Tag

,

Baru saja saya membaca (dari sebuah milis) email dari mahasiswa yang menanyakan bagaimana mengembalikan semangat. Saat ini semangat untuk kuliah yang bersangkutan sedang berada pada titik paling bawah. Hadoh.

Saya memang bisa membayangkan betapa jenuhnya kalau ke kampus hanya kuliah, mengerjakan tugas, praktikum, dan seterusnya. Kalau menurut saya sih harus dicari sesuatu yang menarik sehingga membuat sang mahasiswa tertarik ke kampus. Kalau dahulu, di kampus ada komputer yang di rumah tidak ada. Kalau sekarang, komputer di rumah lebih bagus dari yang ada di kampus. Atau, cari organisasi kegiatan yang sesuai dengan hobby?

Dulu ketika masih menjadi mahasiswa, saya juga pernah mengalami kejenuhan sehingga tugas akhir tidak selesai-selesai. Saya tetap memaksakan diri ke kampus, hanya untuk sekedar duduk-duduk di himpunan bersama teman-teman. Kemudian ada salah satu kawan yang tiba-tiba maju sidang. Maka kemudian saya (dan juga beberapa kawan yang mengalami situasi yang sama) langsung bersemangat untuk menyelesaikan tugas akhir juga. Jadi mungkin yang penting juga adalah cari kawan-kawan yang positif, yang menarik kita keluar dari kondisi yang stuck tersebut.

Ada saran dari pembaca untuk mahasiswa yang mengalami kasus seperti ini?