(tidak bisa) Mengutip dan Menuliskan Referensi

Melanjutkan cerita tentang evaluasi makalah mahasiswa saya semester kemarin, hal yang paling sering salah adalah … mengutip dan menuliskan daftar pustaka (referensi). Ada beberapa kasus, antara lain:

  1. daftar pustaka berisi daftar referensi yang tidak pernah disinggung atau dikutip di tulisan;
  2. kutipan di tulisan tidak disebutkan sumbernya (berpotensi plagiat);
  3. kutipan di tulisan disebutkan sumbernya tetapi sumber ini tidak didaftarkan di bagian daftar pustaka.

Hadoh …

15 Comments

  1. Owh ini lanjutannya..

    yang point pertama, saya jd inget pas ngerjain makalah agama sama temen saya. Bagian daftar pustakanya maen copas aja dari artikel agama yg lain. hehehe

  2. Tiga poin yg disebutkan di atas indikasinya plagiat semua ヅ

    Dapusnya asal copas sampe ngak sadar kalau ada item yg kelebihan. Kadang ada yg naif sengaja masukin beberapa refrensi biar menuh-menuhin halaman Dapus, walaupun pustaka tersebut sama sekali tidak dikutip isinya oleh sang penulis.

    Poin kedua dan ketiga jelas plagiatnya. Ngutip tapi ngak dimention sama sekali pustakanya.

  3. Saya juga sering lupa menulis sumber referensi pada isi tulisan. Lupa atau tdk tahu cara menulis sumber referensi yah??

  4. kalo saya kadang emang ga ngutip tapi dari beberapa sumber itu saya ringkas [?] dan gabungkan langsung, jadi di makalahnya uda pake kata2 saya sendiri. makanya ga muncul di kutipan tp ada di referensi. salah ya?

    [mohon petunjuk pak. serius ini. :)]

  5. Menengok yg no 1, memang banyak mahasiswa yg mencantumkan referensi yg kadang tdk nyambung dg topik yg dia bahas. Kalo denger2 alasannya sie, biar makalah ataupun skripsinya kelihatan mentereng, berkelas atau apalah namanya. Saya kira itu fenomena yg umum di kalangan mahasiswa skrg ini pak…

  6. pada dasarnya mayoritas mahasiswa tidak tahu bagaimana menggunakan kutipan
    dan bs juga tidak jujur

    tp kayaknya sih lbh banyak krn tidak tahunya….

  7. […] June 11, 2011 by sunupradana Leave a Comment Melanjutkan cerita tentang evaluasi makalah mahasiswa saya semester kemarin, hal yang paling sering salah adalah … mengutip dan menuliskan daftar pustaka (referensi). Ada beberapa kasus, antara lain: daftar pustaka berisi daftar referensi yang tidak pernah disinggung atau dikutip di tulisan; kutipan di tulisan tidak disebutkan sumbernya (berpotensi plagiat); kutipan di tulisan disebutkan sumbernya tetapi sumber ini tidak didaftarkan di bagian d … Read More […]

Tinggalkan Balasan

