Mac Bermasalah

Akhir-akhir ini MacBook saya mulai bermasalah. Kemarin dia sudah tiga kali ngehang. Padahal saya hanya mengedit berkas Power Point (dengan menggunakan Microsoft Office 2011 for Mac).

Sebelumnya saya mengalami hal-hal yang tidak enak terkait dengan tidurnya Mac ini. Pernah MacBook saya tutup (dan saya asumsikan dia menjadi tidur), kemudian saya masukkan ke dalam tas. Pas saya buka tas saya, panas sekali. Ternyata si Mac ini tidak tidur dan dia tertutup di dalam tas yang tidak ada sirkulasi udaranya (selama sekitar 1 jam). Akibatnya Mac jadi super panas.

MacBook ini sudah saya shutdown dan reboot, untuk memastikan semua proses mati, tetapi nampaknya masalah ini kembali datang. Ada apa ya?

17 pemikiran pada “Mac Bermasalah

  1. Saya juga pernah punya windows notebook yang tidak tidur sewaktu dimasukkan tas. Karena panas, nampaknya ada komponen yang rusak. Tidak lama kemudian notebook itu suka hang.

  2. Waduh, saya bersyukur macbook saya gak kenapa-napa.
    Nah, makanya, Pak, sebelum dimasukkan ke tas, setelah ditutup jangan langsung digerakkan/diangkat. Biarkan dulu beberapa saat, paling lama semenit. Pastikan lampu indikator sleep di sisi depan menyala, baru masukkan ke dalam tas.
    Lagipula, kalo langsung dimasukkan ke tas, berbahaya buat HDD-nya (harddisk). Harddisk kan nggak langsung mati ketika kita menutup layar. Cakramnya masih berputar. Nah, kalo masih berputar dan kita gerakkan macbook, bisa mengguncang susunan data di HDD. 😐

  3. krn overheat bisa jadi ada bbrp komponen atau solder yg meleleh. plg parah kalau smp motherboard melengkung. jadi hrs ganti mobo deh.

  4. Saya juga pernah punya pengalaman notebook dimatikan eh pas udah dimasukin tas dia nyala lagi tapi OS nya windows.
    Kata teknisinya sih ada komponen OS yang rusak sehingga perlu diperbaiki nggak usah diinstall ulang

  5. Mungkin ada aplikasi yang memiliki bug sehingga menyita banyak resource, serta menghambat fungsi sleep OS. Coba aja Mac OSX-nya di restore ke kondisi awal, lalu install ulang aplikasi yang diperlukan saja.

  6. Saya kebetulan banyak membelikan MAcBook, karena kumpeni dulu dapat jatah per employee beli diskon (EPP) max 6 unit per employee per tahun.
    Rata rata MacBook (bukan Pro) rontok sesudah 1 tahun lebih. Dari pengalaman itu akhirnya recommend temen temen yg nitip beli warranty 3 tahunnya. Biasanya kalo udah aneh aneh, balikin aja, dapat ganti baru.
    Mungkin lain kali beli yang MacBook Pro yah.

  7. Kalau beli macbook yg ada tulisan Air pak. Katanya sdh nggak pake model harddisk gitu.
    Kapan jadi Prof? lumayan tunjangan bisa untuk nunjung. hehe

  8. laptop saya isinya GNU/Linux Ubuntu aja pak dan tidak pernah menggunakan opsi hibernate, tidur, atau sejenisnya, alias langsung saya matikan saja 😀

    Kayaknya memang lebih enak matikan dibandingkan ditidurkan sebentar (lalu dibangunkan lagi hehe).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s