Bermain-main Dengan Fonts

Seperti telah saya tuliskan sebelumnya, saya mengubah-ubah tampilan situs di layar saya agar saya tidak bosan. Salah satu yang dapat saya ubah adalah penggunaan fontsnya. Dahulu mengubah ini agak susah. Sekarang hal ini mudah dilakukan dengan menggunakan Stylish. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan.

Pertama, tentu saja pasang Stylish untuk browser Anda. Silahkan ambil ini dari userstyles.org. Untuk browser Firefox, Stylish ini menjadi add-ons.

Setelah Stylish terpasang, Anda sebetulnya dapat mengambil berbagai style dari userstyles.org untuk mengubah tampilan situs sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Perubahan bisa signifikan, tidak hanya mengganti fonts saja.

Untuk mengubah tampilan fonts, saya membuat style sendiri. Isi dari style saya adalah sebagai berikut.

@-moz-document domain("rahard.wordpress.com") {
* { font-family: "JackInput", "HelveticaNeueLT Std", "Helvetica Neue", "Helvetica", "HelveticaNeue", Arial, sans-serif; !important;
text-shadow: none !important; }

Pada contoh di atas, saya mengubah fonts menjadi “JackInput” ketika browser mengunjungi / menampilkan situs rahard.wordpress.com. Untuk situs lain, Anda dapat menyesuaikan domain tersebut. Misalnya Anda ingin tampilan gmail dan twitter menggunakan fonts yang berbeda, tinggal ganti domain tersebut. Jika baris tersebut dihilangkan, maka semua situs akan ditampilkan dengan fonts tersebut.

Demikian. Selamat ngoprek.

3 pemikiran pada “Bermain-main Dengan Fonts

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s