Purnabakti Prof. Mieke Komar, SH, MCL

Pagi ini saya menghadiri acara purnabakti untuk Prof. Mieke Komar di Fakultas Hukum, UNPAD. Apa urusannya saya, yang orang elektro, dengan Fakultas Hukum UNPAD? Banyak. Awalnya adalah tahun 1999, saya diajak untuk berdiskusi soal hukum dan teknologi informasi – cyberlaw. Kebetulan yang mengajak adalah karib saya di SMP dan SMA, pak Ahmad Ramli. Maka mulailah perkenalan saya dengan kawan-kawan di FH UNPAD. Semenjak itu saya sering bergabung dengan rekan-rekan di sana. Mulailah saya mengenal individu-individu yang luar biasa.

Prof. Mieke merupakan figur yang luar biasa. Beliau, yang selalu ceria, sangat pro aktif. Beliau selalu mendorong kami-kami yang lebih muda dengan keras. Ya, saya ulangi, keras! Bagi yang kenal beliau pasti tahu karakter tersebut; ceria dan keras. No BS. Mungkin ini disebabkan latar belakang keluarga beliau yang ada campuran Manado-nya dan lulusan perguruan tinggi Amerika. Saya sering ditegur dengan keras dalam berbagai hal dan saya tidak marah menerimanya karena beliau adalah guru saya.

Ada orang yang berlagak sebagai guru atau mencoba menjadi guru tetapi gagal. Ada orang yang memang benar-benar guru. Beliau ini termasuk yang memang benar-benar guru. Guru bagi banyak orang, termasuk saya.

Tadi saya ikut meramaikan acara purnabakti ini dalam talk show tentang cyberlaw. It was my pleasure to be part of if. Suatu kehormatan bagi saya untuk ikut terlibat. Acaranya berjalan dengan sangat baik. Selesai dari sana, saya mendapatkan buku pula; “Perkembangan Hukum di Indonesia: Tinjauan Retrospeksi dan Prospektif“. Tentu saja saya meminta tanda tangan bu Mieke, yang menuliskan:

to the top engineer in our cyber age …

Whoa …

Bagi saya purnabakti beliau ini hanya masalah administratif saja. Saya yakin kontribusinya masih tetap ada dan bahkan mungkin dengan kebebasannya ini bu Mieke bisa lebih bebas mengarahkan kami-kami. Semoga beliau selalu diberi perlindungan oleh Allah swt. Amin.

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.596 pengikut lainnya.

