Menulis Makalah Yang Baik

Pagi ini saya akan memberikan presentasi tentang bagaimana menulis makalah yang baik. Sebetulnya judulnya adalah saya balik, bagaimana saya menilai makalah. Jadi sudut pandang yang saya ambil adalah dari kacamata reviewer.

Saya sering sekali mereview tulisan, baik untuk jurnal maupun untuk lomba karya tulis. Tentu saja saya juga membaca makalah mahasiswa mahasiswa saya. Dalam sebulan ada banyak makalah yang saya baca. Itu sebabnya saya sudah kehabisan waktu untuk membaca buku atau journal yang sebetulnya saya ingin baca 😦

Ternyata banyak makalah / tulisan karya ilmiah yang bermasalah. Nah, hari ini saya akan menceritakan masalah yang sering saya temui. Sekarang saya masih membaca ulang materi presentasi saya. Ada banyak hal yang ingin saya tampilkan di presentasi itu, tapi sayangnya saya tidak sempat memasukkannya sekarang. Yang ingin saya tampilkan adalah contoh-contoh yang buruk. Hanya saja contoh-contoh ini belum sempat saya scan. Ya sudah. Nanti langsung improvisasi di tempat saja πŸ™‚

Materi presentasi nanti saya upload setelah saya selesai memberikan presentasinya.

Ok, wish me luck …

12 pemikiran pada “Menulis Makalah Yang Baik

  1. Mebuat makalah memang sulit harus sesuai aturan, kalau di almamater saya ada buku panduannya buat menulis makalah atau skripsi, salam

  2. Salah satu kekurangan mahasiswa kita adalah pada saat menulis ini Pak. Jadi menurut saya cara untuk meningkatkannya, ya dengan banyak menulis….
    Ditunggu Pak uploadnya…trims

Tinggalkan Balasan

