Biaya Maintenance Software

Dalam sebuah diskusi mengenai biaya pengadaan software, ada satu pertanyaan yang sering muncul yaitu biaya maintenance software. Berapa besarnya?

Secara teori, ini susah dihitung. Untuk itu saya meminta pendapat dan pengalaman rekan-rekan mengenai biaya maintenance software ini. (Ala family 100? hi hi hi.)

Untuk sementara ini hasil informal polling menunjukkan bahwa biaya maintenance software berkisar 10% sampai dengan 20% dari harga software, dengan kecenderungan di angka 10%. Apakah ini sama dengan kondisi di tempat Anda?

Iklan

19 pemikiran pada “Biaya Maintenance Software

  1. Pak Budi, dari hasil statistik, katanya biaya maintenance software itu bisa mencapai 80%. Ini dihitung dari total cost, mulai dari software tersebut dibuat hingga software tersebut tidak digunakan lagi (retired). Menurut saya masuk akal, karena software itu selalu berubah di sepanjang hidupnya…

  2. Untuk fixed cost maintenance saya biasa matok harga di kisaran 20-30% pak.. Tapi lebih banyak di angka 20%..
    Ada juga yang pake sistem mandays untuk maintenance..
    Kita buat total untuk jangka waktu tertentu..
    Bisa lebih menguntungkan dari sisi customer & developer jika total mandays di manfaatkan dengan baik sesuai perjanjian tentunya..

  3. Ada hitungannya yg berdasarkan man-days. Untuk SLA maintenance yg disetujui disepakatilah harga per man-day-nya dan akan di kontrak sebanyak brp man-days per tahun.

    Jika dalam kotrak berjalan ada change request thd software, biasanya ada negoisasi berapa man-days yg dibutuhkan utk mengerjakan CR tsb. Jumlah man-days utk CR tsb akan dipotong dari man-days kontrak awal, sehingga bisa terjadi sebelum masa kontrak berakhir, jumlah man-days udah habis duluan. Jika ini terjadi maka client harus men-top-up man-days maintenance lagi jika maintenance masih mau dilanjutkan.

    Kira-kira begitu pengalaman saya.

  4. langsung aza:

    ada 2 kondisi maintenance software .
    1. selama batas maintenace awal project
    2. kondisi setelah maintenance awal habis

    buat yg #1 kayaknya kebykan org pd ngambil 15-30% doang, standarnya sih 20% gt krn 80% itu diitung buat ngesurpei+ngeanalisis+ngedesain+ngedepelop+ngetraning+ngeimple+ngedokumentasiin. kalo diatas 30% itumah itung2an diluar batas tanggungjawab sy πŸ™‚ hiii…hiii…ini agak murah soalnya kita tau batasan kerjaannya,lah wong kita yg ngerjainnya.

    truuuss #2nya kayaknya tergantung. soale selama ini, kadang maintenance teh diartiin macem2,kdg memperbaiki nu error, kdg jg malah inta ngebuat modul2 nu lain…:) ini dia itungannya gmn sulit gaknya trus yambung2 sama lainnya gak? bisa ajah malah ngerambat ke hardware ato kena virusss ato rusaknya data2 nah berabe kan? nah yg ini ada enaknya ada gaknya. enaknya, ada kerjaan lg, gaknya yah nilainya kecil tp kerjaannya wooooow…lier 😦
    tp gpp ngasih murah asal berlanjut teruuuuus. maslahanya kepercayaan+loyalitas itu point lebihnya. tul gak om? gubrak dech, emang gotong royong…haaa..haaa….:))

    sori om, ini teh jwban ngaraaaang doang. bisa bener bisa betul πŸ™‚

    ok dech, kalo om dpt jawaban nu alus kabari aku yach,palagi kalo dikabarinya di starbuck bakal sip bgt tuh om…:) lumayan om bisa dpt pahala. punten.

  5. So far….. 0%
    Believe it or not, it’s DMR

    Free training
    Free delivery
    Free support
    Free update
    Free maintenance *)

    *) = paling tinggi 10%, itupun untuk menutupi transportasi+akomodasi

  6. Logikanya sih cukup mahal, sekitar 30-40 %. Hal ini terbukti dari besarnya biaya untuk training para IT dan pendapatan yang mereka peroleh juga cukup besar. Jadi, cukup wajar jika harga maintenance software tersebut hampir mencapai 50% harga softwarenya.

  7. 15 – 30 % , itu rata – rata cost maintenance yang pernah saya dengar ( & saya kerjakan). Dengan scope debugging dan software checking minimal sekali dalam sebulan.
    Dan kalau CR(Change Request) bisa dibilang diluar maintenance dan biasanya dihitung per mandays, kecuali Code Improvement, itu tergantung persetujuan.

  8. Menurut saya tergantung softwarenya. Kl softwarenya udah canggih, so biaya maintenancenya bisa murah tp biaya bikinnya software yg mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s