Mengapa Membeli Orisinal?

Salah satu “masalah” dengan produk digital adalah kualitas dari duplikat (copy) sama dengan kualitas aslinya. Jadi mengapa membeli orisinal? Apa insentifnya?

  • Mendukung para pengembang software. Membeli produk asli mereka merupakan salah satu bentuk dukungan. Mereka pun perlu makan bukan?
  • Ikut menghargai Intellectual Property Rights (Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HaKI). Jika kita tidak menghargai HaKI, maka orang lain tidak akan menghargai HaKI kita juga. Misalnya, kalau kita tidak menghargai HaKI, maka kita tidak boleh marah ketika batik atau apa pun diklaim milik orang lain. Hehehe

Oh ya, sebelum lupa. Saya perlu mengingatkan bahwa hal yang di atas tidak harus terkait dengan harga. Bisa jadi harga software 100% Original adalah murah dan gratis. Kita harus bedakan masalah lisensi dan harga.

Iklan

13 pemikiran pada “Mengapa Membeli Orisinal?

  1. Satu lagi pak budi. berdasarkan pengalaman saya selama ini, menggunakan produk bajakan dengan yang asli ternyata ada bedanya. Misalnya Windows. Pada software bajakan ternyata ada file-file yang kurang ataupun mengandung bug. Mungkin karena hasil crackan kali ya

  2. Saya masih lebih suka pakai yg orisinil, krn support after purchase dan auto update nya itu loh.. Apa lagi bila software itu one time payment. Bandingkan dengan membeli bajakan, pasti sudah tentu tidak up to date, kl ada bug ato masalah lain tidak bisa minta support.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s