Data Center merupakan tempat meletakkan perangkat server (tempat berjalannya aplikasi) dan perangkat jaringan lainnya. Ruangan untuk data center harus didesain secara khusus karena perangkat ini membutuhkan lingkungan yang spesifik (rentang temperatur 18 – 23 derajat Celsius, kelembaban tertentu, dan tekanan tertentu).

Beratnya perangkat yang ada membuat lantai data center harus mampu menanggung beban yang cukup berat. Sebagai contoh, ruang perkantoran biasanya didesain untuk sanggup menanggung beban 250kg/m2. Sementara itu perangkat bisa menghasilkan beban mendekati 500kg/m2. Bisa jebol itu gedung.

Ini semua membuat pengelolaan data center menjadi pekerjaan yang tidak mudah. Kemarin dan hari ini saya ikut memberikan workshop dan diskusi tentang pengelolaan data center di hotel preanger. Ternyata banyak permasalahan lain yang detail dan sangat praktis tetapi masih belum ditemukan solusi yang elegan. Soal menggelar kabel agar tidak terjadi “mie” di lantai (atau di bawah raised floor) saja sudah merupakan pekerjaan yang sulit. Ada pekerjaan lain yang juga tidak mudah, yaitu membersihkan data center. Ternyata ada requirement khusus sehingga saya tidak yakin ada cleaning service yang mampu melakukannya dengan requirement seperti itu.

Ah … belajar lagi …