Shalat Jum’at dan Hujan

Assalamu ‘alaikum …

Beberapa Jum’at yang lalu hujan lebat. Wah, bagaimana ini? Saya belum sempat ke masjid. Untungnya waktu itu hujan berhenti sehingga saya bisa pergi ke masjid untuk mengikuti shalat Jum’at. Namun pertanyaan ini tetap mengganjal saya; apakah hujan bisa membatalkan shalat Jum’at?

Saya search internet kesana kemari (belum cari di buku) tetapi masih belum menemukan jawaban yang sreg dan langsung. Untuk sementara ini kesimpulan yang saya peroleh adalah:

  • Shalat Jum’at tidak bisa digantikan dengan shalat Dzuhur. Tidak ada dalil yang mengatakan bisa digantikan. Sebaliknya ada beberapa contoh dimana hujan pun tetap shalat Jum’at. Jadi meskipun hujan, tetap saja harus shalat Jum’at
  • Sekarang mengenai tempatnya, ke masjid. Hujan deras sekali memang bisa membatalkan kewajiban ke masjid … tetapi melihat hal pertama di atas (bahwa shalat Jum’at tetap tidak bisa diganti dengan shalat Dzuhur), maka tetap shalat Jum’at wajib dilakukan. Tetap dia tidak bisa digantikan dengan shalat Dzuhur. [Yang ini mohon konfirmasi, klarifikasi, dalil, referensi.]
  • Artinya, jika memang tidak dapat pergi ke masjid karena hujan deras dan shalat Jum’at harus tetap dilaksanakan, maka kita harus melaksanakan shalat Jum’at. Tentunya Jum’atannya harus memenuhi rukunnya (termasuk ada khatib, khutbah, dll.). Wah, jadi harus tahu rukun shalat Jum’at ya? Harus juga bisa jadi khatib ketika dalam kondisi terpaksa seperti ini. Waduh. Harus belajar lebih banyak. Adakah “idiot guide to … memberikan khutbah Jum’at”?

Mohon koreksi. Masih mencari-cari. (Akan update. Mau pergi Jum’atan dulu.)

Iklan

23 pemikiran pada “Shalat Jum’at dan Hujan

  1. Soal sholat Jum’at dan hujan, aku seringkali sholat Jum’at di halaman mesjid. Anginnya memang sepoi-sepoi serta melenakan. Tapi seringkakli begitu raka’at pertama, hujan turun dengan lebatnya. Basah? Jangan ditanya! Dan sang imam di dalam membaca surat dengan indah dan panjangnya… Oh… šŸ˜¦

  2. Zaman Rasul memang dibolehkan tidak pergi kalau hujan (Bukhari Volume 2, Buku 13, nomor 24). Tapi dulu ngga bisa telepon taksi. Sekarang ya tetep wajib, kecuali kalau memang kalau hujan bisa membahayakan diri.

  3. waktu di canada saya soalnya pernah ngalami blizzard (badai salju) sehingga yang datang ke kampus (tempat sholat jum’at) hanya 3 orang. terus kami celingukan. ya terpaksa salah satu dipilih jadi khatib dan shalat jum’at berlangsung dengan 3 orang. mudah-mudahan sudah benar.

  4. setahu saya sih rukunnya sholat jumat: jama’ah dan ada 2 khutbah.
    kami di kampus sini sih biasanya giliran jadi imam, khutbahnya ngunduh dari MUIS tinggal baca.

    jumlah minimal 2 orang, kl sendirian ga bisa jamaah kan šŸ˜€

  5. jaman sekarang dah banyak buku2 tentang khutbah dan tata cara shalat jumat, jadi cukup baca juga gpp kok. sola jumlah kayaknya kalo keadaan darurat mah gpp kok. lah jaman rasul yang islamnya belum banyak kan harus tetep shalat jum’at. atau daerah minoritas juga, kecuali hal-hal yang mengada-ada itu yang nggak boleh.

  6. Shalat Jum’at bisa diadakan berkali-kali loh pak, sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa waktu shalat jum’at juga bisa dilakukan sampai tiba waktu ashar. Jadi, kalau misalkan sedang di jalan, dan telat…bisa ngajak orang lain, meskipun berdua. Hanya saja, tentu harus tahu rukun2 shalat jum’at nya šŸ™‚

  7. Rukun Khutbah Jum’at:
    1. Syahadat
    2. Shalawat
    3. Wasiat Taqwa
    4. Membaca Ayat Alquran
    5. Do’a

    as far as I know sih itu … šŸ™‚
    anyway … sekarang kan banyak cara pak, kalau hujan, pak budi kan bisa pake BMWnya šŸ™‚ ….

  8. Walaupun Hujan lebat ya usahakan tetap sholat jum’at. karena wajib hukumnya untuk sholat jum’at. dan sholat jum’at itu tdk bisa digantikan dg apa aja.

  9. Barusan aja td siang dpt mp3 kajian salafy ust ihsan dr tmen,dia dpt download. Di dalamnya membahas jg ttg sholat jum’at. Memang sholat jum’at tak bisa digantikan. Tapi jika ada udzur syar’i, seperti ujan deras, maka sholat jumat bisa digantikan dgn sholat dzuhur.CMIIW.
    Sy lupa url download mp3 kajian,mungkin bisa ditelusur di url ini pak:
    muslim.or.id

  10. kalo saya sih simple aja Pak….
    Allah tidak akan mempersulit umat-Nya.
    Jadi kalau merasa sulit, ya udah nggak apa-apa. Tapi kalo ngerasa tidak sulit, yaa jalanin aja. Tergantung kita juga kok.

  11. Sebetulnya saya sudah mencoba baca buku panduan khutbah, tetapi umumnya masih tidak detail – how to gitu. Sebagai contoh, kalau duduk di antara dua khutbah itu … si khatib baca apa ya?

    he he he.

  12. hujan lebat seharusnya bisa menjadi alasan (illat) untuk tidak salat jumat. asal, keadaan tidak memungkinkan untuk pergi ke masjid. sehingga diberi keringanan untuk mengganti dengan salat dzuhur.

    setahuku begitu.

  13. Saya baca buletin jum’at menerangkan bahwa bisa tidak jum’atan dengan 2 alasan :

    1. Karena masbok solat jumat , dan saat ke masjid imam sudah selesai rukuk rakaat kedua… maka orang tersebut harus menyelesaikannya dengan sholat dzuhur 4 rakaat.

    2. Karena memang tertinggal dan sampe masjid dah selesai sholatnya, maka itupun harus disempurnakan dengan sholat 4 Rakaat šŸ™‚

    *dalil2nya saya coba liat2 dan cari2 buletinnya dulu šŸ˜€

  14. Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

    Alhamdulillah, dengan mengharap wajah Allah dan keridhoan-Nya, kami dari admin muslim-audio degan dibimbing oleh sebagian Asaatidzah memberikan sedikit sumbangsih dakwah di dunia maya ini. maka mulai hari ini selasa, 20 muharram 1429H, kami publikasikan kepada muslimin sebuah situs yang kami sangat mengharapkannya bisa memberi manfaat dan faedah menyeluruh bagi kaum muslimin, yaitu berupa download dan dengar kajian secara online dan gratis, pemateri berasal dari kajian Asaatidzah salafy di Indonesia.

    Alamat Situs : http://www.muslim-audio.org
    Penasehat :
    1. Al-Ustadz Abdul Mu’thi Al-Maidani
    (Mudir dan Pengajar di Ma’had Al-Anshar Jogyakarta)
    2. Al-Ustadz Abdul Jabbar
    (Dalam tahap konfirmasi)
    3. Al-Ustadz Abdul Haq
    (Dalam tahap konfirmasi)
    Pengelolah : Abu Muhammad Salim
    Fasilitas Situs : 1. Download dan dengar kajian secara online gratis
    2. Hubungi kami via YM (fasilitas khusus yang bisa dimanfaatkan jika terdapat kerusakan pada file audio yang di download atau di dengar, dan BUKAN fasilitas untuk bertanya permasalahan yang berhubungan dengan materi pada file audio tersebut) >> ID YM : salimilmi

    Demikian publikasi singkat dari kami, jika ada kekurangan pada diri kami dalam mengelola muslim-audio ini mohon dimaklumi, semoga bermanfaat.

    Jazakumullahukhoiron
    Admin muslim-audio.org

  15. untuk referensi dalilnya silahkan cari sendiri yaa karena saya tidak sempat mencantumkannya, menurut Hadits2 tentang shalat jumat dan hujan, bukan berarti jumatannya gugur, tetapi diminta utk shalat jumat sendiri (Hadits Rosululloh SAW disuruh sholat di kendaraan masing2 , hadits dari muawiyah adzan jumatnya ditambah asholatu fii buyutikum / sholatlah di rumah kalian masing2 dan sempat membuat masyarakat marah tetapi mu’awiyah bilang kenapa kalian marah padaku padahal org yg lebih baik dari aku (Rosululloh SAW) juga melakukan ini. (sholat jumat sendiri jika hujan)… dan ke2 hadits itu ttg sholat Jum’at ketika Hujan).
    utk lebih jauh lagi masalah rukun shalat Jumat menurut hasby ashshiediqy (mohon maaf jika salah tulis nama), memisahkan rukun shalat jumat sehingga shalatnya wajib, jamaah wajib, datang ke masjid wajib dll… sehingga jika tdk bisa dtg ke masjid, tetap wajib shalat jumat dan berjamaah. jika tdk bisa dtg ke masjid serta tidak ada jamah maka tetap wajib sholat jumat sendirian…
    jadi menurut saya sebisa mungkin penuhi semua rukun, tapi jika memang hujan terlalu lebat dan menghalangi utk dtg ke masjid dan berjamaah, sesuai hadits diatas dan penjelasan Hasbi ashshiediqy, maka sholat jumat anda mendapat rukhsoh atau keringan, tetapi sholat jumat tetap wajib..
    utk masalah sholat dhuhur itu erlu pembahasan yg lebih dalam insha Alloh saya sanggup menjelaskan bahwa sholat Jumat tidak ada hub. dgn sholat lima waktu (terutama dhuhur) dan pertanyaan diatas itu jelas sekali dhuhur wajib setiap hari jumat juga wajib setiap jumat….. secara normal kerjakan semua karena wajib kedua duanya…. nah MASUK KE PERTANYAAN INI YANG BIKIN SEMUANYA MBULET “BAGAIMANA SHOLAT DHUHUR DI HARI JUMAT” ini adalah pertanyaan yang salah.. akibat pertanyaan ini seluruh umat Islam menganggap setelah Jumatan tidak ada DHuhur…. sekali lagi jangan menghubungkan 2 sholat berbeda tanpa menggunakan ayat Al quran dan petunjuk rosululloh melalui hadits shahih.
    SEBAGAI PENJELAS SAYA TIDAK AKAN MEMBAHAS MASALAH SHOLAT JUMAT PENGGANTI ATAU BUKAN ITU AKAN MEMAKAN WAKTU YANG LAMA UTK MEMAHAMI, TAPI SAYA SANGGUP MENJELASKAN BAHWA SHOLAT DHUHUR TETAP WAJIB SETIAP HARI BUKAN HANYA JUMAT…. TERIMA KASIH SEMOGA KITA SEMUA DIRAHMATI ALLOH DAN SELALU DALAM BIMBINGANNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s