Salah satu tugas kuliah security saya terkait dengan social engineering. Mahasiswa saya beri tugas untuk mencari informasi dengan metoda non-teknis; seperti berpura-pura, menyaru, dan sejenisnya. Untuk tahun ini saya menugaskan mahasiswa untuk mencari nomor handphone seorang artis Indonesia. Tidak perlu saya sebutkan nama artisnya kan? he he he.

Alasan saya memberikan tugas ini adalah nomor handphone bisa dianggap sebagai sebuah informasi yang privat dan tidak untuk dibagi-bagi. (Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah nomor handphone itu termasuk informasi yang privat atau tidak?) Ada tingkat kesulitan yang lumayan untuk mendapatkan informasi nomor handphone seseorang.

Setelah saya beri waktu seminggu, ada beberapa informasi yang sudah mengalir. (Mahasiswa masih saya berikan waktu tambahan 1 minggu lagi.) Saya belum bisa memverifikasi informasi yang saya peroleh. Saya sendiri lebih tertarik kepada proses atau cara yang ditempuh oleh mahasiswa untuk memperoleh informasi itu, bukan kepada hasilnya. Jadi bisa saja mahasiswa saya gagal memperoleh informasi tersebut dan memang nampaknya masih banyak yang gagal. Tidak apa-apa. Gagal kan biasa.

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh mahasiswa, mulai dari yang biasa sampai yang lucu. Sayangnya saya tidak bisa menampilkannya di sini. (Etika? he he he.) Materi tersebut hanya untuk pendidikan (for educational purposes only, really). he he he. Ya sudah. Saya hanya bisa tertawa sendirian. Dianggap gila juga tidak apa-apa, wong tugasnya juga agak eidhan. he he he.

Bagi artis yang bersangkutan, saya mohon maaf jika terjadi ketidaknyamanan selama tugas ini berlangsung. Seharusnya sih tidak terasa apa-apa. Namun jika merasa terganggu, sekali lagi saya mohon maaf dan saya bersedia mentraktir makan anda sebagai tanda permohonan maaf saya.

Peace.

Foto di bawah ini mungkin nggak nyambung. Foto diambil beberapa jam yang lalu di Dakken. Memeriksa tugas kuliah ini sambil ngopi dan makan cheesecake. Uenaaakkk tenan. hi hi hi.