Proposal Yang Kurang Menarik

Beberapa kali saya diminta mahasiswa untuk menjadi pembimbing kegiatan lomba mereka. Sering juga saya diminta untuk menjadi juri di berbagai kegiatan yang  terkait dengan bidang teknologi informasi. Kesemuanya ini bermuara pada satu hal, yaitu tulisan. Untuk yang terkait dengan lomba, tulisan berbentuk proposal.

Nah, satu hal yang sering terlihat kecil tetapi penting adalah penyajian atau tampilan dari proposal. Seringkali proposal yang saya temui memiliki tampilan yang tidak menarik. Sering saya katakan bahwa proposal ini tidak jauh berbeda dengan laporan praktikum untuk memenuhi tugas kuliah. Hambar. Kering. Hanya berisi data yang tidak menarik. Asal ada saja. Para pembuat proposal ini tidak sadar bahwa yang membaca juga manusia, yang memiliki mood. Kalau tulisan tidak menarik, bagaimana bisa buat mood bagus dan akhirnya memberi nilai yang bagus? Belum lagi ada kondisi yang mana proposal ini diadu dengan proposal yang lain. Jika kualitas isinya sama, tapi tampilan berbeda, mana yang akan dipilih?

Sayang saya tidak punya contoh (gambar, screenshot, tampilan) tentang proposal yang tampilannya buruk itu. Lain kali saya potret ah.

12 pemikiran pada “Proposal Yang Kurang Menarik

  1. untuk itu bagi para mahasiswa dibutuhkan kekreatifan dalam hal tampilan/ menyajikan prposal atau tugas kuliah…sayang aku belum pernah bikin proposal….cum bisa omdo :p

  2. tolong perlihatkan proposal yang sangat-sangat-sangat bagus saja pak? maklum masih menganut, ATM ~ amati-tiru-modifikasi 😀

  3. mungkin font dan warna harus beda… Atau klo perlu proposal dikirim dalam bentuk ipad atau samsung galaxy.. :d

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s