Konversi Bilangan: Biner, Desimal, Heksadesimal

Saya sedang mengajar kuliah tentang teknologi informasi untuk mahasiswa non-IT (jurusan Farmasi tepatnya). Nah, minggu lalu saya mengajar konversi bilangan dari desimal ke biner dan heksadesimal. Kemarin saya beri quiz dadakan. Ternyata dari seluruh kelas hanya satu orang yang bisa menjawab dengan tepat.

Arrrggghhh… Artinya penjelasan saya sebelumnya tidak dapat dimengerti. Berarti saya ngajarnya kurang baik. Harus diperbaiki!

Sekarang saya mencari cara menjelaskan konversi bilangan yang lebih baik; dalam format teks, gambar, ataupun animasi. Lebih bagus lagi adalah kalau penjelasan ini bisa dibaca sendiri oleh sang mahasiswa di rumahnya (misalnya animasi di komputer). Penjelasan kalau bisa dalam bahasa Inggris (kayaknya malah gampang carinya di Internet ya?) karena kelas saya ini kelas internasional yang isinya mahasiswa Malaysia.

Ada yang punya saran?

Iklan

80 pemikiran pada “Konversi Bilangan: Biner, Desimal, Heksadesimal

  1. smangat pak.. pasti bisa. =)
    mungkin bapak kbiasaan ngajar anak2 EL ama IF aja, jadi anggepannya uda ngerti dasar2nya. mesti ngajar dari dasar banget mungkin kalo buat anak farmasi?? coba pahami cara mereka berpikir dan berhitung pak. =)

  2. SENInya mengajar, sabar.. 3x. Jangan emosi ๐Ÿ™‚

    Mungkin baginya ilmu ini tidak penting (terapan). Hingga berlalu sj, masuk dari telinga kiri keluar ke telinga kanan.
    Beri saja latihan (LKM / lembar kerja mahasiswa) yang buanyak. Biar jadi teman ngabuburit puasa. hi hi hi…

  3. Di Indonesia, kita sudah dicekoki ini sejak SD sih. Bilangan dasar 2, dasar 3, dasar 4, dasar 5. Hidih. Dasar 16 memang belum sih, waktu SD :D. Malaysia harus diupgrade nih.

  4. Saya waktu di SD diajarkan bilangan berbasis selain 10, bahkan sampe SMA pun, cuma sekedar mengikuti aturan, tidak benar2 mengerti aplikasinya di mana.

    Sekarang setelah menggeluti programming dan bidang computer baru melihat betapa powerful dan fundamentalnya konsep binary, hexadecimal, dan bahkan octal juga.

    Seandainya dulu saya tau kalo berguna banget pasti saya lebih semangat belajarnya. Untung konsepnya masih mudah dimengerti.

    Yang saya menyesal seperti ini juga adalah Artificial Intelligence, ternyata aplikasinya banyak sekali dan yang benar2 menggunakan secara optimal dan tepat itu jarang (kebanyakan memaksakan solusi non-AI untuk menyelesaikan masalah yg mudah/cocok diselesaikan dengan AI).

    Kalo saya memahami konsep bilangan berbasis selain sepuluh itu dengan membayangkan counter digital (seperti jam digital), tetapi digitnya tidak dari 0 sampe 9, lalu disuruh menghitung mulai dari 0 sampe 100 (misalnya), dan saya harus menampilkannya di sana. Cara lain bisa dengan membayangkan kalo punya jari tidak 10 dan disuruh menghitung dari 0 sampe 100.

    Kalo konsep itu udah paham barulah diajari shortcut2 untuk mengkonversi secara cepat. Kalo gak percuma, cuma tau rumus doang tanpa pemahaman.

  5. Mungkin karena ngajarnya terlalu cepat Ooom, makanya banyak yang tidak mengerti. ๐Ÿ˜€ Siswa (atau mahasiswa) memiliki kemampuan yang beragam (ada yang daya tangkapnya cepat, sedang, ada juga yang lamban). ๐Ÿ˜€

    Yang perlu diingat dalam mengajar adalah bahwa, kemampuan mereka tidak sama dengan kemampuan kita sebagai pengajar (guru, dosen, etc). Kita sebagai pengajar (sudah mempunyai pengalaman belajar lebih dulu dari mereka), sedangkan mereka (barangkali) baru belajar, baru bertemu dengan hal-hal baru yang mereka terima saat belajar di perkuliahan. Dengan perkataan lain, kita sebagai pengajar perlu menenempatkan diri pada posisi siswa (atau mahasiswa). Barangkali, kita juga dulu, saat menjadi mahasiswa (siswa) juga mengalami hal serupa. :mrgreen: ๐Ÿ˜€

    **duh barusan saya ngomong apa ya? Maaf Oom kalau ada perkataan yang kurang berkenan :mrgreen: **

  6. coba cari-cari pentingnya konversi bilangan bagi farmasi.
    jangan-jangan memang gak ada perlunya?
    atau sangat perlu?

    siapa yang sudah kuat “why” maka akan lebih mudah “how”, kata filosof.

  7. Buku pelajaran SMA dan SMP.. kalau gak salah kelas 2.
    Memang harus kembali ke pemahaman tentang bilangan kalau mengajarkan tentang biner dan heksa.

    Misalnya

    1027 = 1 ribuan + 0 ratusan + 2 puluhan + 7 satuan = 1 (10^3) + 0 (10^2) + 2(10^1) + 7 (10^1)

    kalau sudah paham dasarnya, abis itu mestinya baru konversinya. Seingatku ada beberapa cara dari cara standar, cara cepat, atau cara mengingat.

    (oh.. maaf baru menyadari bahwa targetnya orang Malaysia.. tetapi terlalu malas mengedit baris paling atas.. hehehe)

  8. Hahaha, orang farmasi dicekokin materi itu juga ya? Pantas ndak nempel…

    (Super mudah bagi yang lain, boleh jadi merupakan super sulit untuk yang lainnya)

  9. baru saja saya scan dengan kekuatan paranormal yang saya miliki. sudah bagus.

  10. Jujur Pak, saya juga pernah dikasih kuliah itu tapi saya ga berhasil mengerti dengan baik. Kalau berhasil sharing disini alangkah baiknya, karena saya merasa berdosa tak berhasil menguasainya.

  11. Pake aja metode cepat, tanpa perlu menjelaskan detail satu persatu, dan kasih contoh palikasinya..

    mudah2an berhasil..

  12. sepakat sama #21, perasaan saya jarang nemu dosen (indonesia) yg menyalahkan diri sendiri

    maaf pak, numpang nge-junk aja ga ngasi solusi ;))

  13. Saya belum diajari biner karena masih semester 1. Tapi saya yakin bukan mahasiswanya yang bodoh. Soalnya yang namanya mahasiswa, apalagi di tempat pak Rahard ngajar, pasti pandai. Mungkin cuma kurang konsentrasi saja.

    BTW, boleh minta modul Pengantar Teknologi Informasi nggak, pak? Kalau boleh via e-mail saja. Buat referensi ngerjakan tugas, tapi saya ndak punya bukunya.

  14. Konversi bilangan ya, Pak?
    Hem.. sejauh ini sih (semester ini ada ding).. untuk macam2 karakter mhs/i yg pernah di-handling.. cara konversi “primitif” (cara yg sy kenal di zaman masih SMP dulu kala..) masih ampuh & sebenarnya modal spidol & whiteboard jg masih ampuh (meski mgkn ga terlalu keren)

    Kuncinya cuma.. sabar & atur kecepatan.. ^_^ (Ya itu tadi.. karena orang beda2 kecepatan pemahamannya.. blm lagi ini beda kultur kan ya..)

    Kadang2 karena tidak sadar akibat terlalu biasa, manusia itu sering lupa ๐Ÿ™‚ –> ini berlaku sebagai rambu u/ setting kecepatan di atas tadi..

  15. โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„
    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„
    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„
    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita liat nich blog. keren abiss!

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawab.blogspot.com/

    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„
    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„
    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„
    โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„โ–€โ–„

  16. *ubek-ubek harddisk eksternal*

    … Ifah masih punya bahan belajar untuk RS dulu, yang bagian konversi bilangan biner, oktal, desimal, heksadesimal.

    Bapak mau?

  17. Saya kalo mengajar mahasiswa di kelas tentang konversi bilangan saya menggunakan Excel pak…
    And kalo buat pembanding saya buat program sendiri dengan menggunakan Pascal/Delphi…
    mau program saya pak?

  18. Saya ingat membaca buku “Cerdas Jenaka Cara Nobelis Fisika”. Sebuah cerita tentang jenius Fisika, Richard Feynman. Beliau pernah mengkritik buku-buku matematika SD yang mengajarkan cara mengonversi bilangan biner ke desimal dan sebaliknya. Bahkan di buku pelajaran itu juga diajarkan cara mengonversi dari satu basis bilangan ke bilangan lain. Nah, Feynman mencibir materi ini. Tak ada relevansinya sama sekali dengan kehidupan. Jangan ajarkan matematika secara teoretis. Ajarkan matematika yang berkaitan dengan kehidupan. Seorang anak cukup tahu aritmatika desimal. Jika dia tertarik dengan basis bilangan lain, silahkan dia pelajari sendiri.

    Intinya, ajarkan sesuatu yang relevan. Tentu saja bagi orang elektro, bilangan basis 2 itu relevan. Tapi untuk orang farmasi?

  19. Kalau orang Telkom bilang : Karena mahasiswanya dari Malaysia dan bukan dari Indonesia, maka Ilmunya harus di Combo dulu pak.

  20. Sebagai orang yang pernah diajarin tentang bilangan biner, alhamdulillah saya merasa cukup beruntung dengan cara dosen saya mengajar dulu.
    Kalo untuk saya, kuncinya adalah: sistematis.

    Jadi, “nyebrang” dari konsep bilangan ke teknis konversinya lebih bisa dimengerti (terbayang) sama mahasiswa. Dirunut step per step karena kadang masalah konversi gini suka ngerti-ngert-ngga. Nangkep konsepnya, tapi pas teknis bingung lagi.

  21. pak,saya anak IT di binus semester pertama,kemaren waktu pelajaran algoritma,dan dosennya nerangin tentang konversi bilangan dari biner,desimal,oktal dan heksa desimal banyak banget yang g tau pak,paling yang mereka tau cuma biner aja,saya kan dari stm sedangkan yang lain nya kebanyakan dari IPA.kayanya yang dari jurusan ipa ga di ajarin de pak,jadi ya dosennya musti ngajarin dari awal…

  22. iy baik amat ini dosen…. ampe nyari2 di internet sgala….
    mantab2…..semangat….
    klo ga bs jg…. emang anak2 nya aj yg malez…digalakin aj…

  23. klo menurut saya ada baiknya sebelu mengajar mahasiswa diberikan pre-test dulu, jadi setidaknya kita mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.

  24. weh salut dech buat bp.

    itusih siswanya aja aja pa pada ngutak ngutik angka.
    coba aja selidiki pak ada bandarnya ga di sekitar situ :))

    canda deng

  25. jika kita mengajar kurang di mengajar ada hal yang mesti di pahami tentang murid yang anda ajari yang terpenting daya tarik anda dan gay bahasa yang mudah di pahami,, see you nexz

  26. Pak dosen, mohon bantuan nya donk untuk script convert heksadesimal ke desimal…

    Butuh buat bahan ujian nih…

    Tengkiu..

  27. sy dah ngerti mslh itu tp knpa semua orng tdk bisa ngerti
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. wah..nih mata kuliah ku… yg aku paling kurang paham memang… tp aku ga paham karena dosennya kurang begitu bagus jelasinnya….

    1 langkah pasti harus banyak kasih contoh mungkin Mas ๐Ÿ˜›

  29. waahh… dari SMK saya sudah belajar sistem bilangan. cukup mengerti. bisa mengerjakan. tapi kurang tau aplikasinya di mana. baru setelah kuliah (sekarang masih semester1 sih) dijelaskan aplikasinya.

    ditanya oleh orang non-IT tentang sistem bilangan. banyak yang belum saya ketahui. gengsi dong masa anak IT gak tau?? akhirnya saya berusaha cari tahu sendiri.

    dari sanalah saya mulai paham soal sistem bilangan.

    jadi… semangat pak!! jelaskan lebih detail kegunaan sistem bilangan, aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. ^^

  30. Bang………… bs mnt bwt program konvesi dgn delphi 7 y…… * konversi biner ke desimal * konversi biner ke oktal * konversi biner ke hexadesimal * konversi desimal ke biner * konversi desimal ke oktal * konversi desimal ke hexadesimal * konversi oktal ke biner * konversi oktal ke desimal * konversi oktal ke hexadesimal * konversi hexadesimal ke biner * konversi hexadesimal ke oktal * konversi hexadesimal ke desimal bang, mohon petunjuknya ya……. thks. klo bs mnt bntu d krim d emalq bidal_araujo24@yahoo.co.id

  31. Ada buku lokal yg cukup baik karangan Wasito,judulnya kalau tdk salah Elektronika denyut (digital electronic). entah masih ada apa tidak.

  32. Kalo saya sih,pngen pnjlasan yang lbih detil lagi..
    melebihi yg telah diajarkan oleh guru saya..
    Karna bilangan ini gampang2 susah ๐Ÿ™‚

  33. bisa bantu tdk konversikan bilangan ini ke biner

    7036

    thanks sblumnya atas jawabannya…
    law bisa jawabannya di kirim ke email sya yah>>>

  34. Sedikit berbagi Pak, karena masukan dari teman2 yang lain juga bagus2. Mungkin tidak cuma terkait metode atau teknik mengajarnya Pak, tapi juga pada menajemennya. Penting sekali untuk memberikan kesimpulan dan evaluasi di akhir pengajaran supaya kita yakin bahwa TIK-nya tercapai ๐Ÿ™‚ Ramadhan kemarin kebetulan saya juga ngajar materi ini kepada bapak2 (setengah baya) malah, yang saya lakukan adalah memberikan latihan satu2 khususnya untuk yang belum paham ๐Ÿ˜€

  35. konversi dari oktal ke desimal? tinggal kalikan setiap koefisien dengan 8 pangkat. Lakukan dari kanan ke kiri. Jadi kalau ada: (123)8 … maka desimalnya adalah:

    1*8^2 + 2*8^1 + 3*8^0

    dimana “^” merupakan pangkat. Jadi …
    1*64 + 2*8 + 3*1

  36. kalau program pascal yang menu, misal
    menu
    1. biner
    2. oktal
    3. desimal
    4.hexadesimal
    5. keluar
    didalam menu 1. biner
    outputnya oktal =
    desimal=
    hexadesiamal=
    begitu pula 2. oktal
    outputnya biner=
    desimal=
    hexadesimal=
    dan selanjutnya seperti itu.
    itu bagaimana ya?

  37. saya juga ngajar konversi bilangan untuk anak SMK. tips yg saya lakukan, saya membuat suasana kelas kembali ke bangku SD kelas 1. bisa belajar basis 10, lalu mulai dengan latihan biner, latian yg banyak, kl ada yg gak gagal temennya langsung ngeledek “ah masak kalah ama anak kelas 1 SD?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s