Internet Endonesha => Order Baru 2.0

Ternyata sensor dan opresi di dunia maya Endonesha lebih sadis daripada Singapura dan Cina. Whua ha ha ha ha ha. (Mau menangis sudah tidak bisa, jadinya ketawa hampa.)

Ketika Vietnam dan lain-lain maju dengan Internetnya, kita malah mundur sekian langkah. Nasi sudah menjadi bubur. Keputusan diambil terlalu tergesa-gesa, grasa-gursu karena ketakutan yang berlebihan. A test of leadership or lack of. Ha ha ha. Tapi apalah suara kita, rakyat biasa ini.

Selamat datang Orde Baru 2.0.

Mungkin sekarang saya hanya bisa mengenang menggunakan yang namanya YouTube. Masih teringat bagaimana anak saya belajar gitar dengan melihat instruksi dari sana. Masih teringat bagaimana saya memperoleh klip dari dosen MIT tentang papan tulis interaktif yang bisa digunakan untuk mengajar Fisika. Ah, … tak ada lagi. Semua tinggal kenangan. Sekarang kita hanya bisa bengong seperti orang bloon jika ketemu kawan (peer) kita di Singapura, Malaysia, Vietnam, … mereka itu ngomong apaan sih? Youtube? YouTube apaan?

Kenapa gak sekalian matiin Internet Endonesha? Beres! Gak ada masalah lagi! Gak ada Internet juga gak apa-apa kan? whua ha ha ha ha ha haaaaaaaaaaaaa … [klik. putus.]

[Lagi kesel soalnya blog saya di multiply.com tidak bisa diakses lagi, terblokir. Salah apa saya kok saya harus ikut menanggung akibat ini? Analoginya, gara-gara ada hal yang tidak berkenan di Jakarta, maka seluruh kota Jakarta diblokir.]

Jaman kegelapan
– Ndoro Kakung Kegelapan Pecas Ndahe.

82 pemikiran pada “Internet Endonesha => Order Baru 2.0

  1. Pak Budi, tadi kami ketemu Pak Nuh, beliau bilang surat Menkominfo hanya untuk YouTube. Tapi kenyataannya dilapangan Multiply ikut terblok, apakah karena aparat dibawahnya yang main main?

    Pak Nuh janji mau memeriksa kembali karena ada protes keras dari komunitas Multiply Indonesia. Yang jelas surat dari Pak Nuh cuma untuk YouTube.

  2. sama Pak… sedih, kecewa, marah… pengen nangis.. tapi udah ga bisa. yang ada cuma speechless. Yang saya heran isi surat yg saya terima dari melsa menyatakan :

    Due to the Indonesian Minister Legal number : 84/M.KOMINFO/04/08 concerning some minor harming internet content for the Indonesian community therefore we hereby to disable all access to the sites hosting the particular content.

    minor harming internet content for the indonesian country? I do speechless reading it.

    well mungkin tinggal kenangan gimana rasanya belajar bikin webcam jadi kamera buat teleskop… atau gimana excitingnya diriku nemu animasi pembentukan tatasurya yg bagus….

  3. Tampaknya indonesia akan dibelenggu lagi.
    Udah bayar internet mahal, banyak akses di blokir, lama2 internet ga laku muncullah masalah pengangguran.
    Huh, dasar pemerintah, bisanya semau gue. Ga tau kalo sumber ilmu salah satunya dari internet.

  4. turut berduka cita om BR. speechless dah. saya cuma bisa berharap pemerintah bisa lebih bijak dan dewasa. tidak cuma mengurusi perutnya saja, tidak cuma mengurusi kepentingan golongan tertentu. amin

    seandainya saja om BR jadi penasehat menkominfo, ga bakal begini jadinya 🙂

  5. pak, itu titlenya beneran diplesetin jadi order, atau memang typo?
    hehehe..

    btw, seperti yg pernah saya bilang,
    pemerintah sedang membakar seluruh rumah untuk ngusir seekor tikus

    penghuni rumah pada kalang kabut
    hahaha… *ketawa menggaring*

  6. Lagi upload contoh tugas kuliah saya yang bermodal youtube, Pak. Supaya mereka berhenti ngomong youtube ga ada gunanya.

    *Ayo semua upload karangan yang ada sumber youtubenya!

  7. ah, jadi gak bisa belajar piano gratisan lagi…

    gak bisa denger lagu2 tahun 80’an gratisan lagi…

    😦

  8. Wah post-annya sama sama yang saya buat 5 hari yang lalu. 😉

    5 hari yg lalu saya buat post orde baru, banyak yang komen gak akan mungkin deh di Indonesia Youtube diblok, eh ternyata emang diblok 😦

    Terbukti semua 😥

  9. huwaaaaa……
    jadi terharu mass…..
    apa jadinya kita tanpa youtube….
    kalo masalah teknis khn bisa diomongin tuh pemerintah sama pihak youtube kan. sungguh cerlalu!!
    suwon. 😀 salam sependeritaan

  10. masih teringat bagi saya ketika teman saya membuat sebuah video tutor ( karena org lbh senang menonton ketimbang membaca) bagaimana membuat sebuah blog yang kemudian di upload di yutub. banyak sekali yang senang dengan video tutorial yang step by step itu. tapi sekarang..??

  11. bener pak. terlalu tergesa-gesa. sampai2 mereka lupa memblok akses ke google . hehe
    **tertawa.. pahit, miris**

  12. Walah mas BR mo mancing komen dengan cara hiperbolis 🙂 masak pakar Internet ndak bisa akses youtube sih sekarang ? Ndak mungkin ah

    Kalo sekedar bumbu posting bolehlah ditulis bahwa sampeyan jadi ndak bisa akses youtube. Kenyataannya masih bisa kan ? hi hi hi

  13. maksudnya lebih sadis dari cina apa?pembandingnya apa?AFAIK, regulasi internet di cina tuh dah parah bgt…

  14. Wah klo You Tube diblokir, di sini saya ga bisa nonton acara-acara TV Indonesia yg bermutu dong Ooom…..

    Padahal kekangenan saya terhadap Indonesia sedikit terobati lewat You Tube…

    Duh Indonesia kembali ke jaman kuno… … tuurut berduka cita…

  15. @IMW … gak hiperbolis: gak bisa! sungguh.
    Saya kontak ISP saya. Jawabannya: maaf pak terpaksa kami lakukan atau ijin kami dicabut. Gimana tuh? Mosok saya maksa mereka untuk bukain akses. Gak tega.

    Atau maksudnya Made … kita main backstreet-backstreetan, misalnya cari proxy gitu? Yang ini belum saya lakukan. Kayaknya memang harus gitu? Jadi buat FAQ yang intinya adalah melawan aturan pemerintah? Kan ini jadi nggak bener malah.

  16. Jaman modern abad 21 ini sudah bukan jamannya bloking lagi. Seharusnya pemerintah bisa beradaptasi dengan hal ini, cara-cara sudah tidak berlaku. Bila kita tidak berubah, kita yang akan hancur sendiri.

    Untuk apa blokir Fitna? Kalau Fitna isinya hanyalah Fitnah (pun intended), mengapa takut, toh tidak akan dipercaya orang?

  17. kl gitu kita balik dengerin ‘forum negara pancasila’ di radio aja pak, biar jadi ‘warganegara yang pancasilais’ hakhakhak *ketawa nyesek*

  18. IMW,

    Kamu jangan kelewat tengil jadi orang.

    Linux zealot, sok merakyat, akademisi sok-nasionalis-indonesiana (padahal masih belum kelar2 juga PhD-nya, masih aja nyangkut di jerman, sambil gembar-gembor kalau di jerman beginilah, kalau di jerman begitulah) macam kamu yang suka gembar-gembor deket ama pejabat polisi inilah, staf presiden itulah, sok-sok paling tau segala yang terjadi di kalangan “elit”… (modal web-ngadminin situs SBY doang… ha ha, petantang petenteng).

    Keliatan banget loe egois, egosentris. Ini topiknya bukan soal “pak budi yang gak bisa ngakses youtube” doang. Semua orang kita-kita juga tau bisa pakai proxy. Tapi ini bukan masalah teknis macem gitu. Loe bisa punya perspektif lebih luas gak sih? Sorry, percuma gw nanya, tokh kamu cuma geek (wannabe).

  19. aku pake IM2 hari ini youtube, rapidshare dan multiply dah mampus. yang lain belum aku coba.
    wah kiamat internet sudah ada di indonesia

  20. anjrit……. profile band gue di multiply gak bisa dibuka, emang band gue penyebar porno apa…!!!

    gak bisa promoted ke dunia dong musik gue…..

    pemerintah emang bodoh, klo sampe my space diblokir juga, dan band gue kena imbasnya gak bisa upload lagu lagi

    insyaallah web2 pemerintah gue deface…!!!!! biar kapok

  21. info lanjutan————> hari ini saya masih bisa buka youtube

    serus…..!!!
    saya pake:

    modem cdma kartunya starone pasca bayar

  22. di daerah gw banyak terkena busung lapar,banyak anak2 terlantar,banyak orang2 gila di jalan yang terlantar yang ga di urus ma pemerintah daerah.
    di tempat gw kebanyakan orang ga tau apa itu you tube,multyplyn,my space,eh ke buru di blokir…kapan taunya kalo gini.
    mending ke jaman batu aja sambil nonton infotaiment2 dan sinetron2 cengeng! yang ga mendidik.
    ato nonton film aneka satwa…lebih educated kali y..
    om bud….
    seandainya blog ini punya komunitas yang mempunyai dasar hukum yang kuat,dan tujuannya untuk memajukan pendidikan endonesha…
    bukan dengan totality seperti yang di lakuka oleh pemerintah endonesha sekarang!
    semoga tuhan membalas niat baik mereka!

    salam….

  23. Hahahaha ikut senang (loh). Nah loh apa yang saya bilang kemaren-kemaren? Kalau salah blokir begini, cepat gitu perbaikannya? sehari? seminggu? setahun (yang sudah terjadi sih sampai setahun nggak juga direspon 😀 ). Yang paling repot itu researcher, pekerjaannya seperti teka-teki. Mengumpulkan pecahan-pecahan petunjuk di di internet. Satu baris petunjuk saja bisa sangat berharga. Terus ada time frame, kalau lagi mecahin teka-teki ini yah ga bisa ditunda. Kalau nunggu berhari-hari atau lebih yah sudah pecah fokusnya.

    http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/04/01/pekerjaan-katrok/

  24. klo dari hasil diskusi kemaren sih pak Nuh minta masukan secara teknis bagaimana memfilter film “Fitna”, karena kurang nya resource jadi yang keblok itu malah youtube nya, bukan film nya… nah klo ada masukan sih kayanya coba aja usulin ke pak Menteri.

  25. sekalian aja blokk semuanya…

    biar bukanya detikom aje… sama situs menkominfo…

    huakaka…

    kelakuan pemerintah kok kae anak kost.. maen blok sana-blok sini… biar game onlinenya ga nge-lag…

  26. Setelah internet indonesia mati, dia akan bangkit dari kubur…
    Nah jadi hantu atau atau masuk surga atau masuk neraka gak tahu lah.
    Moga-moga segera masuk surga…

    Mati satu tumbuh seribu
    Matilah
    Tumbuhlah….

  27. Gini aja, kan dunia mas itu beragam… kalo lagi sebel sama dunia IT, pindah ke dunia musik… ntar bermusik dilarang pindah ke seniman puisi, gitu aja…

  28. @ atas.
    halah,ya iya lah

    kayaknya hanya dari ISP IM2 ama speedy yang ngeblok youtube ama multiply 😦

  29. #22, maksud saya dalam menulis posting ini seakan akan, sampeyan ndak bisa akses youtube sama sekali gitu lho. Makanya saya sebut kalau sekedar “bumbu posting” boleh lah. Tapi kenyataannya kan ndak gitu untuk kan untuk orang sekelas sampeyan. Toh sampeyan juga tahu back-street, back-streetan nya hee heh

    #26, he he he he mas sampeyan jangan ngajakin becanda di sini, banyak yg ndak nyambung ntar

    #28, bukan sentimen, tapi ngefans berat lha sampai tahu semua, kayak groupies ABG yg ngikutin terus jejak saya gitu.

    Komen di atas terlepas dari apakah saya setuju/tidak setuju dari pemblokiran ini.

  30. hihi jadi keinget waktu orba dulu,,, media dikekang… resek…
    bener tuh jangan2 wordpress bakal diblok… banyak tuh yang posting fitna…. hhhhhhhhhhh…

    tutup aja tutup aja tutup aja…

  31. Pake proxy aja lah… beres…. sejauh ini sih aman aman saja saya…. tapi emang generalisasi keliru sudah masuk ranan pemerintahan… (satu video yang gak jelas, seluruh kebaikan sirna)

  32. Jangan nyerah ah .. mosok hanya satu masalah semua jadi pada sedih, guwe percaya kok preman2 bandwidht di sini ebih pinter dari orang IT-nya pemerintah, kita buktikan bahwa penghamburan 30 Trilyun itu nggak ada gunanya, Kalo cuma youtube diblokir, khan bisa pake proxy web, guwe dah berhasil nembus blokiran tersebut dengan proxy web, yang penting kirim mail lagi ke Pak Nuh agar belajar internet dulu baru korupsi. Blog diblokir ? Kita kepung kantor Pak Menteri, jika perlu lakukan gugatan class action.

  33. Puas.. Puas… (niru Tukul).
    Saya puas abis dengan blunder ini. SK mau dicabut/diubah?
    Gengsi lah yauwww, masa RI kalah ama youtube cs? 😀
    hahahahahaha… selamat menderita.

  34. Maaf saja ya, saya jadi agak curiga terhadap kemampuan Mentri kita, bukannya mendukung maju teknologi Informasi Indonesia tapi malam menarik mundur.

  35. kami rencananya mau pasang beberapa cuplikan video pembelajaran buatan lembaga di youtube. eh, baru kesampean upload sebiji, itupun diblok…
    ihik ihik

  36. orde baru jilid 2!
    parah neh pemerintah.
    tampaknya ini pengalihan isu dari kenaikan harga yang semakin merajalela. maska kemaren dalam sehari harga telur naik dua kali, ga serius ini pemerintah.

  37. @Ricky
    Luar biasa, saya sudah coba tips Anda dan berhasil…berhasil… [kayak Dora.. 😉 ]

    Mudah2an tips Anda dapat menghibur “ibu-ibu itu”, juga yang lain, terutama yang newbie kayak saya. Pesan sponsornya: Gunakan tips ini untuk yang baik-baik. Gitu kan mas Ricky.

    Trims banget-banget.

  38. mmg tipikal indo yg suka gradak gruduk asal-asalan…gak pernah mikirin dengan tuntas..sempit banget pandangannya…

    pas lagi ribut2 UU ITE, g jg smpt kuatir blogger jg dimatiin…ya tau sendiri, blogspot banyak “foto2nya”…
    untungnya ngak, jadinya lega dikit blog g masi hidup…

  39. klau youtube mungkin sementara, seperti kejadian yang pernah dilakukan beberapa negara karena ada video yg tidak pantas untuk dipublish. tp klau selamanya itu yg malah menghambat kemajuan suata penerus bangsa

  40. Indonesia… Indonesia..
    Negara yang aku banggain… sekaligus negara yang bikin aku “jengah” karena terlalu banyak “predikat terburuk”nya

    Indonesia juga bikin aku suka “mbatin” karena kebijaksanaannya… yang diambil… sekonyong-konyong

    Pornografi… salah satunya… jadi “penjara besi” karena batasan pornografi… melebar dan menciut sewaktu-waktu tergantung “kerentek-en” ati.. penguasa.

  41. Saya sedih sekali Pak Budi. Saya baru tahu kalau youtube, rapidshare, dan myspace diblok… padahal ini kan bukan situs porno.

    Saya bingung, kapan negara kita mau menyaingi negara lain kalau pemerintah kita membatasi informasi sedangkan negara lain memfasilitasi pemberian informasi dengan baik….

    God help us….

  42. IMW,

    Orang macem elo tuh tipenya emang suka bikin “unnecessary roughness” dengan komentar-komentar gak nyambung elo (pak budi ngomong topik kemunduran akses informasi di indonesia, elo komentar soal kepakaran pak budi; jaka sembung bawa golok).

    Gw gak perlu lah ngikutin elo, apa lagi istilah elo tuh, groupie. Gw cukup liat aja dari milis2 yang elo recokin dengan cengangas-cengenges elo; gak jelas which side you’re in, tipikal oportunis.

    Gini aja deh, kalau elo tuh emang pakar, dan kebetulan “deket ama kekuasaan”, dan emang “peduli bangsa”, kenapa sampai ini terjadi? Ok, ambil lah, ada benarnya apa yang dibilang Mr. Nuh, yang dia bilang bisa dijadiin tantangan buat developer indonesia: mendevelop sistem pemblokiran yang memblokir truk-nya doang, dan bukan jalannya. Nah, kenapa bukan elo, yang ahli (segala rupa), PhD (atau udah beyond PhD ya? mengingat udah lama banget kayaknya) di Jerman, “deket lingkar kekuasaan”, nasionalis-berjuang-di-sisi-rakyat-kecil, anti-kapitalisme-global-dan-segala-manifestasinya-seperti-microsoft-yang-dari-sudut-pandang-elo-pure-monolithic-evil misalnya, dari awal-awal menyarankan ini (bahkan lebih ok lagi dengan proposal kongkrit)? Bukan sekedar cengar-cengir dan nyebutin orang2 kebanyakan “awam” dan “gak tau duduk persoalan”.

    OMDO luh. Basi tau.

  43. Due to the Indonesian Minister Legal number : 99999/M.KOMINFO/04/08 concerning some minor harming and protesting of internet policy to the Indonesian ministry therefore we hereby to disable all access to the internet except to http://www.depkominfo.go.id/

    heheeheheheheh

  44. Saya sebagai rakyat biasa cuma bisa mengucapkan turut berduka cita.

    Buat ivalino dan IMW lebih baik jangan bertengkar, tidak ada gunanya, kita sesama rakyat tidak baik terpecah belah begini.

  45. di Indonesia semua masalah selalu di anggap masalah teknis..

    1. masalah pornografi…. solusi Sensorship
    harusnya ada pendidikan moral yang bagus, bikin website edukasi untuk anak2… ga cuman bisa bikin jardiknas (jarang disisi artikel berkualitas). isinya dong… isinya…..

    2. Masalah prostitusi di panti pijat
    Solusi pemerintah : kasih gembok di celana para tukang pijat… menurut saya kalau lapangan kerja bagus orang juga ga mau jadi tukang pijat….

    3. Masalah keindahan dan ketertiban
    solusi pemerintah : Gusur aja para PKL… biar aman rekrut satpol PP sebanyak banyaknya… buat nandigin PKL kalo Demo.

    4. Masalahkualitas pendidikan
    ganti kurikulum tiap tahun… CBSA, KBK, KTSP bla bla bla.. seolah-olah permasalahan pendidikan cuman masalah kurikulum…

    maap mas jadi curhat…
    ——
    dont trust the goverment….

  46. Solusi bagi pengguna IM2…
    manfaatkan IM2 anda dengan kasfiesta….
    Pokoknya cuma ngidupin viestabar…akan dapat dolar….
    Lumayan klo dirupiahkan…satu bulan mencapai 1 juta….
    Gak usah cari referal…gak usah klik-klik macem..macem…dolar secara otomatis bertambah terus…
    And sudah terbukti membayarnya….
    Tingal manfaatin aja IM2 mu dengan jalanin kasfiesta….
    moga bermanfaat….gak ada unsur paksaan/pemerkosaan…he…3x..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s