Menjadi MC dan Presenter

Ada sebuah SMS. Mas Budi, bisa jadi MC / presenter di acara kami … dst. Waduh. Setelah saya pikir-pikir, ini adalah tawaran yang kesekian untuk saya menjadi MC atau presenter. Kalau menjadi presenter dalam artian memberikan materi presentasi sih saya sudah biasa, tapi kali ini yang dimaksudkan adalah menjadi pemandu acara. Nah lho.

Ternyata requirement dari mereka adalah orang yang paham teknologi informasi / telekomunikasi dan bisa berbahasa Inggris, karena pesertanya ada sebagian (besar?) adalah orang asing. Nah lho.

Nah lho, nah lho terus! Nampaknya harus terima profesi baru ini. Hanya saja, saya sudah mencoba beberapa kali ternyata tidak mudah menjadi MC / presenter. (Harus belajar ke pak Angger nih.) Ditambah lagi harus berbahasa Inggris pula. Wah, harus lihat video presenter di acara Oscar, Emmy, Music awards kali ya? I have to sharpen up my English and (English) joke. Or better yet, let me switch my carrier into a stand up comedian. Ha! (Where’s that helmet. I’ve got to wear one of those.)

Ada saran?


[Picture of me giving presentation at BCS Asia 2006. Lihat tangan terbuka. Eh, kok kayak berdoa ya? hi hi hi. Foto courtesy of Anthony Zboralski.]

Iklan

46 pemikiran pada “Menjadi MC dan Presenter

  1. Kalau emang udah terkenal, gampang aja dapaet job :D. Tapi gak ada salahnya juga pak dicoba…. itung-itung nyenengin orang.

  2. Gaya bahasa Pa Budi ketika menerangkan ringan dan mudah dicerna (waktu ketika Bapa menjadi juru bicara pada acara sosialisasi jardiknas bersama IZI). Enakeun Pak. Selamat deh jadi MC

  3. Wah, bakat yang bagus tuh pak! Dulu pernah liat pak budi jd MC, tp pake bahasa indonesia. Klo pake bahasa inggris kayak apa ya..?? jadi penasaran.com neh…

  4. as a Master Of Ceremony ( MC ), the most important point is “HOW TO BECOME A TIME CONTROLLER”

    jangan malah MC tidak bisa mengendalikan waktu acaranya sendiri.

    only my opinion ajah…

    K

  5. Sering banget saya baca tulisan blog MasBoing berisi kekaguman pada joke dan standup comedian.

    Setelah sukses main gitar tahun lalu trus jadi MC yg lucu tahun berikut???

  6. saya pernah membaca cara menjadi mc profesional
    saya teringat bahwa dalam tulisan itu tertulis menjadi mc itu tidak mudah tetapi juga bisa mudah asalkan belajar artikulasi dan intonasi kemudian saya mempraktekan di depan kaca sendiri saya ngomong sendiri dan saya aberlangganan dengan majalah spt Aneka yess,koran radar banyumas,suara merdeka dan memperdalam ilmu yang saya miliki tapi kenapa ya pak bakat yang sya miliki terbengkalai dengan tidak adanyaseorang yang membantu bakat yang terpendam.

    Sutarmin_Warga Purbalingga
    Aktifis Bakat terpendam

  7. dah terlambat blum ya kasih coment na, tapi untuk bapak gebet ajha pak, ntu khan rejeki yg tak disangka2*, NYANG PENTING PEDE AND BE A COMEDIAN ALWAYS, in every ceremony u got, tp kalo ada yg cari mc ultah kirim aja k e-mail ku di luthfivil22@yahoo.com (tetep promo cuy…:)

  8. aku lho pengen juga jd mc tapi aku tak punya basic memadai.
    mjd mc acara formil se insayalloh dah oke. but untuk acara yg bersifat fun aku benar2 belum ngeh. punya tip s?

  9. jadi MC?
    gw mau donk…
    gw aja deh yang ngMC-in acara itu…
    pasti acara tersebut akan menjadi gegap gempita serta riang gumbira…
    semuanya akan tertawa.. hahahhaha…..

  10. oiya lupa, sekalian promosi…
    klo lo lg ada acara… seperti acara sunatan massal, pemandian jenazah, ngebor sumur, menyulam kelambu, yassinan, melipat kertas, hingga acara merapihkan tempat tidurku.. atau apapun jenis acaranya MC nya tetap .aDid’s bUbby. karena adid’s bubby.. begitu unik.. begitu menggemaskan… hahahahha…
    adide_babeey@yahoo.com

  11. emmm…..menjadi mc of course tantangan tersendiri…bisa bermain dengan kata2……Qtanya musti enjoy Z. kalo saya berawal dari kerjaan dikantor lama2 saya juga pengen terus mengembangkan mc….tk jadi mc yg prof…..

  12. Slamat degh tuk Bapak, Smoga Slalu Jaya….
    Btw,,Aq juga lagi cari pengalaman MC ni….
    Klo temen – temen bingung cari MC bisa degh hub.i Aq di
    kresnanilpopow_110389@yahoo.com
    Skedar info,,Aq lulusan salah satu sekolah public speaking skitar 3 bulan lalu…Pengalaman Mc si cukuplah,,, Maw di Mall, acara 17-an ampe ultah temen juga penah, plus acara graduation and wedding expo…Aq juga maw kok klo ditawari gabung dlm Event Organizer asal match ajah…thx..

  13. Wah kayaknya nasib kita hampir mirip nih coz saya juga baru dapet tawaran mc sedangkan basic saya penyanyi(wah narsis nih)
    tapi pandangan saya peluang dan rasa takut itu beriringan dan berbanding lurus
    perlu kebranian dan tekad yang kuat untuk belajar hingga kita dapet mengambil peluang bukan malah takut
    mungkin peluang akan datang berulang kali tapi akan cuma lewat bila tidak dicoba,
    doain saya juga ya rekan-rekan
    semangat ya pak

  14. waah boleh di share pak ..saya punya komunitas master ceremony n presenter.da pelatihannya juga.

  15. pokoknya seru banget dehhhh…..jadi MC
    bagi gwe itu tantangan dalam hidup untuk bisa ekspresi kan diri loh……

    so kenapa tidak,,,,,,jaman sekarang cantik, ganteng aja gak cukup,,,kalo gak punya sesuatu yg bisa di jual ke publik…..
    pastinay ini kesempatan buat kita semua….tunjukin kalo kita bisa,,,,,,
    l can do it…….

    FB gwe>>>……jaclosee@yahoo.co.id
    or reno jack
    gw stay di riau……byeeee

  16. tetap promosi……buat lg yg butuh MC telp. aja…081275511566
    081371717787

    succes selalu buat kamu semua

  17. Jadi MC pantang mati gaya, Mesti PD, dan bener-bener menguasai acara, good looking, suara bagus, dan terkontrol, saya sudah cukup lama menekuninya, acara pernikahan, bedah buku, Ultah, dll, kadang diselingi Nyanyi(lumayanlah beda tipis sama KD hehehe) klw berminat boleh Tlp saya, 08158711215…. , semoga kesuksesan senantiasa menyebar untuk MC semua, amin.

  18. Sy juga disuruh jd MC di workshop Intl yg disponsori KOrea. Sebelumnya dah pernah ngemc di acara nasional. Persiapannya apa ya?

  19. Jadi MC pantang mati gaya, Mesti PD, dan bener-bener menguasai acara, good looking, suara bagus, dan terkontrol, saya sudah cukup lama menekuninya, acara pernikahan, bedah buku, Ultah, dll, kadang diselingi Nyanyi(lumayanlah beda tipis sama KD hehehe) klw berminat boleh Tlp saya, 08158711215…. , semoga kesuksesan senantiasa menyebar untuk MC semua, amin. wih ternyata mbak wina sudah terbiasa

  20. gw pernah diminta jd MC acara seminar ttg autisme gtu, rencana awalnya sih bhs pengantar indonesia, eh… tau2, ujug2, tiba2, krn hadirin yg dtg kbtlan kebanyakan bule… si pembicara langsung switch into full english version, from starting to the end… hualaah… gw yg kelabakan jd MC nya, meski bs bhs inggris, tp krn ga ada persiapan, jd blepotan jg… mualuuuu, hehee.. tp ga apa lah, pengalaman yg berharga

  21. awalnya saya mengajukan diri menjadi mc , tetapi kata kag ika harus pk b inggris. sya sempat mengundurkn diri ….. tpi sya ingin skali jadi mc ….. kag kpan” ajarin mc iia ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s