Temperatur Prosesor dan Motherboard?

Baru saja komputer saya ngadat. Tiba-tiba dia mati. Saya bongkar tidak ada yang aneh. Dugaan saya CPUnya kepanasan.

Saya pasang Asus Probe (motherboard saya dari ASUS) dan saya lihat temperatur prosesornya adalah 72 derajat selsius. (Dari 66 sampai 72 derajat.) Apakah ini normal? Sebetulnya temperatur yang optimal untuk prosesor ini berapa ya?

Saya perhatikan kipas (fan) di atas prosesor berputar. Mestinya kan dia sudah berfungsi mendisipasikan panas dengan baik. Wong tidak ada perubahan di komputer ini. Dugaan saya debu membuat sirkulasi udaranya jadi tidak baik ya?

Apa yang sebaiknya saya lakukan? Ganti fan prosesor? Casing ditambah fan (sekarang belum ada)? Buka casing? Ganti power supply (mungkin itu juga gara-garanya)? Atau apa? Saran dong.

Kalau temperatur motherboardnya sih “dingin”, yaitu 45 derajat selsius. Ini normal kan?

Iklan

26 pemikiran pada “Temperatur Prosesor dan Motherboard?

  1. Kelihatannya kepanasan Pak. Mungkin di bois-nya (sok teu mode) diset shutdown kalo lebih dari suhu tertentu.

    Kalo tempat saya se (nyala semingguan) nggak nyampe 50’C.
    Biasanya se dibersihkan debunya pake kwas (karena bisa masuk ke sela-sela pendingin) 😀
    Kalo tetep ga ngaruh, mungkin uda harus ganti kipas :-p

  2. Maaf ikut komentar…, kalau saya lihat tandanya dulu..

    1. Hang tanpa respon Keyboard+mouse (cek dengan tekan numlock bolak+balik), cursor diam berartti agp, atau bagian penampil gambar (pcie or agp).

    2. Bluedeath (layar biru) dengan kode hexa biasanya RAM.

    3. Bunyi tiiit, tiiit, tiiit, biasanya Ram mati, slot kotor, berjelaga.

    4. Bunyi Tiiiiit, tit, tit, bagian agp mati, slot kotor, atau berjelaga.

    5. Bunyi kereta lewat, nging, ngong, nging, ngong biasanya bios, prosessor mati (kalo intel jarang).

    6. Error karena panas, karet pendingin tidak kontak dengan chip prosessor, biasanya ada cairan pasta putih yang mengering. saya lebih suka saya amplas alumunium pendingin sampai bersih supaya kontak mulus.

    7. Sd 6 cuma yang salah detektor panasnya Mb, biasanya termistor dekat soket.

    8. Konektor PSupplay berjelaga. Efek dari koneksi yang gak fixed.

    9. MBoard Melengkung karena tekanan casing, lepas semua coba diluar casing.

    10. Merk itu kadang error kb+msnya, coba bapak sertakan seri MB ASUSnya dan Serinya.

    itu dulu ya…maaf menggurui

  3. Ya, biasanya kalau temperatur sudah mencapai 70 C, banyak prosesor akan hang.

    Solusinya mudah, cukup membersihkan debu di heat sink-nya prosesor.
    Maka nanti temperaturnya akan turun kembali.

  4. Ya, banyak prosesor akan hang pada suhu 70 C ke atas.

    Solusinya mudah – cukup bersihkan debu di heat sinknya prosesor.

    Maka kemudian temperaturnya akan normal kembali.

  5. kalau mac saya intel-nya berkisar 50-60 derajat celcius.

    kalau sampe 70 hanya untuk operasi yang berat2x dan setelah itu turun lagi

  6. Pengalaman saya, ± seperti rochmatsalim yg point ke 6 :

    “Error karena panas, karet pendingin tidak kontak dengan chip prosessor, biasanya ada cairan pasta putih yang mengering. saya lebih suka saya amplas alumunium pendingin sampai bersih supaya kontak mulus.”

    kemungkinan ada short antara heatsink & chip prosesor. solusinya bersihkan thermal pasta dari hetsink/ chip processor, setelah itu pasang lagi dengan thermal pasta.

    semoga berhasil pak’!

  7. bbrp kali pernah ngalamin seperti itu, biasanya saya langsung bongkar dan bersihin dari debu, terutama heatsink… selama ini sih manjur 🙂

  8. Kepanasan prosesornya Pak. Bisa karena debu menumpuk di heatsink atau pasta heatsink sudah kering.

    Kalau debu disedot pakai penyedot debu saja atau dicopot lalu dihembus angin dengan kuat (dapat dilakukan di bengkel yang ada kompressornya ;_)).
    Kalau pasta mengering, copot heatsink bersihkan sisa pasta yang mengering di HSF dan prosessor terus olesi lagi dengan pasta setipis mungkin. Rakit kembali.

    Suhu proc saya (applebred 1800) sekitar 35-40 derajat C kalau saat kompile kernel.

  9. Tadi komputer saya dibongkar dan dibersihkan heatsink prosesor. Dipasang kembali. Dan sekarang temperaturnya sekitar 54-57 derajat selsius. Ternyata … memang debu yang bikin dia panas.

    Terima kasih atas saran-sarannya.

  10. wah panas banget pak. punya saya biasanya 38-45 drajat saja. itu suhu prosesornya, kalau core-nya katanya 18-30 drajat saja (percaya nggak percaya juga sih). saya pakai AMD (yang katanya lebih panas dari intel). jadi untuk intel, normalnya berapa?

  11. Komputer saya 65 pak. Itu juga kalau udah dimainin game berat atau rendering sering hang. Yap.. emang debu musuh utama.

    Klo saya biasanya ga mau pake dihembusin kipas angin kamar kaya sering dilakukan orang-orang. Debunya malah tambah banyak.

  12. kebetulan saya juga pernah ngalamin pak n motherboard yg saya pakai juga kebetulan asus, serinya P5S800-VM (klo ga salah). saya ngalamin overheat waktu baru beri komputer itu, suhunya sampai 70 derajat celcius. tiba-tiba komputer mati begitu aja, dan waktu mau saya teken lagi tombol powernya tetep ga mau hidup. karena masih garansi CPU komputer saya bawa ke tempat dimana saya beli. Setelah diperbaiki beberapa hari alasan dari toko itu bios motherboard saya belum di update karena, sirkulasi fannya ga benar, seharusnya jgn semuanya mengarah ke dalam CPU, beberapa fan harus mengarah keluar supaya udara panasnya bisa keluar. Dia juga bilang saya beruntung pakai motherboard tipe itu karena waktu bios mengidentikasi gejala overheat cpu langsung dimatikan secara otomatis, sedangka tipe2 dulu ngalamin overheat cpu-nya ga langsung mati, tapi masih jalan sampai akhirnya mati karena salah satu komponennya meleleh.

  13. @aypermana
    selamat, anda di bohongi, banyak sekali kios2 komputer yang seperti itu, selalu saja beralasan supaya mereka nampak hebat

    tangapan 1, jika komputer anda produk buatan tahun baru, dan high middle end class sampe economy class, nggak mungkin bios nya belon ter-update, biasanya sudah instan, dan bisa langsung di pakai, repot lah nanti usernya, apalagi di indo kan nggak mudah, atau nggak banyak yang tahu soal gitu2an. (saya sudah test ABIT for intel harga 1,7jt, tetep bisa kok, tanpa update bios nya)

    tanggapan ke 2, saya pernah mengalami seperti itu, konsumen saya beli gygabyte, dia pasang PIN untuk penyangga MoBo kebanyakan, jadi ada PIN yang tidak perlu di baut, ikut di pasang, alhasil dia jadi penghantar listrik yang lumayan, so, CPU nggak hidup, di bawa ke t4 saya, saya bongkar lagi, ternyata langsung ketemu… hati2 buat yang sering merakit sendiri, spandai2nya tupai melompat pasti bisa jatuh juga

    @budiraharjo
    panas nya kelewatan pak, selama ini saya urus AMD atau INTEL nggak pernah sampai seperti itu, banyak hal yang bisa di lihat dalam kasus anda : mungkin kipas headsink nya udah harus diganti (kebetulan produk dari iNTEL CELERON CORE 1,6 GHz yang sering rusak HS nya,seperti cacat pabrik), pasta (jangan kebanyakan juga, dikit aja kasihnya), PSU juga bisa tuh, kelistrikan di rumah..

    masalah baru yang saya temui terakhir dan belum ketemu penyebabnya,

    saya pakai vista, di experient point, Proc saya di nilai 3,4
    lalu setelah listrik mati, PSU jebol, nampak nya nilai turun jadi 2,1 (drastis sekali) dan sering sekali LAg, sekarang PSU saya ganti mentari (400watt tadinya SIMbada 380watt) ada yang bisa bantu?? email ke saya please (diozmahardhika@gmail.com) <==walah jadi nimbrung, maaf TS :))

    makasih semua

  14. Lah … kok pada kecil2 yah?
    punya saya malah baru startup aja udah 70-an. maen game bentaran aja udah naek jadi 100 dan ga lama setelah itu auto-power off oleh bios. apa laptop beda yah dibandingin ama desktop? saya pake Turion64 X2, TL-52 dan pengukuran suhu pake PC Wizard 2008. Baru satu bulanan begini. sebelumnya fine2 ajah….

    knp yah? sempat kepikiran yg aneh2 … bikin semacem radiator yang panasnya dialirin ke bak penampungan air biar jadi water heater XD~

  15. ehmm……,
    dari saya menyampaikan bahwa kemungkinan prosesor memanas itu karena pasta yang berada di balik pendingin pada kipas prosesor sudah mengeras.

    karena komputer saya juga demikian..
    sampai tidak kuat untuk me Re-boot., karena saking panasnya…,

  16. up…setuju…processor kepanasan bisa membuat komputer nggak stabil alias sering ngehank. saya pernah mengalami waktu pake P4 2,00 Ghz mainboard ECS. dulunya komputer nggak apa2 tau2 sering hank. saya kirain memory ada masalah. akhirnya memory 2gb saya pangkas jadi 1 gb. tetep aja nggak ngaruh. nggak punya pikiran kalau prosesor overheating, saya coba buka prosesor, saya bersihkan pake kuas terus termalnya yg sudah kering bersihin lagi dan kasih yang baru.tada……normal lagi tuch processor. sekarang saya pake dual core 1,8 ghz mau di OC. cuma masalahnya takut panas….ya mending standar aja lah. yang penting kerjaan grafis tidak terganggu

  17. saya pakai intel celeron 3.0 Mb foxcont, tapi tiap saya nyalain paling nanti 5 menit hank, kalau temperatur normal boz.. Sktr 38-48 nan. Soket dah tak bersihin, ram tak ganti baru trus ps jg baru. Tlg solusinya apanya ya bos yg rusak. Krm ke email q.

  18. saya pakai intel celeron 3.0 Mb foxcont, tapi tiap saya nyalain paling nanti 5 menit hank, kalau temperatur normal boz.. Sktr 38-48 nan. Soket dah tak bersihin, ram tak ganti baru trus ps jg baru. Tlg solusinya apanya ya bos yg rusak. Krm ke email q. Arie_nugroho_85@yahoo.co.id

  19. kondisi barunya 35 derajat utk prosesor dan motherboard.
    klo sampe lebih dr 45/50 derajat brarti ada mslh dgn komponen IC dr hardware tsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s