebaiknya tidak tidur lagi Pak. Kalau saya justru di Bulan Ramadhan ini belajar untuk tidak tidur lagi setelah subuh. Menerapkan pesan dari Pak Lukman Aziz (GD), yang ternyata memang sulit sekali untuk dipraktekkan.

  2. Pak Budi silakan membaca artikel ini :
    http://jacksite.wordpress.com/2007/07/27/tidak-ada-imsak-dalam-islam/
    ………..
    “Jika salah seorang di antara kamu mendengar adzan sedangkan ia masih memegang piring (makan) maka janganlah ia meletakkannya sehingga ia menyelesaikan hajatnya (makannya).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim dan dishahihkan olehnya dan oleh Adz Dzahabi)
    ……….
    Imsak yang dibuat oleh sebagian orang merupakan tambahan atas apa yang diajarkan Allah ‘Azza wa Jalla. Maka hal itu termasuk perkara yang batil dan termasuk tanaththu’ (berlebih-lebihan) dalam beragama.

    Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda : “Telah binasa orang dahulu yang berlebih-lebihan, telah binasa orang dahulu yang berlebih-lebihan, telah binasa orang dahulu yang berlebih-lebihan.” (HR. Muslim, Kitabul Ilmi 2670)

  3. sebenarnya tidak ada imsyak pak.
    imsyak = subuh.

    karena hal hal tertentu, maka dibentuklah imsyak.
    kenare apa? karena ketidak pastian kapan datangnya subuh (secara presisi hingga detik atau nano detik).

    jikalau kita terlambat menentukan subuh, maka kita akan masih makan saat subuh telah tiba. jika dipercepat, maka kita akan sholat subuh sebelum waktunya tiba. karena itu dibuatlah imsyak, sekitar 5 menit sebelum waktu presisi, dan subuh 5 menit setelah waktu presisi tersebut. untuk berjaga2.

    denger dari ustadz waktu ceramah tarawih tahun lalu sih, pak.

  4. saya baru memahami kenapa harus ada imsyak. Imsyak itu dibuat sebagi patokan pada kita untuk bersiap-siap untuk solat subuh (10 menit sebelum solat subuh). Antara lain: Mandi (bagi yg masih junub), gosok gigi, berwudhu, dll. Nah setelah itu baru deh kita ke masjid solat subuh.

  5. Imsyak itu sinyal untuk kita siap-siap
    Bayangin aja kalo di mulut dan tenggorokan masih penuh nasi+ayam+jengkol, trus tiba-tiba azan subuh…

    oya rekan2 yang pengin belajar Islam pake HP dapat mendownload aplikasi-aplikasi Islam berbasis Java gratis dari situs

    http://islam.inhandlearning.com

    thks

  6. Imsyak artinya menahan, hanya kebiasaan di negara kita imsyak itu 10 menit sebelum waktu subuh padahal sebenarnya batasnya menahan itu ya waktu subuh, jadi masih boleh makan/minum setelah ‘imsyak’

  7. Menurut saya imsak itu merupakan peringatan bahwa sebentar lagi akan masuk waktu fajar (subuh), kalau masih makan sebaiknya segera untuk menyelesaikan makannya, kalau lagi merokok segera selesaikan rokoknya. Bukannya malah mencabut sebatang rokok lagi.

  8. Puasa Ramadhan sebentar lagi. Jadi ingat Imsyak. Jadi ingat pesan ayah saya almarhum ketika saya masih kecil. “Teruskan makan, tanggung, karena belum adzan Shubuh”.

    Mudah-mudahan puasa kita dengan segala kekurangannya dapat diterimaNYA. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s