Berlatih Menulis Setiap Hari

Anda heran mengapa saya menulis blog tiap hari? Jawabannya adalah karena saya harus berlatih menulis setiap hari dan blog adalah training ground saya. Mengapa perlu berlatih? Karena saya ingin lebih baik (dalam menulis).

Sebetulnya idenya tidak terlalu hebat. Lihat saja atlit olah raga, baik yang profesional maupun yang amatir. Setiap hari mereka berlatih. Setiap pagi mereka terjun ke kolam renang, lari mengitari lapangan, angkat besi, menendang bola, dan seterusnya. Ketika orang lain masih tertidur, mereka harus berlatih. Apalagi sebagian dari mereka akan terus bekerja setelah berlatih tersebut. Jadi harus bangun dan berlatih lebih pagi.

Mengapa menulis harus berbeda dengan olah raga? Keduanya membutuhkan skill (craftmanship) yang harus diasah terus, setiap hari. Itulah sebabnya saya menulis setiap hari. (Programming dan main musik juga sama. Hanya, untuk kedua hal ini saya masih belum bisa melatihnya secara rutin.)

Kadang ada tulisan saya yang bagus, kadang seadanya, dan kadang seperti sampah. Ya, samalah dengan para atlit tersebut. Kadang ada hari dimana latihan sangat produktif, kadang ada hari dimana latihan membosankan dan menyebalkan. Tapi, tetap harus berlatih.

Bagaimana latihan hari ini? Entahlah, kita lihat. Kelihatannya sih tidak terlalu menyebalkan. (Ha! Sok tahu! hi hi hi.)

33 pemikiran pada “Berlatih Menulis Setiap Hari

  1. Pertamakah ..?
    iya pak, saya juga mengusahakan untuk menulis tiap hari πŸ™‚ sebagai latihan juga. tapi kadang lebih ke arah dokumentasi hidup. sapa tahu nanti anak atau cucu kita bsia baca apa yang telah kita lalui semasa muda πŸ™‚

  2. Ma sih sekalian dijadiin latihan, sekalian dijadiin Pensieve, biar ga terlalu stress, stressnya dibagiin sama orang lain,, 😈

  3. @nurussadad, … jadi inget iklan kursus Bahasa Inggris di sebuah jalan.

    “We make your English perpect”

    Oh ya, ini di daerah Jawa Barat. Saya ngakak bacanya. ha ha ha.

  4. Saya setuju sekali, buat saya ngeblog itu juga latihan berpikir secara terstruktur. Dengan dilatih begitu setiap hari, kita jadi terbiasa sebelum ngomong mikir dulu πŸ˜€

  5. halo bung budi, salam kenal ya πŸ™‚
    saya juga lagi belajar nulis tiap hari. rencananya dalam seminggu ngeblognya sekali, sisanya nulis comment ^_^
    btw, saya ngelink ke blognya ya

  6. Selain menulis, mungkin perlu juga sering membaca, so pilihan kata dan proses penyampaiannya juga semakin bervariasi…yang nantinya akan berimbas kepada si pembaca dan penulis sendiri.

    mungkin kali ya..??

  7. perkenalkan saya said. saya sangat setuju sekali dengan pendapat anda , karena saya pun menerapkan hal yang demikian . hasilnya memang mengagumkan , saya dapat menuliskan ide-ide brilian dalam sekejap. contohnya kalau dulu saya tidak pernah dapat menyelesaikan cerpen , sekarang minimal 1 hari saya bisa menyelesaikan 1 buah cerpen . saat ini saya sudah meluncurkan sebuah buku yang berisi 5 kumpulan cerpen saya . dan insya allah akan saya tulis juga di blog saya , untuk sekarang hanya renungan saja , jadi kalo mau berkunjung monggo …..
    saya tetap mendukung anda , komit ya nulis tiap hari , semoga ntar bisa menyaingi jk rowling
    amin

  8. Wah, saya juga pengen begitu
    Nulis setiap hari juga….
    Cuma ada ada satu hambatan…
    Saya ga bisa mesti online setiap hari
    Biasalah….ada kesibukan yang lain.

    Salam Kenal.

  9. Memang menulis setiap hari bisa merupakan suatu latihan. Saya sih bisa saja, cuma idenya itu…. juga kadang-kadang malas sih, menulis terus. Seperti tidak ada kerjaan lagi selain menulis.

  10. alasan kita selalu banyak.

    wah, saya gak bisa online tiap hari.
    Ini sama dengan alasan kepada para atlit, maaf saya tidak bisa bangun pagi (apalagi setelah bangun harus pergi ke tempat latihan; lapangan, kolam renang, dll.)

    ada kesibukan lain. kayak nggak ada kerjaan saja.
    Ini juga bisa diarahkan kepada para atlit olah raga itu. Ngapain sih pagi-pagi sudah lari-lari, senam, pemanasan, terus olah raga? Kayak hebat aja. Padahal kan kalian hanya amatir.

    bayangkan … tantangan menulis kita jauh lebih mudah daripada para atlit itu. mereka (para atlit) bisa. kita kok nggak ya?

    ah kita sih terlalu banyak alasan. hambatan utama sebenarnya ada pada diri kita sendiri.

  11. hehehe…bener juga….saya juga mencoba menulis tiap hari…cuma buat berlatih menulis…entah tulisan saya jelek atau bagus saya sendiri nggak tahu……btw..salam kenal juga..

  12. pengen juga sih pak nulis setiap hari. Kadang kalau lagi semangat bisa nulis 3 cerita. tapi kalau lagi males (lupa) sebulan blog enggak diupdate. Susahnya, rutinnya itu, lho Pak Bud. Apa erlu menyediakan waktu khusus, gitu…..

  13. Menulis diblog….hmm..menunggu saat2 ngenet gratisan (ex : praktikum di Lab kOmptr dan asistennya ga ada….)….
    tapi bener..lebih baik jika menulis tiap hari..untuk mengasah kreatifitas dan sering2 baca tulisan orang lain untuk menambah kemampuan dan kosa kata….
    pengennya jadi penulis….^^

  14. bisa karena biasa pak..

    kita bisa menulis dengan baik dan benar bila kita berlatih menulis tiap hari…

    bakat hebat kalu gk pernah dilatih, cuma bakat aja…

    jadi bagi yang punya bakat ngorok, jangan dilatih terus…hehehe..piss

    salam kenal buat pak Budi..

  15. menulis si emang katanya enak,,
    tapi kok saya kayaknya aneh gitu pak ya klo nulis-apalagi nulis di blog,,rasanya kayak mengumbar rahasia ajah,,he5
    tapi gara2dosen saya tu maniak ma blog n kebetulan ngajar perkembangan teknologi komunikasi maka kami smua yang ngmbil matkulnya disuruh wajib buat blog–duuuhhh hiks,,
    pdhal saya gak ngeh sklali ma yg namanya blog itu (he7)
    maklum pak,,rumah saya di kota kecil,,warnetpun masih jarang n lemot,,,
    jd ya kadang2nyuri waktu buat ngenet pake kabel telpon,,
    hmmm^__^
    mohon bantuannya,,

  16. Tips simpel belajar nulis adalah……………………………………………………..segera menulislah…
    kalo ga coba nulis ya ga pernah bisa nulis…………….

  17. waduh pak budi saya yang malu. Belum bisa tiap hari, apalagi kalau on the road begini. Tapi betul menulis tiap hari di blog di milis di mana aja untuk mengasah kemampuan narasi dengan runtut. Saya ngerasa banget setahun ini meningkat karena belajar nulis terutama bhs inggris yang grammarnya masih berantakan. Pokoknya dikritik teteup jalan terus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s