iPad Photography

Setelah memiliki iPad2 saya belum sempat mencoba memotret secara serius. Maksudnya serius ini adalah betul-betul ke luar dengan membawa iPad untuk mencari obyek untuk difoto. Kalau hanya sekedar untuk memotret-motret saja sih sudah lumayan sering. Ternyata susah juga memotret dengan menggunakan iPad.

Masalah pertama yang saya hadapi adalah “tombol” untuk memotret ada di layar. Tidak ada tombol fisik. Ketika saya menggerakkan jari saya untuk menekan tombol tersebut, seringkali iPad bergerak sehingga gambar tidak persis yang saya harapkan. Nampaknya harus belajar membuat pegangan iPad menjadi steady.

Hal kedua, iPad paling bagus kalau digunakan dengan cahaya yang cukup. Memotret di luar hasilnya cukup bagus. Kalau di dalam ruangan dengan cahaya yang sedikit, hasilnya tidak terlalu bagus. Masalahnya kalau di luar, apalagi jika sedang terang benderang, layar menjadi tidak kelihatan. Saya harus berjuang untuk melihat apa yang ada di layar, yang mau dipotret. Akhirnya saya menebak-nebak saja. Nanti di-crop jika terpaksa. Saya tidak suka melakukan hal ini sebetulnya.

Hal ketiga, iPad menjadi hangat/panas kalau digunakan di luar di bawah terik matahari. hi hi hi. iPad 2 saya terbuat dari aluminium dan tidak saya beri bungkusan. Pokoknya persis seperti aslinya. Body-nya menjadi kepanasan dan saya khawatir ini bisa merusak iPad-nya. Mosok harus menggunakan payung untuk memotret dengan iPad? Nggak lucu ah.

Untuk sementara ini saya hanya menggunakan aplikasi Camera bawaan iPad dan instagram. Masih belum ketemu feel-nya. Instagram menariknya banyak filter-nya. Ini juga masih perlu belajar (untuk sekedar memilih filter yang pas). Enaknya instagram adalah bisa langsung upload (kalau ada koneksi internet).

Demikianlah pengalaman belajar memotret dengan menggunakan iPad.

Iklan

13 pemikiran pada “iPad Photography

  1. mengambil gambar dengan kamera iPad sama ‘aneh’nya dgn menerima telepon dengan tablet. tapi sekali2 sih oke lah. 🙂

  2. @fisto
    resolusi kamera ipad 2 0.7 MP, sedangkan new ipad 5 MP. berarti banyak juga yg pake ipad buat foto, sehingga Apple menaikan resolusinya.

    but still, ngambil foto pake ipad itu rasanya gimana gitu… :mrgreen:

  3. Hasilnya bagus juga lho camera ipadnya. tapi sebaiknya kalau digunakan untuk di luar ruangan sebaiknya gunakan sarung / dompet ipadnya, kasihan juga yg megang bisa kepanasan. Thank untuk artikel yang menariknya

  4. yah, itu karna iPad memang dibuat bukan dgn tujuan fotografi.
    utk sekedar motret, iya. tapi utk menghasilkan foto yang sangat bagus mungkin masih belum.

    tapi tergantung yang pake juga sih. 😛

  5. Kalo saya sih lebih suka Pixlr-o-matic pak. Efeknya lebih bagus dan banyak hehe. Tersedia di Chrome, komputer (Adobe Air), iOS, dan Android
    Menurut saya Instagram unggul di marketing dan punya jejaring sosial tersendiri yang eksklusif

  6. Setuju pak, itu keunggulan Instagram. Ada jejaring sosialnya tersendiri. Untuk sharing, mudah, tinggal upload
    Untungnya di Android (dan iOS?) enak bisa langsung share ke twitter, facebook, dan lainnya. Sayang ya pak, versi webnya tidak ada tombol share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s