Pertemuan BHTV-Comic: Photoblogging

Semalam saya hadir di pertemuan Bandung High Tech Valey (BHTV) Comic. Topik yang didiskusikan kali ini adalah tentang photoblogging.

Jam 7 lebih saya baru sampai di kantor Sekar Telkom di jalan Supratman, Bandung. Masuk ke ruangan, acara sudah dimulai dengan Amal memberikan pembukaan.

Tidak lama, langsung pemateri (Budi Sukmana dan Eric Setiawan) menceritakan apa itu photoblogging dan seluk beluk yang terkait. Menarik. Banyak hal yang saya baru tahu dan memberikan pencerahan. [Mungkin materinya bisa diupload di mana gitu?]


[budi sukmana memberikan presentasi sementara eric sukmana mengoperasikan notebook]

Yang menarik bagi saya adalah adanya konfirmasi bahwa apa yang saya lakukan (memotret, mengolah imagenya, menyimpan di web, dan seterusnya) sudah benar dan memang lazim dilakukan. Bahkan kesulitan yang saya alami pun (misalnya menyimpan berkas foto) sama dengan kesulitan mereka. Bahkan mereka ada yang masih menggunakan foto analog, yang mana mereka harus mencetak fotonya dahulu baru kemudian discan untuk dijadikan bentuk digital.

Kemudian yang sering saya lakukan dengan selamat pagi, ternyata tidak aneh juga. Tadinya saya sudah khawatir banyak yang bosan dengan kelakukan saya yang aneh (memotret foto di tempat yang sama, kemudian menampilkannya dengan judul selamat pagi). Jika ini proyek pribadi, mengapa tidak boleh?

Acara kemarin juga merupakan ajang pertemuan pengguna flickr dari Bandung, yang berjumlah 4 orang. ha ha ha. Sekalian di sana Puti menceritakan mengenai potret memotret dengan menggunakan Lumo Lomo (kamera plastik itu).


[puti memotret peserta dengan menggunakan lumo lomo. kita baru bisa melihat hasilnya setelah dia mencetak fotonya. jangan-jangan tidak jadi fotonya. ha ha ha.]

Tentu saja sebagian dari kami berpotret bersama di akhir acara.


[berpotret bersama. foto diambil oleh budi sukmana]

Hasil dari pertemuan ini adalah, saya membuat account di tumblr: rahard.tumblr.com. hi hi hi. Enjoy. Nah, ada saran layanan photoblogging yang bagus selain tumblr?

Iklan

22 pemikiran pada “Pertemuan BHTV-Comic: Photoblogging

  1. wah menarik sekali, saya kadang kadang suka memotret dengan ponsel dan langsung mengunggah ke twitpic/twitter atau facebook

    Andai saya dapat melakukanya secara gratis di wordpress (karena pernah bisa melakukan beberapa kali dan pada yang kesekian di tawari account berbayar untuk melakukan lagi

  2. Hi Pak Budi. Akhirnya kemarin saya bisa bertemu langsung dengan orangnya πŸ™‚

    untuk layanan photoblogging lain, selain tumblr, bisa juga dicoba photoblog.com, pixyblog.com (bayar), aminus3.com, wordpress.com.

    hanya saja, untuk saat ini, saya merasa lebih nyaman menggunakan tumblr.

    semoga pak budi juga bisa dapat tempat yang nyaman untuk menampilkan foto-fotonya yang banyak itu πŸ™‚

  3. Have you ever thought about creating an ebook or guest authoring on
    other websites? I have a blog based on the same subjects you discuss and would love to have you share some stories/information.
    I know my audience would enjoy your work. If you are even remotely interested, feel
    free to shoot me an e mail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s