Tag

, ,

Setelah ada kalkulator, apakah kita masih perlu belajar matematika seperti mencari akar dari sebuah bilangan?

Pertanyaan tersebut keluar dalam ujian yang diberikan kepada mahasiswa kami. Memang pelajaran matematika yang mendasar, seperti tambah-tambahan dan kali-kalian, penting. Tapi, apakah perlu sampai menghafal seperti dulu waktu saya kecil … di-drill:

2×1 = 2
2×2 = 4
2×3 = 6
… dst

Kan sudah ada kalkulator. Di handphone pun sudah ada kalkulator. Tinggal tekan angkanya saja kemudian akan keluar hasilnya. Belum lagi kita bisa menggunakan komputer untuk menghitung hal-hal yang lebih rumit.

Demikian pula untuk mencari akar sebuah bilangan. Apakah memang perlu kita kerjakan secara manual? Selain mungkin tidak teliti (salah) dia juga memboroskan waktu. Bukankah waktu yang terbuang tersebut bisa digunakan untuk mempelajari hal lain yang juga sama pentingnya (maksudnya bisa menambahkan ilmu yang lain atau mempelajari masalah matematika yang lebih dalam)? Mengapa kita tidak memanfaatkan teknologi yang sudah ada saat ini?

Contoh lain. Apakah ada yang masih menggunakan tabel log atau slide rule? Mungkin dengar istilah itu juga baru sekarang ya? ha ha ha.

Pertanyaan yang lebih jauh lagi, apakah (kemajuan) teknologi akan menghapuskan skill tertentu?

Bagaimana pendapat Anda?