Key Influencer: Axis Story?

Saya menggunakan Axis (layanan GSM yang baru itu) karena iseng. Pas waktu itu sedang berada di BEC (pusat pertokoan elektronik di Bandung) dan ada promosi Axis. Entah kenapa, saya tertarik untuk membeli perdananya. Jangan ditanyakan alasannya. Ada banyak promosi-promosi yang lain, tapi saya tidak tertarik. Yang ini tertarik. Apa karena desain iklan, logo, dll. yang sederhana? Entahlah.

Singkatnya saya membeli axis. Setelah saya membeli ini, ada beberapa orang seputar saya yang ikut beli. Bahkan pada suatu ketika saya sedang meeting dengan tim (Dimitri, Arry Aa, Khairul, Rayyan, Primus, Frans, dll.) di BIP, di hall-nya sedang ada promosi Axis. Saya cerita bahwa saya sedang mencoba Axis and love it!. Langsung … semua tim dibelikan Axis! Hah! Mungkin langsung 10 nomor.

Ada kejadian lain yang mirip seperti itu, yang pada prinsipnya ada orang yang membeli Axis gara-gara cerita saya. Bayangkan … yang langsung membeli Axis gara-gara saya sudah berapa banyak? Mereka kemudian akan cerita ke teman dan keluarga, yang kemudian membeli Axis, dan seterusnya. Seperti konsep piramida. Saya yakin sudah ratusan orang yang mencoba Axis gara-gara saya.

Dalam sebuah konsep bisnis, ternyata saya itu disebut “key influencer” yaitu orang yang mungkin tidak langsung menguntungkan bagi sebuah usaha (dalam hal ini Axis) tetapi membawa potensi bisnis. Nah, dalam sebuah bisnis, key influencer ini penting karena dia bisa menentukan kesuksesan sebuah usaha.

Oh ya, saya gak dibayar oleh Axis. Kenal juga nggak dengan mereka. hi hi hi. Justru inilah karakter dari key influencer, yaitu dia seringkali tidak ada hubungan dengan si penyedia jasa. Jadi jangan sampai Anda meremehkan seseorang (misalnya tidak terlihat dia memiliki potensi untuk membeli layanan), padahal ternyata keluarganya atau temannya adalah potensi klien yang luar biasa.

49 pemikiran pada “Key Influencer: Axis Story?

  1. PERTAMINA… eh salah PERTAMAX (he he, padahal kan pakenya premium)

    betul pak… salah satunya saya. Tapi sebenarnya saya pake axis gara-gara tergiur promo 100mb free/bln. Lumayan buat ngenet. Lalu suatu ketika, mendapat info di blog ini. Jadi makin yakin deh untuk pake AXIS. Sampai saat ini cukup memuaskan. Ha ha ha

  2. waduh kok gak jadi pertamaxnya ya…?
    ya inilah salah satu keterbatasan axis. Lemot…
    Padahal tadinya masih kosong.

  3. Oh ya, saya gak dibayar oleh Axis. Kenal juga nggak dengan mereka. hi hi hi.

    dengan adanya postingan ini jadi berharap dibayar ya Pak? πŸ˜€

  4. hi hi hi. key influencer itu tidak mau bergantung kepada orang lain. jadi dia mah cuek aja. bukan dibayar atau tidaknya yang membuat key influencer senang, tetapi … layanan yang bagus. kalau misalnya axis bagus … dia akan tetap happy. tapi begitu axis kacau, maka key influencer akan mengajak orang-orang untuk meninggalkan layanan itu.

  5. Sudah saatnya Tim nya Pak BR ditambah 1 orang dalam bidang manajemen, ini yang akan membuat segala potensi menjadi lebih BERNILAI. Niche dari bisnis RSS berita saja sudah ratusan …… Mana yang dari Indonesia ??? Daftar niche di http://www.newsniche.com/rss-tools.php.
    NB:Kalau sudah banyak tidak niche lagi ….. apa kata dunia?

  6. hmm….key influencer, pengetahuan baru euy.

    Tapi yang membuat sekelilingnya ikut2-an beli itu ceritanya atau key influencer nya[individu]? soalnya mahasiswa klo yang gratisan itu cepet pada tahu ya?

    Bertambah lagi pengetahuan karena sarapan di “dewa”nya per internetan Indonesia πŸ™‚

  7. Saya gak nyadar tyt jd key influencer jg.Saya getol mengenalkan internet pake Operamini(browser hp),IM3(gprs yg murah),nokia6600(hp dg midp2&symbian trmurah) dan google.
    Byk yg akhirnya pake IM3 atau beli n6600.
    Byk tmn(guru,petani/peternak,pe-bengkel,pedagang,ustad)yg akhirnya kenal internet pdhl pake komputer aj gk bs.(bahkan ada yg mengeja google dgn “joojle” ato website dg “wetseb” πŸ˜€ )

    saya jg gak dibayar siapapun,seneng berbagi aja

  8. wah harusnya axis kasih bonus nih buat pak BR, gratis internet selamat 24 jam 30 hari 12 bulan. khan udah jadi key influencer πŸ™‚

    atau jadi model iklan axis aja sekalian ? hehehe
    lumayan pak gak cuma jadi model foto, bisa jadi model iklan juga. hehehehe

  9. di jawa, itu disebut getok-tular, pak..
    [lalu ada pakar marketing yang sok keminggris menyebutnya: word of mouth]

    setelah pake axis, saya juga puas terutama untuk telepon cepat nyambung, suara jernih, dan tarif murah..

    tapi kalo dipake internetan, warnet paling lemot se-surabaya-pun masih kalah lemot dibanding axis ini

    untuk internet, im-3 tetep yang terbaik menurut saya. telkomsel flash aja masih kalah [test pake speedtest.net]

  10. saya malah membaca tulisan tentang hal ini berjudul “nabi dan teroris”, yang disebut nabi ini ya yang seperti pak budi lakukan, dia akan membertahukan yang baik2 dari sebuah produk sementara yang teroris kebalikannya. Nah seringkali si teroris ini memberitakan hal buruk kepada minimal 10 orang, sementara sang nabi paling hanya 5 orang.. ya yang buruk2 memang lebih cepat beredarnya hehehe. nah disinilah peran pemasaran agar tidak mencipatakan teroris-teroris baru yang akan merugikan perusahaan.
    Kayaknya Pak Budi jadi “nabinya” axis nih hehehe

  11. [a]Entah kenapa, saya tertarik untuk membeli perdananya. Jangan ditanyakan alasannya[/a]

    ..aja deh, mungkin karena SPG nya cantik Pak, nah karena Pak BR udah terlanjur ngelirik2, tanggung malu jadi sekalian aja beli perdananya..

  12. @saya nebak …
    kalau alasannya adalah SPG-nya cantik, udah banyak beli perdana dong. he he he. kan setiap stand dan setiap acara SPGnya cantik-cantik. lagian saya belinya sama istri dan anak (bertiga). jadi jelas bukan karena itu.

    dugaan saya sementara ini … adalah karena ditawari internet 100MB itu. Rp 6000 dapat 100MB? whuah … what a deal. meskipun akhirnya belum saya pakai secara efektif juga (karena hape saya agak gak cocok untuk itu). mau beli blackberry ah. terus dipasangi kartu axis. gimana?

  13. coba jadi Key Influencer juga ah..
    Gini loh kawan2. Kalo mei dah berakhir. Nanti ngenet pake axis kan gak gratis lagi. Jadi Rp 1/kb, sama dengan m3.
    Nah kalo dah gitu mending ganti m3 aja. Karena lebih cepet, sesuai dengan yang dikatakan deteksi (#17).

    Gitu loh. Eh btw, bwt Adjie (#20): saya ini nabi atau teroris ya… Ha ha ha [kayaknya saya jadi teroris bagi Axis dan pada saat yang sama saya jadi nabi bagi m3.. he he.. boleh juga lah…]

  14. @pramudyaputrautama, … jadi model iklan? ha ha ha. gak lah. tapi tahu gak, gara-gara pose duduk di atas kloset (di WC) yang di koran tempo itu tiba-tiba saya dapat tawaran untuk jadi bintang iklan sebuah produk kamar mandi. (kawan saya menawari itu.) ha ha ha. kontan saya tolak. hi hi hi. emangnya apaan.

    @yang lain … konsep key influencer itu (1) tidak ada hubungannya dengan orang terkenal atau tidak; (2) kayaknya bukan sesuatu yang dipelajari. itu terjadi dengan demikian saja.

    begini.i anda bisa jadi hanya seorang pegawai biasa (office boy, misalnya) tetapi bisa saja anda merupakan seorang key influencer. jadi itu tidak ada hubungan antara terkenal dengan tidak. demikian pula (dalam pandangan saya) itu bukan sesuatu yang dipelajari. it just happened. saya pun tidak minta atau berusaha jadi key influencer. he he he. mau jadi key influencer atau gak kek, sebodo amat. he he he. itu sih urusan dari sang perusahaan yang bersangkutan. saya sih tetap sebagai saya saja.

  15. wah..wah…
    melihat cara pak BR mengomentari komentar…..
    udah bisa tuh jadi marketing manager-nya axis…
    he..hehh……

  16. Key influencer?? wah baru tau saya istilah ini. yang saya kenal waktu kuliah malah opinion leader. Orang2 seperti pak budi begini mah, kalau cerita suatu produk yang sudah digunakan, pasti orang2 jg jd berminat mau beli. Biasa deh pak, kalau produk nya bagus pasti kita bakal promosi ke yg lain juga. padahal g ada kaitan apa2 dgn perusahaan pembuat. tapi kalau udah dibeli, di coba dan jelek (g dapet value apa2) sudah pasti disebarkan juga deh. hehehe bener tuh nabi dan teroris. Bukannya blog juga disasar oleh perusahaan biar bisa jadi semacam key influencer atau opinion leader buat produk2nya. Soalnya jadi ingat para bloger senior yang diundang waktu promosi produk sebuah perusahaan. Atau istilah baru lagi Customer Evangelist, hehehe. (duhh, maaf pak budi kepanjangan)

  17. Sebenarnya ga usah diragukan lagi kalo Pak Budi itu bisa disebut key influencer utk bbrp hal … terumata soal urusan telekomunikasi beserta layanan dan security-nya πŸ™‚

    Oh ya pak bbrp jawaban bapak saya liat ada yg menyebut Blackberry. Bbrp bulan lalu sewaktu di saya ikut kuliah bapak, pernah saya ajak bapak diskusi ttg Blackberry karena kebetulan saya pemakai blackberry sudah sekitar setahun juga saya tertarik dengan keamanan yang diusungnya. Cuma waktu itu bapak keliatannya kurang tertarik.

    Apakah bapak skrg sdh berubah pikiran ingin memakainya?Kalo iya saya kpn kita bisa diskusi pak soal pengamanannya yang terkenal cukup canggih itu.

    Saya tunggu ya pak responnya. Makasih banyak pak πŸ™‚

  18. Sebetulnya sih sudah tahu lama tentang Blackberry dan sudah sempat dikasih pinjam, tetapi belum tertarik. Masalah waktu itu adalah mahalnya layanan tersebut. Sekarang tertarik Blackberry karena mau dipakai dengan kartu Axis. he he he. Rp 6000,- browsing terus.

  19. hehehe btw ada berita kabar burung yg tak jelas kalau axis punya setan.. kumaha atuh Pak Budi?

    tapi abis baca tulisan ini kok yah jd pengen nyoba yah? hmm tp hape na cuma 1 euy.

  20. Pak BR, mau browsing pake axis, beli aja HP GPRS yg murahan..

    Saya dah pake sejak promo 300MB/bulan (sebelum launching). Aneh nih, saya pake produk dari perusahaan saingan hehe

  21. Saya juga pake Axis! /* terpengaruh pak Budi */

    100 MB akhirnya abis juga (2 minggu lebih) dipake di rumah buat download email, chatting, browsing & download. /* beli perdana lagi ah … */ :mrgreen:

    Oh iya, saudara-saudara juga pada beli & pake Axis. Dipengaruhin di milis keluarga. πŸ˜†

  22. axis kan nama aslinya, NTS. Sinyalnya cuma ada di Bandung ama Surabaya. Tapi, promonya gila”an, contohnya:
    – beli pulsa 20 ribu, dapet 50 ribu!
    – bonus internet 300 mb / bulan

  23. Alhamdulillah … keamaren dah pakai AXIS … di Depok internetnya cepet banget. Secara kita mahasiswi yang udah terbiasa dengan chat and date … tentu saja AXIS sangat membantu. Jual tampang and sekalian browsing cari cowok cakep butuh waktu lama nongol di internet … so AXIS cukup membantu.

    Mudah-mudahan promosi nya di perpanjang…. πŸ™‚

  24. saya juga pengguna axis sejak NTS (old axis) menawarkan free 300mb/month (jd udah hampir setahunan), HP saya 3g, jd kecepatannya bener2 lumayan, sesekali buka youtube mantab bgt kyk nonton tv (gak kyk diwnet), tp sayang sekali, skrg ini di surabaya koneksinya sering down 😦

  25. makin ngiri …
    AXIS … buruan donk … kapan bikin lapak di Palembang, ntar keburu abis tuch promonya … dari 300Mb turun ke 100Mb nyampe ke Palembang malah dah lemes duluan !

  26. yang sabar ja mas BRo, kitakan makhluk soksial eh maaf sosial(dah kadung diketik males ngapusnya). Keep calm,jngan sampe kebobolan.pa hubungannya?????????

  27. hemmm, sekedar sharing…
    temen saya nyobain kebetulan sempat beberapa hari bisa 3G sampe 30an KBps.(daerah cigadung, bandung) bangganya dia….
    sampe ngejek provider cdma sy. (kebetulan sy langganan inet yg 99rb/GB itu loh)
    tp ternyata 3G nya cuma beberapa hari aja.
    selanjutnya, malah lemot nya yg keluar.
    lemotnya ampun deh!
    GPRS class 1!!!!
    keselnya sampe ke ubun – ubun

  28. Pak Budi, salam jumpa lagi pak …

    Gimana dengan duet Axis dan BB-na pak? Msh lancar?
    Kalo di tmpt saya Axis-nya sdh mulai melambat pak … biasalah kasus umum … lancar di awal program karena masih sedikit yang pake … lama-lama akhirnya lelet jg (mgkn krn yang pakai semakin banyak) …
    Ini terjadi juga dengan layanan inet yang disediakan provider 3. Promo yg begitu menarik 50 ribu utk 2GB, dibbrp bulan awal sangat lancar, tapi skrg sudah melambat juga … kasus klasik sptnya infrastruktur ga bs handle user yg nambah terus …

    Kpn rencana ke Jakarta pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s