Akses Internet di Singapura

Baru saja saya kembali dari Singapura. Beberapa hari di Singapura kemarin itu saya kesulitan mengakses internet. Sebetulnya tidak sulit akses internetnya, tetapi … mahal! he he he. Di hotel saya biayanya adalah SGD $17 untuk satu jam (wireless access).

Yang saya maksud susah akses adalah bagi tamu (turis) yang datang ke Singapura, bukan untuk penduduk. Mungkin karena akses internet bagi penduduk sangat mudah (di rumah, asrama, kantor, dan lain-lain) maka mereka tidak merasa penting akses di tempat publik ya?

Setelah saya lihat-lihat ada beberapa alternatif akses internet murah di Singapura. Yang pertama adalah akses wireless dengan menggunalan layanan “Wireless@SG”. Kita dapat mendaftarkan diri untuk layanan ini dengan gratis. Saya lupa dulu daftarnya bagaimana ya? Kalau tidak salah, daftar online terus nanti dia tanya identitas (saya gunakan paspor) dan nomor handphone lokal. Jadi memang modalnya adalah nomor handphone lokal, yang sangat mudah didapat dan memang saya sarankan untuk digunakan (daripada menggunakan nomor handphone Indonesia secara roaming yang pastinya mahal).

Sayangnya akses “Wireless@SG” ini tidak banyak. Dulu katanya mau meliputi seluruh Singapura, tetapi setelah beberapa tahun ini nampaknya tidak banyak bertambah coverage-nya dan bahkan di beberapa tempat tampaknya tidak terawat. Sebagai contoh, ketika saya mencoba mengakses layanan Wireless@SG di Sim Lim Square (tempat jualan alat elektronik) ternyata gatewaynya (?) memiliki sertifikat (SSL?) yang bermasalah sehingga tidak bisa jalan.

Yang kedua, ada beberapa tempat yang menyediakan layanan internet gratis. Airport Changi merupakan salah satunya. Tapi mosok kita harus ke Changi untuk akses internet gratis. he he he.

Berikutnya saya melihat ada beberapa layanan broadband yang relatif “murah” ketimbang akses di hotel. Kemarin saya tanyakan layanan “M1 broadband” adalah $17 untuk 3 hari atau 9 jam. Ini menggunakan 3G (bisa pakai handphone atau dongle yang bisa dihubungkan ke notebook). Sayangnya kemarin saya tahunya sudah pas mau pulang. Jadi percuma šŸ˜¦ Tahu gitu begitu datang langsung saya apply ini. Sayangnya lagi nomor yang diberikan akan expire setelah 90 hari tidak dipakai. Kan belum tentu saya ke Singapura lagi dalam waktu 90 hari šŸ™‚ Eh, tapi memangnya kenapa kalau expire ya? Beli lagi saja nanti kalau datang lagi ya?

Akses internet melalui handphone pun bisa. Saya kebetulan menggunakan nomor Starhub. Dari handphone langsung saya bisa akses internet. Saya coba akses twitter dan mengubah status. Hasinya, akses yang singkat ini rasanya saya dicharge 30 (atu 50) sen. Saya tidak hitung tepatnya. Lumayan mahal juga. Bayangkan kalau saya buka gmail šŸ™‚ bisa habis pulsa saya. he he he.

Di beberapa hotel (kecil) ada juga akses internet dengan komputer di sana. Biasanya aksesnya adalah $1 untuk 15 menit. Mahal juga.

Warnet juga ada dan ini biasanya cukup murah. Ada yang $2 untuk 1 jam. Bahkan saya pernah pakai yang $1/jam. Biasanya yang pakai di sini adalah tenaga kerja asing (TKW dari Filipina). Jadi rame pas lagi weekend. Kalau hari biasa sih sepi.

Demikian informasi singkat. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang ingin ke Singapore.

14 pemikiran pada “Akses Internet di Singapura

  1. Kemarin ke Singapur saya pake Blackberry XL yg dinyalakan roamingnya. Switch provider ke M1, BIS nya nyala, kena 25rb rupiah per hari. Asal gak donlod-donlod banyak sih lumayan pak, gak mikir ganti setting-setting.

  2. Kemarin pake Kartu Simpati AS + telkomsel flash 50 ribu (125MB) terus aktifin international roaming, waktu dibawa ke Singapur sisa pulsa tinggal 200 rupiah dan sisa data 25MBan.

    Ternyata bgitu sampai Changi 3G nya masi bisa jalan tanpa tambahan biaya (secara pulsa tinggal 200). BTS nya ga ngecek mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s