Kreatif dan tidak kreatif

Saat ini sedang ramainya dibahas tentang “industri kreatif”. Saya sendiri tadinya merasa bahwa ini merupakan hal yang natural dan harus didukung. Tetapi kemudian ada pertanyaan, memangnya ada industri yang “tidak kreatif”? Halah. Benar juga ya? Nampaknya harus ada definisi yang lebih jelas mengenai yang dimaksud dengan “kreatif” di sini.

Pak Richard Mengko membuat sebuah tulisan mengenai rancunya definisi ini. (Sedang saya baca.) Sementara itu di lemari saya juga ada buku karangan Richard Florida yang berjudul “The Rise of Creative Class“. (Yang ini belum selesai saya baca.) Lihat juga situs webnya, CreativeClass.org. Kemudian Eko Mursito memberikan link mengenai cara pandang terhadap kreativitas dengan cerita tentang Understanding Comics. Teknologi informasi jelas dikaitkan dengan itu semua.

Wah … pusying euy.

8 pemikiran pada “Kreatif dan tidak kreatif

  1. zaman sekarang memang sepertinya menemukan hal-hal yang benar-benar baru sudah susah tinggal pengembangan dr yg sudah ada..nah ini dituntut kretifitas lebih..gitu kali..

  2. Saya mau tanya, saya sangat tertarik dengan buku Richard Florida – The rise of creative class. Bagaimana saya dapat mendapatkannya? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s