Hukum Karma Bajakan?

Beberapa tahun yang lalu, mungkin di sekitar tahun 1980-an, ada seorang kawan yang membuat alat anti pembajakan. Dia membuat sebuah dongle, yaitu perangkat yang dipasang di parallel port komputer. Software atau aplikasi yang akan dikunci akan memeriksa apakah ada dongle terpasang di komputer yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika dongle yang resmi terpasang, maka program aplikasi bisa dijalankan. Jika tidak, program aplikasi tidak bisa jalan.

Agar dongle dapat digunakan, dia membuat program (driver) dalam bahasa assembly. Pada waktu itu program yang dia gunakan adalah Microsoft Macro Assembler (MASM) dan berjalan di DOS. Semua berjalan lancar.

Produk kawan ini mulai laku dijual. Dia mulai senang. Sampai pada suatu hari, dia menemukan bahwa ide dia dan produknya (lengkap dengan drivernya) dibajak orang lain. Dia murka dan marah-marah. Kemudian terjadilah dialog ini.

Kawan #1 (K#1): kenapa kamu marah-marah?
Kawan Programmer (KP): ini produk saya dibajak.
K#1: apa sih produknya?
KP [menjelaskan]
K#1: memang kamu buatnya pakai apa?
KP: pakai MASM
K#1: wow! Beli asli?
KP: gak!
K#1: nah itu dia. (sambil tertawa.) Rasain. Orang lain membajak program kamu, kamu marah-marah. Tapi kamu sendiri buatnya pakai program bajakan …
KP [nyengir]

Hukum karma?

[100% original]

update: kalau sekarang sudah ada campus agreement.  Jadi mungkin kasus di atas bisa tidak terjadi karena adanya alternatif lisensi yang murah untuk civitas kampus.

Iklan

22 pemikiran pada “Hukum Karma Bajakan?

  1. Pak, bukankan dengan software kita bisa mencerdaskan orang lain. Tapi, sepertinya banyak yang pelit untuk bikin cerdas orang, ya? Apa memang seperti itu? Ataukah bangsa kita lekat dengan karakter SMS (senang melihat [orang lain] stupid) 😦

  2. setuju pak budiiii..

    but it will be so hard to not using “not original”

    apalagi kita hidup di negara yang budaya bajakannya kuat bangets

    but let’s try to be 100% Original 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s