Gembira Ria Koding: Menggunakan Library

Melanjutkan cerita megenai koding, kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman menggunakan library buatan orang lain.

Salah satu manfaat menggunakan library buatan orang lain adalah kita tidak perlu membuat semuanya dari awal. (We do not have to reinvent the wheel.) Ada library yang nyaman digunakan dan ada library yang membingungkan. Sebagai contoh, library GMP sangat mudah dan intuitif untuk digunakan. Manual (referensi) yang ada juga bagus sekali. Dalam waktu beberapa menit saya sudah bisa menggunakannya. Lain ceritanya dengan libgcrypt. Sudah berhari-hari membacanya, saya masih belum bisa pakainya. hi hi hi. Nah, yang menengah adalah msieve.

Beberapa hari yang lalu Ariya memberitahukan saya tentang keberadaan library msieve untuk melakukan integer factorization. Setelah saya ambil dan pasang, saya coba membuat sebuah program sederhana. Ternyata, tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus diinisialisasi sebelum saya bisa menggunakannya. Sebel. Baru saja saya niatkan untuk membuat sebuah program percobaan. Ah, ternyata berhasil juga (setelah menghabiskan waktu kira-kira 1 atau 2 hari.)

Memang agak susah membandingkan mudah atau tidaknya karena apa yang dilakukan oleh libgcrypt atau msieve itu lebih kompleks dari apa yang dilakukan oleh GMP, tetapi tetap saja saya merasa gmp lebih mudah. Selain kompleksitas dari library-nya mungkin juga style pemrograman menentukan juga. Saya mungkin lebih cocok dengan apa yang dilakukan oleh GMP.

Nah, sekarang ada satu program yang harus saya bongkar. Sekilas programnya cukup pabaliut (alias membingungkan). Bukan, bukan karena yang buat tidak lihai, tetapi justru karena dia sangat pandai sehingga menggunakan trik-trik di sana sini. Programnya memang menjadi singkat dan elegan tetapi agak sulit bagi kita untuk menelusurinya. Ini membutuhkan waktu yang cukup untuk memahaminya. Ah, lain kali saja. Sekarang saya mau ngoprek yang lain dulu.

Iklan

7 pemikiran pada “Gembira Ria Koding: Menggunakan Library

  1. Wow… gmn mengatur waktunya pak, antara rumah, kerja n ngoprek, kok kayakx uenak gitu waktux, ato saking pinterx ga butuh waktu lama utk menguasai sesuatu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s