Pemilihan Warna Untuk Grafik

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam menulis sebuah laporan (karya ilmiah, tugas, thesis, dan disertasi) adalah pemilihan warna untuk grafik. Lihat contoh berikut ini.

Banyak penulis yang mengandalkan kepada warna untuk membisahkan grafik. Warna ini tidak nampak jika dokumen tersebut dicetak hitam putih atau di-fotocopy. Hasilnya seperti contoh gambar di atas.

Pada contoh gambar di atas kita masih beruntung karena hanya ada tiga (3) jenis warna kelabu. Masih bisa dibedakan meskipun harus dengan menebak. Semakin banyak jenis data yang harus dipisahkan, maka penggunaan warna menjadi kurang pas.

Salah satu solusinya adalah menggunakan arsiran sebagai ganti dari warna. Misalnya ada bagian yang diarsir dengan garis horizontal ke kanan, ada yang garis tegak ke atas, ada yang kotak-kotak, dan seterusnya. Apakah tools yang Anda gunakan bisa melakukan hal tersebut (menggunakan arsiran)?

Iklan

12 pemikiran pada “Pemilihan Warna Untuk Grafik

  1. semakin banyak kelompok yg dibuat, penggunaan garis/pola sepertinya juga bisa bikin bingung. alternatifnya, mungkin dg membuat pengelompokan bertingkat (hirarkis) sehingga jumlah kelompok data yang perlu ditampilkan dalam satu grafik bisa tetap tidak banyak.

  2. kalau kelompok grafiknya banyak, mending tetep pakai warna tapi kalau butuh difotokopi ya pakai fotokopi warna hanya khusus halaman grafik tersebut. halaman yg isinya teks aja fotokopi hitam putih… fotokopi warna jaman skr udah murah kok, apalagi kalau dibandingkan dengan nilai proyek yang bakal kita dapatkan, hehehe…

  3. hemm,,iya juga ya pak. baiknya emang pake arsiran berbeda, daripada membedakan warnanya. hehehe 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s