Apakabar Game Kurusetra?

Membaca sepintas di milis tentang bagaimana perguruan tinggi di Amerika menjadi tempat untuk munculnya start-up companies. Langsung ada yang nyeletuk bahwa di ITB pun ada. Contohnya adalah game Kurusetra.

Hah? Langsung teringat jaman games Kurusetra ngetop di kampus ITB dan kemudian di-spin-off keluar (waktu itu dibawa ke mweb ya?). Sayangnya mweb mati dan juga kurusetra kayaknya kebawa mati. Aang sang kreator sudah keburu kerja di Telkomsel. (Apa kabar Aang? Masih di sana? hi hi hi.)

Sayang juga ya. Nampaknya belum ada success story dari kampus.

Daun lontar, anybody?

[daun lontar adalah alat tukar yang sah di kurusetra 🙂 ]

56 pemikiran pada “Apakabar Game Kurusetra?

  1. Bagi yang pernah main AOE atau Shogun Total War, Kurusetra seperti itu, tapi text, ga ada grafis dan animasinya. Permainan yang cukup populer tahun 2002 s/d 2005. Saat saya di tingkat akhir kuliah, game ini terkikis oleh CS dan DotA.

  2. Kebetulan saya maen di sampai di saat2 akhir menjelang ‘kematian’ kurusetra.
    Waktu itu lebih rame perang ‘bacotnya’ daripada perang aslinya.
    Sayang banget, game murah tapi meriah, cukup pke wap, set weker mau nyerang jam brp hehehe…

  3. wah saya yang paling ketinggalan zaman, belum pernah main kurusetra 😆 .Tapi tadi saya lihat di wikipedia emang udah ngga ada websitenya.

  4. awas ada yang merapal ajian… wkwkwkwkw. kangen banget sama kurusetra.. dulu sampe kopdaran sama anak2 buat nyusun strategi… hmm kira-kira ada telik sandi yang ngintip tulisan gw ga yah ???

  5. Sebetulnya sudah ada gantinya dari kurusetra di kpzone.bermain.info/v2

    cuma beberapa hari ini accountnya suspended..:((
    padahal elitku udah 9000 :((

  6. gila, ini game bawa berkah buat gw.. gw dpt jodoh gara2 game kurusetra

    wkwkwkw

    tapi duit gw ilang 200rb, pas mo mulai abad baru.. gw udah beli 20 id

    tapi game ga mulai2 sampe skrang.
    di telepon bilangnya si aang udah kaborr.. wkwkwkw

    awal tahun gw di tawarin sourcenya di jual cuma 1 juta doang.
    tapi ga ngasih nmr telepon cuma email doang..

    makin bahaya aja 😀

  7. wakakaka pasti masi pada inget neh kalong cs…dan yang terakhir DR gw 1.3 dengan jatayu sebagai desa terluas..waakakaka sampe nurunin NK buat gebuk musuh terus naikin lagi biar ga kena gebuk wakakaka pas itu lupa kelamaan naikin NK nya jadinya kena gebuk wakakaka…thats nice story kasi aji2an ke musuh tiap berapa jam sampe remuk tuh desa kena colong depanya wakakakaka……salam buat tomas perenung dan erwin kamar mayat…dari dyan hehehe

  8. wah game online lama yang populer pada jamannya..

    gw dulu ampe bwt 3 kerajaan.. 1 yg versi gratis n 2 yg versi bayar.. apakah sekarang ada game onlen macem itu lg..

    jd kangen ma kurusetra

  9. waduh jd inget jaman2 gelo. jam 3 jam 4 pagi bangun cuma buat ngerapihin pasukan.. dulu paling suka pake wanamarta.. 🙂 salam buat kuru mania

  10. wakss… ada yang inget dewan raja GALIA gak yah? 😀 hehehe salam juga buat dewan raja kalongs dan temen2 dari ksatria angkasa dan anak2 jogja lainnya… wkwkwk gw punya banyak temen dari game ini… ada yang udah bikin game seperti ini? ada yang masih nyimpen manual terakhir? email ke daku yah

  11. wee… jadi inget dah gw bela2in bangun jam 4 pagi cuma buat ngelatih si demit alit biar defencenya naek… wakakakakaka….. nostalgia banget. gw sempat maen 3 abad (versi kurusetra) sebelum akhirnya si aang mengkomersilkan kurusetra dengan pake bayar2an segala, dan itu yang buat para dewan raja lama kelamaan mulai berkurang….
    gw dah lupa DR berapa dulunya, tapi pernah sampe punya 1100 depa..
    salam buat raksasa rendy pd.bulan… #miss that moment…

  12. Sebetulnya gamenya mirip2 dengan Mafia Wars versi zinga cuma ada text nya aja, (yang pernah coba main MW pasti juga tau) tapi sumpah seru banget

  13. wekekekeke ampe lupa gue DR berapa… tapi yg paling ditakuti deh.. soalnya 1 DR gue yg pegang loginnya wakakkakakakkaka… salam dari jami aka GoReNGaN :))

  14. hmmm kurusetra … dulu ane pake nama gondwana, se DR sama legenda naga, ada yg pernah perang sama kita ga ya … , salam

  15. : Siapa disini minta kirimin 1 pleton Pocong Sakti? Wkwkwkwkwkwk.. hadeeh.. kangen banget ma Kurusetra ya.. Bela”in begadang demi akurasi Sihir sama Jam Perang.. :)) Ayo donk.. di Up lagi web nya.. >.<

  16. Ayo…siapa yang pernah lawan DR 5:2?
    Genderang Perang Mulai Di Gelar Dan Akhirnya Kerajaan Kita Berhasil Merebut Tongkat Dari Tangan Mereka, Sebanyak…

  17. Aku rindu Kurusetra, bikin susah tidur.
    Setelah kira2 1 tahun kurusetra punah, ada game serupa namanya “kawasanperang” mirip banget cuma ganti nama aja.
    Sekarang terpaksa dengan berat hati cuma mainin Travian deh 🙂

  18. Dulu aku selalu pake jatayu……. waduh kalo inget game ini inget masa kuliah di bandung dl…bela2in kewarnet subuh2 cuma buat nyerang sama nyantet, inget ripis, inget daun lontar, walah……ini game anak Bangsa yang saat itu sempat laris…. kalau saja ada versi bhs inggrisnya mungkin sudah mendunia. HAYO Atuh kang AANg, aktifin lagi servernya……

  19. aku dulu pake ksatria udah gede banget tapi tiba tiba servenya down ato ilang ato dimatiin gak tau dah, hadddeeeehhh… pokonya klo udah maen dari pagi ampe pagi lage, jaman dulu internet gak se banyak sekarang klo mau onlen gratis mesti nyari temen op warnet. wakakakak seru abis.

  20. Hahaha… Kurusetra..

    Paling inget saat jaman alit raksasa attack 3 dan defend 3. Jadi ciptain strategi nyerang dan defend pake alit alhasil NK rendah so sweet.., musuh pada kebingungan semua ini orang ga bikin pasukan… 😀
    Jamannya gw jadi top rank pake Raksasa…

  21. Bagi ripis ama menyan brooo,,, wkwkwkwkwkwkw…

    NOSTALGIAAA BANGEEETTTT

    Gue ingat bru pertama kali main, gue langsung serang kerajaan satu kaum,,, trus dimarahan ama Kepala sukunya (Gue lupa apa iistilahnya),,

    Sama” kwan jgan nyerang bro,, mintta aja,, iHEHEHEHEHEHE,,, Kesan saya di kurusetra,,,

  22. Kurusetra emang yahud..
    Ada juga muncul game2 sejenis meski masih kalah menggiggit dan kalah rumit serta kompleksitasnya.. Meski sangat2 mirip. Ketahuan otak game maker Indonesia masih menang.. ^^d saluuut..
    Coba aja link ini
    http://archbattle.com/?u=17854
    boleh sambil iseng sembari di compare, ada sistem vote yg memungkinkan Kurusetra ketika bangun bisa tampil gagah didunia maya.. Bisa dicontek tuh.. ^^

  23. Wahh..ini game sudah lama bangett,masih di bandung.subuh2 bela2in k wnet..hehehe
    Hayo bos aang balikin lagi kuruu

  24. Genderang perang mulai dibunyikan. Peperangan yang dahsyat mulai digelar. Dan akhirnya kita berhasil menembus pertahanan mereka. Sebanyak 28 tongkat Tirtapawitrasari berhasil kita rebut dari tangan Kerajaan Si Judez [1:3].

    Kutukan Gandamayit telah berhasil diluncurkan.

    858 penduduk sipil tewas.

    Pasukan anda pulang setelah 17 hari.

    Tongkat Tirtapawitrasari akan tiba dalam kurun waktu 17 hari lagi.

    Sebanyak 825 pasukan perang kita telah tewas di dalam pertempuran ini. Namun, kita berhasil membunuh 34 pasukan perang musuh.
    ====================================

    masih gue simpan Data2 Hasil perang gue ama Dr 1:3 Tahun 2006
    DR gue 8-12 nama Kerajaan gue samurai atau BaBa gitu :”> yang belakangnye ada 2901 nye itu gue 😀

    perang akhir abad yang Mantab :”>

    BaBa2901

  25. kangen banget game ini, tiap hari nongkrong di lab komputer kampus…
    ada yg mau ngelanjutin ngga ya

  26. Hahaha oom budi boy….
    Game gila sampe bikin klan klan Aliansi cuma untuk duel antar area kerajaan 20:1 20:4 lokasi favorit.
    bela belain akses dari bermacam proxy biar bisa maen multi biar gak kena sapu jagadnya oom aang heheh.
    Shift shiftab maennya 24 jam kayak operator data center ajeh hhhehe

  27. Nostalgia…
    Ternyata ada klan Mahayana 16:14 juga toh. Masih ingat Mahayana Garbileka kepala suku kita ?

    Kang Fery aka Legenda Naga juga ikut mampir rupanya.

    – Mahayana Hyria aka Biasa aja kok

Tinggalkan Balasan

