Sensor Internet Indonesia?

Duh topik itu lagi … Cape deh …

Apa gak ada topik lain yang lebih menarik? Semisalnya, bagaimana membuat internet lebih menjangkau daerah-daerah di Indonesia, bagaimana agar kualitasnya lebih baik (lebih cepat) dan handal (reliable), bagaimana agar harganya bisa lebih murah, bagaimana agar lebih banyak content yang bagus-bagus, … Ah, topik-topik ini kurang menarik. Setidaknya, kurang populis kali ya?

11 pemikiran pada “Sensor Internet Indonesia?

  1. Nampaknya orang masih belum mampu membedakan antara Internet sebagai jaringan dengan Content yang berdiri di atas Internet. Itu adalah dua lapisan yang berbeda.Akhirnya masalah konten diminta diselesaikan di level jaringan. Nggak nyambung.

    Toh kalau mau mensensor Internet Indonesia, kok ya susah-susah banyak dibicarakan, langsung aja kayak pemerintah USA yang mewajibkan barang2 ISP menjalankan LI (Lawful Inspection), tinggal mereka pasang perangkat di masing2 ISP tadi hehehe, jadinya kayak kasus NSA pasang Narus di AT&T yang dilaporkan oleh FSF, jadi film Frontline di PBS (http://www.pbs.org/wgbh/pages/frontline/homefront/view/) 🙂

    Sudahlah nggak mampu selesaikan masalah, masih terus dibicarakan dan jadi konsumsi media, giliran subject matter expert kayak pak BR ini yang capek hehehe 🙂

  2. Mentalitas kita (termasuk sebagian pejabatnya) masih seperti LPG. gampar kesamber pletikan api. Belum mudah menemukan sosok yang mental dan karakternya visioner.

  3. lebih enak membahas bagaimana agar internet di indonesia mudah dan murah dan legal, sebab kabarnya saat ini banyak yang mengakses internet di Indonesia tidak melalui ISP yang resmi. Kalau situs porno yang diakses itu melalui ISP yang resmi maka tinggal dicekik dari ISP-nya, semua akan bisa terblokir.

  4. masalah di indonesia memang pelik ya, selalu ada sudut pandang lain untuk menyalahkan suatu tindakan.

    Well, kali ini saya dukung saja lah langkah yang mau diambil tanpa mengesampingkan masalah lain. Saya yakin sekecil apapun itu, tidak akan sia2 daripada tidak melakukan apa2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s