Keamanan Pengumpulan Data Sidik Jari PNS?

Saya mendapat berita bahwa sekarang sedang dilakukan pengumpulan data sidik jari PNS. Terlepas dari pro kontra perlu atau tidaknya, saya ingin menanyakan beberapa hal yang terkait dengan keamanan (security) karena ini bidang saya.

  1. Siapa yang bertanggungjawab terhadap program/proyek pengumpulan data sidik jari PNS ini? Jika terjadi kebocoran data atau masalah keamanan lainnya, siapa yang bertanggungjawab?
  2. Apakah masalah keamanan data dari sidik jari ini sudah dikaji?
  3. Apa keperluan pengumpulan data sidik jari ini? Siapa saja atau aplikasi apa saja yang boleh menggunakan data sidik jari ini? (Perlu diingat bahwa data ini dapat diperjualbelikan. Kita tidak ingin data ini jatuh kepada pihak yang tidak berhak, atau lebih seram lagi jatuh ke tangan pihak asing.)
  4. Proses pengambilan, penyimpanan, pemrosesan, distribusi, dan penggunaan data sidik jari ini harus dipastikan aman. Sebagai contoh, dimana data disimpan? Perlindungan apa yang telah dilakukan (people, process, technology)? Misal, siapa saja yang berhak akses ke data? Apakah akses tercatat? Di berapa tempat? Dan seterusnya. Ada banyak detail yang harus dijelaskan di sini.

Perlu diingat bahwa kalau passwod kita dicuri atau hilang, maka kita bisa mengganti password tersebut. Kalau data biometrik (dalam hal ini adalah sidik jari) kita hilang atau dicuri, apakah kita mau mengganti (sidik) jari? Data sidik jari adalah data pribadi yang sama sensitifnya seperti password. Dia harus dilindungi dengan serius.

Jika pertanyaan-pertanyaan di atas belum dapat terjawab, sebaiknya pengumpulan data ini ditunda dahulu. Bagi yang belum melakukannya, ajukan surat pernyataan jaminan keamanan secara tertulis dari pihak yang mengumpulkan data.

Iklan

14 pemikiran pada “Keamanan Pengumpulan Data Sidik Jari PNS?

  1. harus berhati-hati dalam menjaga password pribadi kita pak , kalau sampe password kita di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab takutnya nanti di hancurkan privasi pribadi kita ..
    tapi bagaimana cara mengetahui orangnya yang mencuri password kita ..
    tapi dengan secara sidik jari bagaimana caranya ..??

  2. Saya baru tahu soal pengumpulan sidik jari pns ini.. Apa bedanya dengan sidik jari di e-ktp? Saya yakin ini hanya proyek abal-abal saja..

  3. ini buat absen ya?
    bapak sya bukan PNS tp pake sistem absen kya gini jg, mmm akhirnya biasa-biasa aja, dan terakhr mau pake cek retina (tau jd tau gak)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s