Topik Yang Orisinil

Beberapa waktu yang lalu saya terlibat diskusi tentang blog dan pengaruhnya. Kemudian ada diskusi mengenai peranan blog orang Indonesia. Hasil pengamatan sementara ternyata kebanyakan blog Indonesia membahas masalah-masalah yang tidak orisinal. Maksudnya blog-blog membahas hal yang berasal dari sumber informasi konvensional (koran, tv, radio). Dengan kata lain, topiknya tidak orisinil.

Semestinya kita (blogger) bisa membuat thread topik yang berbeda. 100% original. Bosen dong kalau sama dengan yang ada di tempat lain. Eh, tapi juga jangan membuat tulisan yang “asal beda” saja.

Setuju? Atau malah jadi pusing?

14 pemikiran pada “Topik Yang Orisinil

  1. Setubu…. …..eh, setu..ju, Pak.
    Oh itu sebabnya gambar makanan agak berkurang… biar gak disangka ngikutin trend kuliner sekarang…
    Aku yang menjadi korban, cuma bisa ngileer aja….
    Blog ini memang agak berbeda, tapi inilah menariknya

  2. Mas Budi, soal tulisan blog yang orisinal pada prinsipnya saya setuju. Tapi bagi saya orisinalitas tidak identik dengan menjauhkan diri topik-topik yang berasal dari sumber lain. Mungkin ada sebagian bidang bisa beda dengan topik yang sedang berkembang, tetapi untuk bidang lain justeru tidak. Orisinalitas setidaknya berkaitan dengan ada ide atau pandangan lain dari sudah ada, dan tidak selalu harus beda 100 %. Jadi orisinalitas tidak selalu menjauh dari apa yang sedang berkembang ya..sebutlah dari sumber koran, tivi dll. Tapi saya setuju ada gagasan baru yang belum disentuh orang lain untuk ditulis, . he he he kali saya salah ya Mas…

  3. Agreed, Budi! Ini makanya saya ikutan blog anda from the other side of the world. Thank you for keeping it original.

    Have a great weekend y’all πŸ™‚

  4. Wah, komentar saya yang semalam kok lenyap 😦 <–Jgn takut bang πŸ™‚ ini komentar aseli, (bkn SPAM) 100% Orisinil gak seperti onderdil yg pake istilah no.1 dan 2 :-p hehehe..

  5. setuju.
    salam pak budi, saya pengunjung blog baru anda karena baca blog temen yg menceritakan blog ini aga berbeda. walau pun kadang ga ngerti karena banyak bahasan tentang informatika…

  6. topiknya 100% orisinil. tapi (kebetulan) sama dengan yang ada di media konvensional. gimana?

    sangat susah menghindari kesamaan topik. apalagi kalo topiknya emang lagi populer & asik utk dibahas. tapi yg membedakannya nanti kan gaya menulisnya lagi.

    daripada pusing mikirin orisinil atau ngga, lebih baik ngembangin skill menulis masing2. ntar kan jadi orisinil sendiri.

Tinggalkan Balasan

