Ketekunan, Mulai Dari Ngeblog

Banyak orang yang menghasilkan karya yang bagus (di sebuah bidang) untuk kemudian menghilang tanpa bekas. Yang terjadi adalah seringkali mereka tidak tekun dalam bidang tersebut. Ada banyak tawaran untuk melakukan hal-hal lain, yang terlihat lebih menarik, sehingga akhirnya mereka meninggalkan bidang yang tadinya ditekuni. Bahkan kada hal-hal lain ini menjadi banyak sekali sehingga akhirnya mereka tidak fokus dan bubar semua.

Ketekunan dalam melakukan pekerjaan (dan belajar) untuk sebuah bidang memang tidak mudah. Selalu saja banyak tantangan. Selain contoh di atas, tantangan yang juga besar adalah kebosanan. Yang kita lakukan terlihat seperti monoton sehingga akhirnya kita bosan. Untuk mengatasi hal ini memang diperlukan kreatifitas dan sudut pandang yang berbeda. Kemudian ada banyak hal yang terlihat baru dalam bidang yang kita tekuni sehingga menarik untuk dikerjakan.

Menulis di blog, sebagai sebuah contoh, juga membutuhkan ketekunan. Banyak orang yang mula-mula tertarik untuk ngeblog tetapi kemudian menyerah dengan berbagai alasan. Tekun ngeblog saja sudah susah, apalagi kerjaan yang memang sudah susah. Gimana mau tekun ya? Wah.

Bagi saya, menulis di blog ini merupakan sebuah media belajar untuk tekun (dan kreatif). Memaksakan diri untuk menulis setiap hari merupakan sebuah pelajaran yang tidak mudah. Belum lagi membuat tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Ini sebuah upaya. Jadi, rajin ngeblog mungkin dapat juga dijadikan ukuran ketekunan.

Kalau rajin menulis di twitter bagaimana? Nah?

Iklan

25 pemikiran pada “Ketekunan, Mulai Dari Ngeblog

  1. Zaman skrg memaksakan kita menjadi materialistic, kita akan mengerjakan sesuatu yang mendapatkan imbalan yang besar, walaupun kita tidak suka melakukannya. Dan ini ada awal dari kegagalan, karena jika kita melakukan segala sesuatu yang tidak kita sukai, kita akan cepat bosan, dan selain itu, kreatifitas kita jg akan terbatas. Kita akan cepat frustasi pada saat kita menghadapi tantangan

    Salam,

    Hotelpadi.com (cari tairf hotel termurah)

  2. Setuju banget, Pak Budi. Memang tidak mudah bisa terus konsisten ngeblog, banyak halangan dan tantangannya…

    Tapi apabila semua itu bisa kita lewati, pada akhirnya akan berbuah manis.

    Salam, dari blogger yg masih berjuang untuk menjadi tekun sejak tahun 2010 =)

  3. Semangat ngeblog saya kadang juga hilang timbul..Tapi blog hanya satu2nya media saya bisa mengungkapkan perasaan dengan gaya saya sendiri. Jadi sekalipun bosan, demi membunuh bosan itu sendiri, menulis di blog adalah palarian yang sangat menyenangkan

  4. Kalo menurut saya, berdasarkan pengalaman priadi. Memang menekuni pekerjaan dalam satu bidang itu sulit, apalagi kalo mood kita sedang jelek. Dan untuk nyiasati nya, saya memilih mempunyai beberapa kerjaan. satu sisi ngeblog, dan berwiraswasta. Saya juga dulu, waktu pertama kali ngblog cma tahan 1 bulan hehehe. karna disamping dulu saya msh kuliah, saya masih bingung dengan edit2 blog. jd saya bosan, dan skrg saya mulai ngeblog lagi. tp de

  5. Tidak setuju sama sekali!
    Bila tidak dipraktekkan.

    Saya meniru P BR tekun ngeblog, sekarang sudah ada dua ribu lebih postingan di blog saya dan mulai menunjukkan hasil.

    Terima kasih atas teladannya….

    Salam…

  6. Ngeblog bisa menjadi ajang kita berlatih memperbaiki diri (dalam hal kepenulisan). Kalau kita sering berlatih menulis blog, lama-kelamaan tulisan kita akan berkembang lebih baik.
    Memang ketekunan itu menjadikan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.
    Ngeblog itu kan butuh biaya. Nah, kadang itu menjadi masalahnya. Kalau yang punya laptop dan modem itu tidak ada masalah. Kalau yang tidak punya itu lho!

  7. waah bener juga qu lama nggak ngebolg karena fokus pada laih hal setelah lama pengen ngeblog lagi hehehe waa jadi manusia nggak fokus nih hehehe

  8. iya betul, ketekunan itu perlu.. saya ngeblog awal2 bisa sehari satu sampai dua postingan.. sekarang seminggu baru dapat satu sampai dua postingan.. salam sukses!

    100motivasi.wordpress.com

  9. Salam kenal semua.
    kebosanan, ya mungkin itu yang sering menghinggapi kita, ketika mencoba untuk menekuni suatu aktivitas, tapi kecintaan yang besar pada aktivitas yang di jalani adalah penangkal efektif bagi munculnya kebosanan. seperti menulis setiap hari di blog, tetapi saya sangat salut dengan pengelola blog ini, super sibuk , masih menyempatkan ngeblog setiap hari, anugrah besar jika itu terjadi sama saya…!!
    Salam.

  10. Salam Kenal Pak Budi,

    Saya suka dengan tulisan-tulisan yang Pak Budi buat serta gaya bahasanya, tetap semangat bikin blog dan tekun ya pak. Karena dorongan suami yg berprofesi di bidang IT, saya disarankan untuk belajar buat blog khususnya yang berkaitan dengan ilmu psikologi. Memang benar, untuk menjadi tekun itu sulit namun yang pasti kalau menurut saya setiap apa yang ingin kita lakukan harus diawali dengan “Niat”, setelah itu jangan mudah menyerah dan bosan ketika kita mendapatkan halangan maupun tantangan.

  11. Saya terinspirasi untuk membuat postingan tiap hari juga karena blog Bapak ini. Sekalian latihan menulis. Inginnya bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas nantinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s