Mengendalikan Hobby

Kalau sudah namanya hobby, maka apapun dikejar. Ada orang yang hobby baca buku, maka setiap kali ke toko buku atau ke pameran buku terjadilah kekacuan. Maksudnya, buku langsung berpindah dari toko ke tas belanjaan. Sudah tahu di rumah masih ada banyak buku yang belum dibaca, ini beli buku lagi. Demikian pula dengan hobby lain seperti olah raga, main musik, travelling, dan lain-lain.

Masalahnya, hobby ini seringkali membuat dompet menjadi lebih tipis. Ada juga hobby yang dapat menghasilkan, tetapi tidak banyak. Yang sering hobby menguras dana. Nah, bagaimana cara mengendalikan hobby ini agar tidak liar ya?

14 pemikiran pada “Mengendalikan Hobby

  1. kalo hobinya belanja buku, sampe dirumah bukunya dijual lagi secara online, atau bikin perpustakaan umum di rumah, supaya bukunya menghasilkan manfaat bagi orang banyak, toh gak dibaca sama pembelinya :d

  2. betul pak. setuju. hobby itu kebanyakan boros. saya dulu hobby beli buku, tapi lantas tidak terbaca. ini hobi yang boros.

    belakangan, saya lebih selektif:
    1. bukunya sedang mendesak dibutuhkan, atau tidak
    2. ga tiap ke toko buku itu beli buku
    3. bukunya benar2 best seller atau dipromosikan dari mulut ke mulut
    😀

  3. memang hobby susah di tahan pa lagi klo pas duit nipis yah di rumah aja ?!! hihi…
    tpi klo caraku tuh dirumah bersih2 aja hihi

  4. hobinya dikurung dulu selama beberapa hari. tiap hari dikasih makan dan dimandiin. ntar lama2 jinak juga setelah beberapa hari. gak liar lagi.

  5. Iya, susah banget ngatur uang kalo udah urusan hobby hhhe…. Sampe sering kena SP dari manajer keuangan rumah tangga. Apalagi di tempat saya tinggal Perumahan CitraRaya Tangerang itu banyak tempat belanja nya zzzzz

Tinggalkan komentar