Pelajaran Dari Manggung (2)

Sabtu kemarin saya manggung (main musik) dua kali dalam satu hari. Nekad amat ya? Bukan begitu, acaranya memang tersedianya seperti itu. Berikut adalah beberapa catatan – yang mudah-mudahan dapat diambil pelajaran darinya – dari kedua acara tersebut.

Yang pertama adalah manggung di Be Mall. Acara ini merupakan rangkaian dari Bandung Comtech 2007 yang diselenggarakan di Be Mall. Motor dari acara ini adalah pak Hoky Soegiharto. Luar biasa banget dia dalam menggelar acara. Tempat yang sepi jadi ruameee banget. Dukung pak Hoky ah!

Saya mengisi acara ini karena sudah janji ke pak Hoky. Nah, ternyata ada banyak masalah atau kendala yang dihadapi. Yang pertama, tadinya saya ingin menampilkan dua band; BAND-IT (Jakarta) dan band Bandung. Ternyata BAND-IT tidak bisa tampil pada saat-saat terakhir. Anaknya Didik (pemain bass kami) sakit panas. Apa boleh buat, keluarga adalah nomor satu. Kemudian drummer kami, Hammam, juga ternyata masih di Brazil. Alhasil, BAND-IT tidak bisa tampil. (Sudah dua kali ini BAND-IT gagal tampil. Yang terakhir gagal tampil adalah di Blitzmegaplex ketika ada acara Pesta Blogger 2007 itu.) BAND-IT batal tampil. Padahal saya suka dengan jenis musik yang diusung, yaitu classic rock.

Band kedua yang tadinya mau saya ajak adalah band dosen (bandos) atau band elektro (bandel). (Semua namanya agak “maksa”. he he he.) Namun pada hari yang sama BANDOS juga manggung di kampus. Walhasil yang ini tidak bisa juga. Akhirnya saya putuskan untuk membuat kelompok sendiri, maka saya buat saja “Planet GBT Project“. ha ha ha. Habis bagaimana lagi, saya sudah janji ke pak Hoky untuk mengisi acara dengan hiburan musik. The show must go on.

Planet Gerakan Bawah Tanah Project ini saya buat untuk bermain (dan belatih) musik sesuai dengan kehendak saya. Maksudnya, saya yang menentukan content atau lagunya, kemudian mencari orang yang bisa membantu memainkan lagu-lagu tersebut. Namanya agak nyontek ke Alan Parsons Project. Tidak mengapa kan?

Dalam Planet GBT Project kali ini saya minta bantuan dari Armein karena sudah sering manggung bersama (dari tahun berapa ya) dan memiliki beberapa kesamaan lagu yang disukai. Lagipula Armein terbiasa main gitar rhythm (chords) karena seperti anak-anak di generasi kami, kamis udah biasa main gitaran sejak SMP. Jadi ingat anak-anak yang gitaran di pinggir jalan. Kayaknya kami dulu seperti itu juga ya? Saya dan Armein sudah terbiasa menyanyi bersama. Kami sering berbagi vokal, baik dalam bagian dari lagu atau berbagi dalam suara tinggi dan rendah (duet). Ini adalah basisnya.

Kemudian saya juga mengajak Rully dan Rois untuk gitar dan bass. Keduanya sudah lama tidak main musik dan manggung. Jadi saya ajak untuk mengisi kekosongan musik. Selain itu saya ajak juga keponakan saya (Bayu dan Totok) untuk menambah di sisi gitarnya. Mereka masih muda dan membutuhkan jam terbang dalam hal manggung. Saya tidak keberatan kalau mereka masih salah-salah atau grogi. Namanya juga baru belajar. Jangankan mereka, saya pun masih belajar terus. Nah ini salah satu misi dari Planet GBT Project saya, yaitu memberikan kesempatan kepada yang muda untuk belajar. Kapan lagi mereka bisa manggung? Kalau tidak dibukakan jalannya oleh yang lebih tua, lebih susah bagi mereka untuk mendapatkan kesempatan. (Jadi inget iklan rokok; yang muda yang tidak dipercaya. he he he.) Kadang yang sudah tua (apa lagi kalau sudah terkenal – established) takut untuk memberikan ruang bagi yang muda. Mereka umumnya terlalu jaim – jaga image – takut kalau kelihatan jelek.

Tentu saja ada risiko untuk main dengan kondisi seperti ini, yaitu hasilnya buruk. Jika memang tujuannya adalah itu (untuk memberi pengalaman), maka kita tidak perlu terlalu takut. Ditambah lagi jika ada persiapan yang baik, tentu hasilnya akan (lebih) baik.

Hasil dari eksperimen pertama Planet GBT Project saya ini ternyata cukup bagus juga. Empat lagu yang dibawakan kemarin cukup lancar dan smooth. Bahkan kami diminta untuk nambah satu lagu lagi, yang tidak kami persiapkan. he he he. Playlistnya adalah (1) Eagles – New kid in town, (2) Krishna – Kau buatku menangis, (3) Nicky Ukur – Dara, (4) Beatles – This boy. Lagu tambahan (5) Ungu – Tercipta untukku. Tentu saja kami bisa selalu lebih baik. Jadi, saya coba organisir agar kami bisa latihan secara rutin.

Beberapa foto dapat dilihat dari link terkait berikut ini:

Ambil dari fotonya Adham Somantrie dulu ah … Lihat, ada 5 gitar + 1 bass. Jadi total jendral ada 6 orang pemain gitar. Satrias bergitar?

Ini foto yang lain, diambil setelah main.

Foto lengkap tim Planet GBT dengan pak Hoky (di tengah, yang pakai dasi). Ternyata untuk tampil seperti itu membutuhkan banyak orang.

Manggung kedua adalah bermain dengan BANDOS di acara malam Iota Tau Beta (ITB), yang merupakan penutup dari acara Kongres dan Pemilu Ikatan Alumni ITB. BANDOS ini masih dalam format lama, yaitu Ofyar (keyboard), Ricky (drums), Adi Indrayanto (bass), Armein (gitar, keyboard), dan saya (gitar). Plus … tiga orang penyanyi yang luar biasa (Dinda, Dien, Wawan).

Sebenarnya kami sudah menyiapkan sembilan atau sepuluh lagu karena pada awalnya panitia mengatakan bahwa kami main selama 40-an menit. Namun karena acara molor, maka kami hanya bisa membawakan lima lagu. Musik yang kami mainkan adalah pop yang sedikit funky, seperti lagu-lagunya Earth, Wind and Fire. BANDOS ini sudah jadi, karena cukup sering kami latihan sehingga kompak dan rapi.

Main di panggung dengan BANDOS seru buat saya karena selalu keringatan. Serius. Selesai dari panggung, saya serasa habis diguyur hujan atau habis main futsal. he he he. Kaos yang saya pakai sampai basah kuyup. Untung tidak terlalu kelihatan. he he he. Di panggung itu ternyata panas (lampu sorot?). Ditambah lagi main lagu yang energic, sehingga kami blingsatan. he he he. Salah sendiri ya? Pokoknya saya puas. Yang ini tinggal menambahkan perbendaharaan lagu.

Kesimpulan dari manggung kali ini: puas! Dua kali mangung dalam satu hari ternyata bisa bagus juga. Semuanya berkat … persiapan yang baik! Ternyata itu salah satu kuncinya.

Link terkait: pelajaran manggung malam ini

29 pemikiran pada “Pelajaran Dari Manggung (2)

  1. om bukannya klu ada anak band yg gak mo diajak, doi jg kepikir ‘AH CEMEN’? atau ‘SAPE ELO’? , baiknya introspeksi aja kan om? jng cpet ngrasa kreatif ama tumpukan kejaan yg gak pernah tuntas..sori om ini kritik pedas, abessss lagu sy gak dijawab jawab…katanya menyalurkan bakat?…..om jng keasikan narsis ah

  2. Mas Budi Rahardjo,

    Terima kasih atas acara nyumbang main musik-nya, kalau sampai engga jadi bisa dianggap “kebohongan publik tuh” Wah hahahahaaa…….

    soalnya sudah saya cantumkan diberbagai media promosi Pameran Bandung Comtech 2007, termasuk di iklan Koran Kompas Jabar 4 kali & Pikiran Rakyat 3 kali.

    Terus terang acara “Bandung Comtech 2007” semakin meriah karena Mas BR & Bang Armein beserta Tim-nya jadi manggung , Pokoknya TOP BGT deh.

    Ini sekalian saya ingatkan sekaligus menjadi tantangan, bahwa ayo jadiin rencana pameran BHTV EXPO-nya di Be Mall Bandung lagi, heheheee… Tim Biskom pasti siap membantu deh.

    NB: dijamin bisa heboh juga, dengan catatan banyak rekan-rekan yang bantuin, heheheheeee… (minimal rekan-rekan bantu memberikan Doa Restu-nya deh)

    Salam,
    Mr.Hoky / Soegiharto Santoso.

  3. Keren…
    BAND-IT, BAND-OS, BAND-EL, apalagi ya?
    Sayang berikutnya adalah “Planet GBT Project”, tidak meneruskan tradisi BAND-xx. Mungkin perlu diganti jadi BAND-ENG.

  4. om..om..kita2 genrasi muda nasionalis gak suka antek kapitalis sama orang2 tuwa oportunis lho.! jawab dunk lagu ciptaan kami yg spiritnya nasionalisme.

  5. Owh iya ya…

    dewo, ada lagi ā€¦ BAND-UNG atuh ā€¦ he he he. UNG merupakan kependekan dari apa ya? Ayo cari yang pas ā€¦

    Dari singkatan BAND-BANDUNG (rekursif kaya GNU)? Atau BAND-BADUNG? Hehehe…

  6. Pak, foto yang dari jauh itu kok kayak lihat Mike Portnoy megang gitar ya? :)) Ah, sayang sekali, tadinya sudah niat untk nonton, tapi gagal karena ada kegiatan. Tapi, pengen dong gabung sama Planet GBT Project nya šŸ˜€

  7. Congratulations pak Budi & and Planet GBT!!

    Mohon maaf banget kali ini nggak bisa partisipasi (padahal pengen buuanget), but Alhamdulillah anak2 saya sudah sembuh…. jadi siap untuk nge-jam lagi.

  8. Wah, hebat sekali penmapilan di acara malem minggunya, dan terima kasih bapak bisa berfoto dengan kami mahasiswa wali bapak. Tapi, kok bapak gak nyanyi Pak?

  9. Penasaran pengen liat pak budi manggung,
    jadi inget sama grup TOTO,… rada mirip sih sama vokalisnya, terutama ‘goatee stach’ style nya … hehehe

  10. Petrucci (Dream Theater), Lukather (Toto) dan BR sama kali ya goatee-nya? he hehe. Yang beda adalah permainannya. Mereka mahir, saya mah mabur … he he he. Tapi belajar terus kok.

  11. Pak Budi, saya salah satu mhs elektro yang berkesempatan liat Bandos di ITB hehehe..keren juga ya bandosnya..hehehe, apalagi gaya pak budi maen seru bgt šŸ˜› hahaha… anw..bapak nyiptain lagu buat gita gutawa di album dia yg kmrn ya emg baru 1 seh albumnya) yg (klo ga salah…) judulnya yang surga di kaki ibu…??

  12. Aris, sayang sekali bukan saya yang menciptakan lagu itu. Setidaknya ada 3 orang berbeda yang memiliki nama “Budi Rahardjo”. (1) ya saya ini, (2) yang banyak nulis buku (ini juga dari Bandung), (3) yang gitarisnya Erwin Gutawa. he he he.

    Memang nasib punya nama pasaran adalah seperti ini … he he he.

  13. Pa Budi… SALAM KENAL dari AGUSMUPLA….bdg
    Waktu hari Sabtu 17 Nov 07 saya sengaja dateng ke Bandung Comtech di BeMall…pengen liat2 perkembangan komp terbaru aja…(biasa kalo ada pameran komp sy selalu nyempetin dateng..)
    Eeeh… tak taunya ada penampilan band jg…nonton ahhh…ehhh ternyata juga…salah satu pemaennya kayak kenal tuh???
    Waah tuh orang… kayaknya yg suka aku liat di blog wordpress..(hee..maklum baru 2 bln ini terjun jg blogger..)
    Trus sy cari2 di blog….ternyata bener…..siapa lagi kalo Mr. “Budi Raharjo”….yg blognya sering di top…
    Ditunggu kunjungan baliknya yah ke:
    agusmupla.wordpress.com
    siapa tau bisa sharing ttg musik and gitarnya…..kita sama2 seneng musik..lhoo
    Salam..

  14. Oya…tapi sayangnya Pa Bud….waktu manggung itu…kok gitar semua yah..???? heee….mau konsep akustik???…ato….lg pada absen tuh??? hee txs

Tinggalkan Balasan

