Waktu Yang Pas (Untuk Ngeblog)

Satu hal yang menarik untuk diperhatikan dalam menuliskan blog adalah waktu untuk mempublikasikannya, menampilkannya. Ternyata weekend bukan waktu yang terbaik. Sebagian besar pembaca blog mengakses blog dari kantor atau sekolah (kampus). Artinya pada weekend akan sedikit yang membaca.

Meskipun tulisan di blog tidak hilang, hari berikutnya orang akan lebih tertarik untuk membaca apa yang muncul hari ini. Blog yang kemarin muncul akan dibaca nanti. Itu kalau tidak terlupa atau terdesak oleh kegiatan lain yang lebih prioritas. Akibatnya, banyak orang yang lupa membaca tulisan kita. Orang yang benar-benar mengikuti kita saja yang akan menyempatkan diri untuk membaca tulisan yang kita tampilkan kemarin atau dua hari lalu.

Yang paling menarik mungkin menampilkan tulisan hari Senin menjelang siang. Pas orang-orang sedang istirahat di kantor, tiba-tiba muncul tulisan kita (yang sudah kita persiapkan sebelumnya). Langsung dibaca oleh mereka. Jadi timing itu penting.

Saya sendiri tidak menggunakan strategi ini – posting pada waktu tertentu – karena saya biasanya langsung memposkan tulisan yang selesai. Begitu selesai, tekan tombol “publish“. hi hi hi. Biarlah ada yang baca atau tidak, saya tidak terlalu peduli. Kalau memang tulisannya bagus dan bermanfaat, mestinya ada yang kembali untuk membaca. Mestinya kan?

15 Comments

  1. Efek dari statistik blog. Dulu sebelum memasang plugin statistik blog, saya tidak peduli dengan isi blog. Sekarang suka berpikir topik apa yang seru yang bisa mendatangkan pengunjung.

  2. Saya baru tau kalo ada strategi kayak gitu pak, biasanya sih sehabis nulis langsung publish, malah terkadang saya ga sadar kalo ada kesalahan haha

  3. Ada masa tertentu dimana kita kehilangan semangat untuk membuat artikel tapi sebagai blogger sejati mestinya kita harus tetap produktif menghasilkan konten-konten berkualitas yang bermanfaat baik buat pembaca maupun untuk kita sendiri.

  4. saya pernah baca di sebuah blog, waktu yg tepat utk mem-publish sebuah tulisan di blog adalah saat trafik tertinggi. karna itu menganalisa statistik pengunjung itu lumayan penting.

    kalau saya biasanya pertengahan minggu. lagipula di wordpress kan postingan bisa dijadwalkan utk publish secara otomatis. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s