services (on Mac OS X)

Hari ini saya mau ngajar tentang konsep services dan nantinya ke port scanning. Nah, saya ingin memberikan contoh-contohnya. Hanya saja saya terbiasa dengan Linux πŸ™‚ he he he. (Lokasi berkas konfigurasi, perintah, dan seterusnya.) Sekarang saya harus menunjukkannya dengan menggunakan Mac OS X. Layer GUI sedikit menutupi apa yang ada di bawah layar. Ini yang harus saya tebas.

Langkah pertama yang saya sedang cari adalah bagaimana mengaktifkan sebuah service, katakanlah service echo. Apakah ini bisa langsung dijalankan dengan mengedit sebuah konfigurasi di /etc/something? Ataukah saya harus menggunakan inetd atau xinetd? Ini saya masih belum jelas. Beberapa servis lainnya sudah tersedia sehingga mudah, tapi bagaimana dengan servis yang khusus?

Selain itu juga saya masih mencari lokasi berkas konfigurasinya. Misalnya saya mau menjalankan layanan ftp dari sebuah program yang saya rakit (compile) sendiri. Bagaimana saya memberitahu {x}inetd untuk menjalankan servis tersebut di port tertentu?

Sementara ini saya sedang ngulik perintah /sbin/service, launchctl, SystemStarter, dan kawan-kawan. Searching internet, opening man pages, …

Akhirnya yang saya gunakan adalah /sbin/service, untuk menyalakan ssh, ftp, dan telnet. Tapi saya masih belum tahu bagaimana menyalakan echo, chargen, dan discard πŸ™‚

Iklan

13 pemikiran pada “services (on Mac OS X)

  1. saya mengunjungi blog ini berharap dapat ilmu, secara pemiliknya punya nama besar di jagad per-TI-an. Tapi lama2 rasanya kecewa, cuma menemukan ‘catatan harian’ semata. next time, i won’t be here….

  2. hahahihi … this is how i work/learn πŸ™‚ kalau ingin disuapi, belajar instan, memang bukan di sini tempatnya. yang bisa dipelajari adalah proses dari belajarnya.
    selamat belajar di tempat lain yang lebih pas. bye …

  3. @ronny, saya masih kebayang untuk menjalankan service yang ada daemonnya (telnetd, shhd, dll.), tapi bagaimana dengan service echo, chargen, … dan sejenisnya gitu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s