Hasil Eksperimen Twitter

Saya bereksperimen dengan twitter. Hipotesa yang mau saya buat adalah “kalau kita banyak menulis di twitter, maka kita akan banyak memiliki follower”. Ini dulu saya uji di blog dan hasilnya positif. Sekarang mau saya uji di twitter.

Saya membuat akun twitter baru (@buditweet) dan kemudian mulai melakukan twitting di sana. Setelah beberapa lama saya pantau. Hasilnya ternyata tidak positif. Setelah sekian lama (nanti saya cek awal mulainya), ternyata sampai hari ini baru tercapai 96 followers. Jadi hipotesa saya tidak terbukti.

Ada beberapa kemungkinan alasan untuk hal di atas. Pertama, seharusnya saya banyak menulis di akun twitter yang baru tersebut. Ternyata saya tidak melakukan hal tersebut. Ternyata susah untuk cerewet di twitter. he he he. Atau seharusnya saya mencari orang yang lebih cerewet ya? Eksekusi saya kurang baik.

Hal kedua, saya menduga bahwa orang mengikuti (follow) sebuah akun twitter itu karena si pemilik akun-nya bukan karena apa yang dia katakan. Kalau kita mengikuti twit seorang artis, misalnya, kita mengikutinya karena ke-artisan-nya bukan karena apa yang dia katakan. Jadi biarpun saya mengatakan yang hebat / smart, tetapi kalau saya tidak terkenal maka twitter saya akan kosong follower. Atau kita mengikuti akun twitter karena perkawanan. Jadi tetap karena ke-orangannya.

Hal terakhir, saya menduga bahwa pembahasan topik yang dalam (serius) melalui twitter akan susah dilakukan. Selain dengan keterbatasan jumlah karakter, kebanyakan pengikutnya juga tidak tertarik untuk diskusi serius via twitter. Dengan kata lain, kultwit (kuliah via twitter) mungkin juga kurang efektif dan bahkan menjadi ilusi? (Terlalu berlebihan mungkin kalau saya sebut “ilusi”.)

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

12 responses to “Hasil Eksperimen Twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: