Parkir: rem tangan dan/atau gigi?

Sekedar iseng dan gak penting, tetapi saya kok penasan.

Jika Anda memarkir mobil, apakah Anda:

  1. memasang rem tangan saja;
  2. memasukkan perseneleng (bahasanya ini lho, hi hi hi) ke gigi satu (atau gigi yang lain, hi hi hi);
  3. melakukan keduanya – pasang rem tangan dan masukkan perseneleng ke gigi.

Yang mana yang biasa Anda lakukan?

Yang repot itu kalau kita pinjam mobil ke orang yang memiliki kebiasaan berbeda (atau sebaliknya, meminjamkan mobil). Kadang kita terkaget-kaget dengan kondisi parkirnya.

24 pemikiran pada “Parkir: rem tangan dan/atau gigi?

  1. Kalau saya cuma memasang rem tangan pak, kecuali kalau kondisi tempat parkiragak miring baru saya pasang ke gigi 1.

    Tapi ada juga lho mobil yg rem tangan-nya ada di kaki kiri, jadi namanya bukan rem tangan lagi ya? … hehehe 🙂

  2. tergantung cuaca, eh… kondisi…
    kalau di mall kehabisan parkir ya terpaksa “malang” so ga di rem atau dipersenelengkan biar bisa Maju Mundur (seperti nama blog saya, hihihi) kalo ndak mobil sebelah ndak bisa out…
    kalo digunung biasanya di rem tangan plus masuk 1,2,3,4,5,6 atau mundur tergantung kondisi hati 😀

  3. wahh.. kalo buat saya kurang satu opsinya pak. Jadi saya pilih no.4 : pasang rem tangan, masukin perseneleng gigi ke 1, turun trus ambil batu aga besar trus taruh buat ganjel ban (hahaha) – maklum mobil tua

    salam kenal

  4. tergantung tukang parkirnya pak… suruh ‘netral’ pa gak… 🙂

    itu khan opsi kalo transmisinya manual pak. Kalo matic, mana bisa masuk gigi 1. :mrgreen:

  5. Rem Tangan dan Masuk gigi 2 😀
    tapi tidak di semua lokasi.

    Masuk gigi jika
    1. mobil kita diparkir dengan jarak dekat dengan mobil di depan atau di belakangnya
    2. di tanjakan atau turunan
    3. di lokasi yang mengharuskan masuk gigi

  6. Rem tangan doang, tapi tukang parkir kantor yg biasa markirin mobil saya selalu pake masukin gigi satu, dimana parkiran kantor saya miring.
    Bulan lalu pas buru2 mau nonton Extreme, saya langsung masuk mobil dan puter kunci kontak, alhasil mobil langsung loncat dan meluncur dgn sukses di turunan parkiran kantor, boro2 mikir rem tangan, karena panik saya langsung banting setir yg beratnya minta ampun karena mesin mati 🙂 untuk menghindari mercy tiger yg parkir di seberang jalan, sukses sih… tapi malah nabrak motor yg tiba2 dateng ke rumah depan kantor :(, hampir aja gak jadi nonton, untung bisa diselesaikan secara ketetanggaan, karena emang gak ada yg rusak…. so be aware for the next time 🙂

  7. gak dimasukin gigi manapun dan rem tangan bebas, karena disuruh tukang parkirnya gitu. Abis parkir di depan mobil orang, alias parkir mall lagi penuh 🙂

  8. Ikutan ah..kalau posisinya miring dibantu dengan persnelling, perseneleng,porsneling (ntah yg manalah yg benar), karena terutama jenis kijang sering kejadian mundur atau maju sendiri padahal sdh dipasang rem tangan, tapi hati2 hrs diingat bahwa persnelling lagi masuk sewaktu menghidupkan nanti. Salam kenal!

  9. Kalo saya sih nomor 1. Pasang rem tangan aja. Tapi kalo jalanannya menurun, dipasang batu. Trus kalo paralel berarti gigi netral. 😀

  10. kalau saya parkir biasanya netral pak,
    cuman kalau di garasi rumah walaupun sedikit menurun cukup rem tangan saja,takut kalau gigi dimasukin ntar kelupaan waktu start.
    tergantung kebiasaan saja pak , yg penting jgn pakai kaki.

  11. Bolehlah masukin gigi atau pake rem tangan,
    tapi yang lebih penting kunci jangan sampai tertinggal di dalam mobil, saat kita mengunci pintu mobil, bagi mobil yang ga pake central lock.

  12. rem tangan aja..

    dilarang tuh yang masukin gigi satu, bisa bikin kaget kalau tiba-tiba mobil loncat pas starter..

    kalo takut mobil ngeloyor parkir di tanjakan, ganjel ban aja pake batu ato kayu.. jadi siapin deh tu sebongkah batu ato sebilah kayu di dalam mobil *eh, jadi kayak kopaja/metromini/bis umum..hehehe*

  13. kalo aq c pakek rem tangan aja udah cukup.
    Kalo pas kondisi mobil miring ya masukin gigi 1 atau gigi 6 (tergantung miringnya ke depan atau ke belakang)

    Tapi kalo mobil mas2 tuh rem tangan-nya gak seeeettt alias blong, ya pakek gigi aja..heheh 😀

    Makanya dirawat baek2 yak..hihihiii..
    (Duitnya ituloh yg gak ada..)

  14. selamat siang

    ..bapak2 yg cakep2..mau tanya donk..

    garasi rumah saya itu miring (kira2 30 degree), poisi mobil kalau parkir, kepala masuk ke dalam (mbl saya sedan), yang ingin saya tanyakan:

    saya parkir selalu dgn rem tangan dalam kondisi bebas, hanya memakai gigi reverse (mundur), apakah ada pengaruhnya terhadap kondisi perseneling gigi, jika gigi mundur dimasukkan dan ditinggalkan dlm waktu yg lama (1 minggu)?

    krn saya lebih suka naik angkutan umum, mobil hanya untuk perjalanan jauh saja (hari sabtu, minggu)

    mohon penjelasan dari bapak-bapak yang saya pikir sudah sangat berpengalaman dlm hal ini.

    Terima kasih

    -Rossa-

  15. selalu inget SOP nyalain mobil

    goyangin tuas persneling, kalo masuk gigi, netralkan dulu.
    setelah itu baru masukin kunci, start mesin.

  16. kalau parkir di tempat rata cukup pake rem tangan, jika parkir di tempat agak miring boleh masuk gigi satu, kalau tempat sangat miring tambah ganjal di ban belakang, tapi hati-hati, sebelum stater mesin cek gigi dah netral belum dan ingat ganjalannya dah dilepas blum, takutnya malah ganggu pengemudi lainnya.

Tinggalkan Balasan

