Puasa dan Berat Badan

Logikanya … kalau kita puasa, berat badan akan turun.

Kenyataannya? Berat badan saya belum turun tuh. Oke, turun sedikit sih, tapi sedikit banget. Gak sampai 1 kilogram. Ini puasa atau nggak sih? Pikir-pikir, apa tujuan puasa adalah menurunkan berat badan? Bukan kan? Penurunan berat badan, kalaupun ada, merupakan efek sampingan. Tujuan puasa adalah ibadah. Seharusnya begitu.

Oh ya, ada juga orang yang justru pada bulan puasa berat badannya naik. Rasanya saya juga pernah mengalami hal ini. Alasannya sederhana. Pada hari-hari biasa malah makannya tidak teratur dan tidak dipikirkan gizinya (asal makan saja) sehingga berat badan kacau balau. Sementara pada bulan puasa, makan menjadi lebih terartur dan bergizi (karena takut tidak kuat berpuasa). Akibatnya bisa diduga, berat badan makin naik. Yang penting puasa jalan dan badan sehat kan?

Anda termasuk yang mana?

Iklan

19 pemikiran pada “Puasa dan Berat Badan

  1. Itulah berkah ramadhan…. makanan kita teratur, sehingga menjaga kondisi tubuh kita pak…
    semoga amalan2 ramadhan tidak hanya dipakai saat bulan ini saja tapi disetiap bulannya… 🙂

  2. mas, kalau turunnya cuman segitu, kemungkinan besar itu hanya penyusutan cairan tubuh saja, bukan penyusutan lemak. penyusutan cairan akan segera kembali lagi (bisa secepat 24jam) bila anda makan/ minum teratur.
    tapi mungkin lebih baik daripada saya, yg berat malah cenderung naik karena overkompensasi makan di sahur. 😦

  3. Saya jarang sahur, berat badan engga naik engga turun, tetap overweight. Tapi saya sih tidak mengkaitkan puasa dengan berat badan, yang penting niatnya untuk ibadah kan Pak?. Sesuai pada paragraf ke 1 di atas.

  4. puasa menurut saya bisa menurunkan berat badan tapi juga bisa menaikkan berat badan.Tergantung mau yang mana. Kalo pada saat sahur dan buka, anda balas dendam, ya bakal naik. Apalagi setelah sahur anda tidur lagi.Kalau anda makan secukupnya, dan tidak mengurangi aktivitas dibulan puasa, bakal turun, terutama karena anda tidak ngemil dibulan puasa. tapi apapun itu, tujuan puasa kan bukan untuk diet atau menaikkan berat badan.

  5. kalo niat mau puasa ya udah lah….gak usah pake niat sampinganuntuk menurunkan berat badan segala….

    yang penting niat ikhlas karena Allah…
    masalah turun atau naik mah itu belakangan… yang penting kita sehat…
    betullll??????

  6. waduw, puaza masi kepikiran berat badan eoy, aku banget tuw, hehe, lo puaza tapi ga dipake kerja zama aja boong mu langsing dari mana bu’,,,
    aku sie ga turun ga naik, cuma ngerasa perut dikit langsing aja. pola makan biar puasa juga kudu tetep dijaga, sahur makan rendah karbo, gila ganti pake yang low calorie kan bisa. susah bener

  7. Turun 3Kg ey taun ini, pdhal badan kurus hikz
    tp dulu prnah tnya ama dokter klo yg beratnya naik biasanya yg mkan besarnya abis tarawih soalnya biasanya lngsung tidur.trus jg yg bis sahur tdr lg, ditambah siang aktivitas dkurangi bgt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s