Penggunaan Resources Program

Bagaimana mengukur penggunaan resources (memory, CPU, network) dari sebuah program?

Tim penelitian kami sedang membandingan beberapa algoritma dalam sebuah program. Nah, bagaimana mengukur penggunaan memory dari sebuah program? (dan resources lainnya lagi.)

Selain membandingkan algoritma, ada juga keinginan untuk melihat kompleksitas dari sebuah algoritma. Kompleksitas di sini terkait dengan big Oh, O(n). Misalnya, kita membuat sebuah program untuk perkalian matriks. Berapa penggunaan resources kalau ukuran matriksnya adalah 10×10? 100×100? 1000 x 1000? 10.000? 100.000? 1 juta? Bagaimana karakteristiknya? Linear? Kuadratis? dan seterusnya.

Andika menunjukkan program valgrind. Waktunya untuk membaca dahulu. Selain itu apa lagi ya?

11 pemikiran pada “Penggunaan Resources Program

  1. kalo memakai IDE netbeans 6.8 keatas ada fasilitas resource usage, tapi kalo mau pake terminal setahu saya ada utility di debian dan ubuntu namanya ‘time’ dah coba hasilnya tidak begitu memuaskan

  2. Pak Rahard(i?), ijinkan saya untuk menitip link. Saya ini udah bolak-balik promosi ko tetep ndak ada pengunjung yang mau ngelirik web saya. Mungkin apa karena kurang menarik isinya ato apa.. Soale saya ini ndak pinter ngeblog, jadi, saya bikin jejaring sosial ala kadarnya dan semampu saya aja. Ealah, ko tetep ndak mampu buat beli domain .com, jadi web saya tetep terbengkalai ndak berpenghuni. Kalo pak (mas?) rahard ada waktu, mbok di review alamat web saya yang ada di nama saya ini. Sekalian kalo bersedia merekomendasikan ke publik, hihi… Jangan kuatir, ntar tak kasih upah jajanan ala kaki lima. Ndak papa tho?

    Maaf, ini alamat web yang coba saya buat, http://diaryspace.tk

    Iya tho? Ndak menarik sama sekali, moso tk?

    Makanya, kalo web ini ada yang minat, nti tak usahain beliin domain .com biar lebih menarik…

    Terimakasih yo…

  3. Sama dengan mas Hafid pak…saya gak begitu paham dengan algoritma atau resources atau pokoknya sistem operasi komputer..hehe.. jadi tahunya cuma ctrl alt del kalo lagi error…mungkin bisa sedikit2 kalo untuk mendesain rumah atau ruko hehehe..

  4. compiler dan feature prosesor juga mempengaruhi performance..
    Atau codenya dibuat dengan low level language atau udah dalam bentuk opcode?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s