Beritahu Lokasi Atau Tidak?

Sekarang ada banyak aplikasi yang membutuhkan lokasi kita untuk menentukan jawaban / saran. Location-based services, nama kerennya. Ketika kita mencari sebuah restoran, maka restoran yang terdekat dapat muncul paling atas dalam daftar pencarian. Atau aplikasi lain mungkin menunjukkan teman yang ada di dekat kita.

Nah, masalahnya apakah lokasi tempat kita berada itu sesuatu yang seharusnya privat atau tidak? Apakah ini masalah privasi?

Saya pribadi tidak terlalu suka sistem memberitahukan lokasi saya. Kalau saya ingin memberitahukan lokasi saya, maka saya tulisakan secara eksplisit. Saya tidak mau sistem melakukannya untuk saya. Itulah sebabnya saya mematikan (disable) fitur yang terkait dengan lokasi.

Memberi tahu lokasi juga dapat menjadi masalah. Kalau kita beritahukan lokasi kita sedang berada di luar, orang jahat bisa tahu bahwa kita sedang tidak berada di rumah. Nah lho. Maklum, kita kan tidak tahu orang di luar sana.

Bagaimana menurut Anda?

Iklan

17 pemikiran pada “Beritahu Lokasi Atau Tidak?

  1. setuju, pak. memberitahukan kepada orang lain, mengenai lokasi saya saat itu. benar-benar bisa mengundang kejahatan. bahkan saya tidak memakai aplikasi tersebut sama sekali.

  2. This is certainly a privacy issue…You may want to disable the feature.
    Apakah Google Map menunjukan alamat dan gambar rumahnya di Indonesia?

  3. Saya gunain latitude dari Google, lokasi di share hanya pada orang-orang tertentu, bukan publik. Dulu istri suka tlp tanya lagi dimana? padahal lagi sibuk-sibuknya, sekarang sudah ngak lagi. Janjian dengan teman atau kolega jadi gampang pastiin lokasinya. Asal tidak di share ke sembarang orang, app geolocation saya pikir aman.

  4. Kan bisa diaktifkan dan di nonaktifkan sesuai kebutuhan Pak. Saat butuh ya mau ga mau aktifkan supaya aplikasi bisa memberikan hasil yang tepat. Setelah itu, non aktifkan lagi aja supaya lokasi kita tidak lagi bisa diketahui oleh aplikasi.

    Kalau emang mau super private, ya ga usah pakai aplikasi, pake cara tradisional aja, tanya pada orang lain di mana lokasi yang ingin dituju. Istilahnya sih GPS : Guidance Penduduk Setempat
    http://tweetmeme.com/story/6573468936/gps-comicstrip-linux-ruby-and-chickens-life

  5. Saya sih hanya memberi tahu lokasi terbatas pada orang2 yg dikenal. Siapa tahu ternyata lagi ada di tempat yg sama, lumayan bisa ketemu. Hehe…

  6. kalo aku sih masih belum memikirkan privasi soal share lokasi itu. Tapi mungkin suatu saat ketika menjadi orang yang penting atau sibuk aku akan benar2 menjaga privasi sehingga harus mengaktifkan/menonaktifkan bagi lokasi sesuai waktu dan kondisinya 🙂

    aku gomong apa barusan ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s