Kenapa Namanya Java

Ada bahasa pemrograman komputer yang bernama Java. Mengapa namanya Java? Apakah ada hubungannya dengan pulau Jawa?

Ceritanya, James Gosling dan kawan-kawan di Sun Microsystems membuat sebuah bahasa pemrograman. Pada awalnya bahasa tersebut dinamakan Oak, tetapi ternyata kata “Oak” sudah didaftarkan mereknya sehingga tidak dapat mereka gunakan. Akhirnya mereka memilih nama Java.

Java sendiri bisa memilik banyak arti. Arti yang pertama adalah pulau Jawa. Namun yang ini tidak terlalu dikenal di luar negeri. Arti yang kedua adalah … kopi. Give me a cup of Java. Nah, arti kedua inilah yang menyebabkan nama Java dipakai.

Setelah muncul Java, ada beberapa tools yang menggunakan nama yang diasosiasikan dengan minuman seperti kopi; mocha, latte, dan seterusnya.

Namun ternyata ada juga orang yang mengasosiasikan Java dengan pulau Jawa. Bahkan pada awal perkembangan Java, ada sebuah situs yang mengumpulkan informasi (resources) yang berhubungan dengan Java. Situs itu bernama Gamelan. Tentu saja ini lebih berhubungan dengan pulau Jawa dibandingkan dengan kopi.

Pernah ada sebuah interview dengan Bill Joy, salah satu pendiri Sun Microsystems, di sebuah majalah. Yang menarik bagi saya, di belakang dia (di dinding) ada poster … Pulau Jawa! Whoa. Saya bangga juga. Setidaknya Bill Joy tahu ada pulau yang namanya Java island. ha ha ha.

Ada banyak lawakan ketika Java mulai populer di awalnya. Pada waktu itu Sun sangat gencar mempopulerkan Java, tetapi juga sangat posesif. Jadi kalau ada orang yang memakai kata Java maka dia diancam karena Java sudah di-trademark-kan oleh Sun. Sehingga ada lawakan seperti ini.

Friend: Where are your from?
Budi: I am from Java.
Friend: Hey, you can’t use that name. It’s Sun’s trademark. You’re gonna get sued
Budi: ummm… I am from an island that used to be called Java?
Friend laughing …

Begitu cerita tentang Java.

Cerita sebenarnya ada di sini: http://www.javaworld.com/jw-10-1996/jw-10-javaname.html

Iklan

55 pemikiran pada “Kenapa Namanya Java

  1. hahaha … Application Server buat java aja namanya Jakarta Tomcat , udah gitu ada framework nya klo gak salah namanya Batak ( CMIIW ). Sekalian buat promosi Indonesia πŸ˜›

  2. @suprie1983
    Batak bukan framework tapi just another language.

    Ada untung ruginya juga nama Java dipake. Untungnya promosi gratis, setidaknya para geek mengenal pulau Jawa. Ruginya di dunia IT gak bebas menggunakan kata Java, bahkan ada perusahaan IT di Indonesia yang dapat surat cinta langsung dari Sun Microsystem. πŸ˜€

  3. hahahaha.. waktu SMA temen saya juga pernah cerita kaya gini, Pak. Katanya Java itu terkenal jadi kopi karena budaya minum kopi di warung kopi sambil ngalor ngidul itu emang asli budaya kita? Justru orang Eropa yang ngimpor ke negara mereka.

    Jadi sebenarnya Pak Budi kalau miting ndak perlu susah-susah ke Setarbak kali yah? Ke warungnya mbok Poniyem sebelah rumah aja, hihihi.

    Ah, barangkali saya salah…

  4. Hmmm…
    Wah kirain emang Java tsb hasil gawean anak negeri, khususnya orang Jawa…atau keturunan ningrat kali yang medhok ke-jawa-annya.
    Btw, khan sebenarnya orang Indonesia juga nggak kalah hebat dari segi programming. Ya, walaupun belum no 1 in this world, tapi setidaknya saya kasih apresiasi tinggi lah buat mereka. Hidup Science and techno Indonesaia.
    Ayo bangkit dunkz…masa dari dulu masih banjir…
    Wuiss…apa kaitannya ya? He..he..

  5. well i have to say that i love what is used to becalled gamelan music too … and what is that textile product used to be called batik? or that dance that is used to be called reog?

  6. Yup, bener pak. Di amrik itu kopi disebut java. Ceritanya panjang sih, krn dulu kopi produksi indonesia sangat terkenal sehingga kopi identik dengan Indonesia (jawa). Trus gara-gara kena hama, kopi kita jadi tidak bisa tenar.

  7. jadi inget kemarin pas ngobrol ama temen jepang, chating pake YM. Saya nanya saat itu sedang apa. Trus ybs, jawab lagi belajar bahasa jawa. Saya jadi terkesima, trus nanya buat apa? Ybs jawab kebetulan lagi ada proyek terkait ama bahasa java. Trus ngobrol ngalor-ngidul. Setelah selesai chat, bengong agak lama …. eh baru ngeh! ternyata bahasa Java! lha tadi pantesan kok ngobrolnya kadang ga nyambung??? πŸ™‚

  8. dalam sebuah interview pekerjaan, interviewer menanyakan kamu bisa pemrograman apa saja?
    dijawab oleh pelamar dengan menyebutkan beberapa bahasa pemrograman.
    Ketika ditanya “can you use java languange”
    dijawab “yes i can. i’m from central java”

  9. @dobelden, ya boleh lah … kan trademark itu terbatas kepada domain dari namanya. Kalau untuk yang berhubungan dengan komputer mungkin memang tidak boleh, tetapi kalau nama pulau, makan, atau yang tidak ada hubungannya dengan komputer ya boleh.

  10. Setahu saya nama Java dipake karena waktu bikin programnya ngabisin berkilo-kilo Java Coffee. Dulu pernah diulas dimana ya, kok saya lupa.

    *bongkar-bongkar arsip…

  11. Jadi kalau ada orang yang memakai kata Java maka dia diancam karena Java sudah di-trademark-kan oleh Sun. Sehingga ada lawakan seperti ini.
    >>> Lho ini khan nama pulauku kok malah diancem πŸ˜›

  12. ada jakarta project..

    batik svg..

    gamelan..

    Project yang berkaitaan dengan java programming pun, namanya indonesia sekali

    lambang java user group pun asalnya dari pulau java

    https://thejavafinch.dev.java.net/

    sayangnya

    semua yang saya sebutkan diatas , yang bikin bukan orang indonesia semua

    kapan nih kita?

    java, for better indonesia

  13. Kopinya tidak harus dari Jawa. Emang ada gitu kopi enak dari Jawa? he he he. (joking … ) Robusta? Arabica? … Kalau sekarang yang sedang ngetop Toraja ya?

    Dulu, waktu jamannya saya masih coding di North America, memang teman saya adalah kopi atau soda (mostly Pepsi). Yang belum pernah adalah jolt (double caffein dan double gulanya! hu hu …). Kopi dan coke itu bisa bergelas-gelas. Coke/Pepsi biasanya yang 2 literan itu. Mungkin itulah sebabnya sekarang lambung saya sering iritasi? (Disikat kopi dan coke di jaman itu?)

  14. oalah gitu toh asal’e? kalo gtu qta buat aja syntax program sndiri..namain aja BORNEO,ANDALAS,CELEBES,PAPUA, ato BALI? jd g iri pulau lainya..he5x..btw mampir ya d blog saya:
    sibermedik.wordpress.com

  15. klo JAVA jd bhs Program,maka:
    1.KRATON nama OS nya.
    2.ABDI DALEM nama MS.OFFICE nya.
    3.JAMU PEGEL LINUX,JAMU SEHAT PC,JAMU RAPET HD sbg aplikasi antivr sampai tools system..dan
    4.KERETA KENCANA sbg INTRNET BROWSERnya..

  16. Sayangnya,yang jadi sorotan pulau kita ini sekarang,bencana…!Tanah longsor,banjir,angin ribut,gelombang pasang…Ohh…Sungguh ironis!!

  17. padahal nama pulau jawa atau java island pasti dah ada registrasinya di PBB ya?…

    ya begitulah sejarah baru bangsa kita akhir2 ini…
    hayo pada bangkit…
    bergerak di bidang masing2…
    itu ide keraton beserta jamu2nya buruan di jadiin aja…
    biar gantian mereka di luar yg beli hehehe…

    @Kiki Ahmadi
    kita kapan ? ya saat ini juga… πŸ˜€

    @karunia1two
    Jepang diguncang jutaan gempa sepanjang sejarahnya dan jadi pakar di bidang tersebut…
    kalau kita banyak ketiban bencana alam…
    coba di ambil hikmahnya,
    dipelajari bencana alamnya,
    pasti menghasilkan solusi dan solusi…:D

    @RETORIKA-1000DS
    ga usah demo2 nyuruh2 orang lah…
    mendingan n’raktir2 di Martabucks… hehehe πŸ˜€

    Hidup Pak Budi… !
    Merrrdeekaaa…!
    Zzzzzzzz……..

  18. Sebenarnya ada beberapa bahasa pemrograman buatan anak Indonesia. Salah satunya, yang terbaru, adalah bahasa NUSA yang dibuat oleh Bernaridho. Ini bukan hanya sekedar syntax yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, tetapi bahasa dengan konsep yang berbeda. Saya gak bisa cerita banyak saat ini. Nanti pada saatnya dia yang akan cerita.

  19. Setahu gw, ceritanya diberi nama Java gara2 yang bikin softwarenya suka minum kopi dari Java πŸ˜€

    Padahal kalo kopi yang paling enak rasanya, dari Sumatera πŸ˜‰
    Ngga percaya, coba aja main ke Sumatera dech!

    He he he…

  20. Saya jadi inget tentang situs gamelan.com itu. Dengan adanya site situ kita jadi makin pede kalo orang asing kenal dengan indonesia (mungkin). Anyway, gara2 java & gamelan, saya pernah terdorong untuk ikut2an posting java applet kecil2an di gamelan.com.

  21. He he he,asal sun tidak ikut2an seperti orang malaysia aja,klaim bahwa nama Java asli dan asal sun…yg lain jiplak!

    Weleh-weleh,hidup Indonesia,unik,eksotik,kaya kebudayaan,gede lahan,banyak orang,beragam cerita asyik maupun suram…makanya banyak yg demen.

    Ada wawancara seorang artis asal Brasil di koran (lupa yg mana),dia sudah tinggal lebih dari 40 negara masing2 ada yg bulanan ma setahunan,tapi katanya dia berkesimpulan.

    Dari semua itu yg paling asyik dan tidak bikin boring jiwa artistiknya hanya Indonesia,karena masyarakat kita sangat kreatif.

    Coba aja liat,bajakan hak cipta,begitu ada yg trend diluar kita udh jualan di mana2 belum lagi,digusur kl jual bajakan…nongol lagi di tempat lain,pokoke pantang nyerah,ulet,teguh dan yg penting gak pernah klaim bahwa itu semua hasil karya asli Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s