Bagaimana Menghadapi Mike?

Bukan ini bukan cerita tentang bertinju dengan Mike Tyson – bisa modar saya – tetapi tentang bagaimana cara menangani microphone dan stand-nya dalam konser musik live. Kadang saya harus menyanyi (meski dengan suara yang pas-pasan) dengan kelompok musik kami.

Salah satu kesulitan saya adalah saya masih belum tahu harus ngapain dengan mike dan stand-nya. Bagaimana cara memegangnya kalau pas sedang menyanyi atau sedang tidak?

Mengapa kok topik ini muncul? Kebetulan saya sedang membaca review tentang “Hannah Montana & Miley Cyrus: Best of Both Worlds Concert (2008)“. Saya penggemar film seri Hannah Montana, yang dimainkan oleh Miley Cyrus. She’s a cute little girl yang memiliki etos kerja yang hebat, bukan mengandalkan kepopuleran bapaknya saja. Dalam salah satu review tentang film tersebut ada tulisan seperti ini:

It’s a serious stitch to watch the 57-year-old Ortega show the teenager how to rock a mike-stand Steven Tyler/Freddie Mercury style.

Whoa … ini dia. Bingo. Memang saya beberapa kali melihat video Steven Tyler, vokalis dari Aerosmith, memainkan stand mike. Percaya tidak, saya beli stand mike yang tegak (dan nantinya akan saya pasangi rumbai-rumbai seperti komentar ini “the colorful rag-draped mike stand“) karena ingin belajar seperti Steven Tyler ini. ha ha ha. Ternyata ada ilmunya. Wah, semuanya ada ilmunya ya? Belajar lagi ah…

Langsung putar video “Aerosmith – You Gotta Move” pas lagu “toys in the attic“. Di situ bisa kelihatan bagaimana Steven Tyler menggoreng mike stand seperti pemain gitar menggoreng gitar. Gila! Bagaimana dia bisa membuat orang-orang berenergi dengan hanya sebatang tongkat mikropon. Hebat orang ini! Anda harus lihat filmnya untuk paham yang saya maksudkan! (Mungkin bisa dicari di YouTube? Atau setidaknya kalau browsing ke internet bisa lihat bahwa Steven Tyler selalu dilengkapi dengan mike dan stand.) Sekarang saya sedang menyanyi bersama mereka.

Berikut ini sebuah kutipan lagi, atau lebih tepatnya pertanyaan:

Why rock singers carry the whole mike stand around, instead of just the mike?

14 pemikiran pada “Bagaimana Menghadapi Mike?

  1. @wicke’s … yup. meski untuk dinikmati diri sendiri. yang penting senang di dalam hati.

    @eep, mengapa mike? ini adalah slang dalam bahasa inggris. resminya sih memang microphone, akan tetapi jika dipotong dan bunyinya akan sama dengan “mike”. jadi kalau secara umum, justru orang jarang yang menyebut “mic” tetapi “mike” πŸ™‚ [orang akan mengerinyitkan dahi kalau disebut mic. kecuali kalau di indonesia kali ya?]

    selain itu ada kesan personalisasi (seperti nama orang) … mike …

  2. ooo bahasa slang toh.. pantesan cari di kamus sama wiki ga ada…
    siaaaap….!!

    tapi bukannya mic juga di ucapkannya maik..? maikropon, hehehehe

  3. ada dong … lah kutipan-kutipan di atas itu saya ambil dari internet langsung πŸ™‚ go find steven tyler and you’ll find pictures of him with his twirling mike stand πŸ™‚

    kalau di indonesia sih “mic” dibacanya “mik”. coba aja. mik-na mana euy? he he he.

  4. Kalo boleh usul sebaiknya ‘mike’ yang mo dipake itu dimodif aja bentuk kepalanya, misalnya dimodif menjadi buah kesukaan Pak BR, contohnya Terong barangkali.

    Biar Pak BR lebih semangat dan lebih ‘punya taste’ (nyontek iklan yg lg beken sekarang).

  5. @eprak … justru fokus utamanya bukan pada mike-nya, tapi pada standnya. Bagaimana menangani tongkat stand ini seperti mayoret di drum band? Jadi yang dihias adalah stand-nya. Itu yang dilakukan oleh Steven Tyler. (Coba lihat fotonya.) Begitu juga dalam gayanya … stand-nya itu diangkat dan dimain-mainkan. (Padahal berat lho.) Yang saya suka adalah ketika Steven Tyler berputar-putar (twirling?) dengan stand-nya itu. (Penonton ikut excited!)

    Lihat juga gaya dari Freddy Mercury (Queen) … hampir sama.

  6. Kebanyakan rock star habis nyanyi jalannya sempoyongan jadi butuh tongkat…

    Mungkin kalo nanya ke Tyler dia bilang… cool man… cool…

    *mode asal on*

  7. Cukup berat itu tiang miknya. Apalagi kalau modelnya yang lipat bisa lari kemana-mana. Kalau yang model teleskop sih masih lumayan mudah ditangani, tapi ati-ati juga. Bisa terbang separo. πŸ˜€

  8. atau niru axl rose pak, stand mikenya diganti sama setir mobil, jadi nggak berat-berat banget kalo nyanyi sambil ngangkat-ngangkat mike…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s