Perlukah Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak?

Sekarang sedang ribut soal kurikulum SD. Ada banyak “eksperimen” di sana. Heran sekali ya. Kenapa kok tidak ada diskusi akademik secara terbuka? Tentu saja akan ada pro dan kontranya, tetapi dengan diskusi yang terbuka kita dapat menjadi lebih well informed. (Lah ini pakai Bahasa Inggris???)

Ada ribut soal IPA-IPS dan yang ingin saya bahas adalah soal Bahasa Inggris. Perlukah Bahasa Inggris dipelajari oleh anak-anak SD? Kalau pertanyaannya seperti ini, jawaban saya adalah perlu. Kalau pertanyaannya, perlukah masuk ke kurikulum? Nah, ini saya agak ragu. Perlu diingat bahwa Indonesia itu bukan hanya kota besar saja dan anak-anak seumuran SD membutuhkan waktu untuk bermain. Jadi saya sebetulnya condong untuk tidak memasukkan bahasa Inggris ke kurikulum dengan catatan, waktu main anak-anak ditambah. Kalau kemudian waktu yang tadinya dipakai oleh Bahasa Inggris kemudian diganti dengan mata pelajaran lain sih saya tidak terlalu setuju,

Soal pentingnya bahasa Inggris, saya rasa kita sudah menyadari pentingnya. Hanya seberapa besar kadar pentingnya. Itu kan? Apakah memang harus dipaksa untuk belajar bahasa Inggris?

Bagaimana dengan saya sendiri? Ketika masih SD dulu seingat saya tidak ada pelajaran bahasa Inggris. Hanya saja orang tua saya mengirim kami semua (kakak beradik) untuk kursus bahasa Inggris. Seingat saya, kelas 6 SD pun saya sudah lulus ujian bahasa Inggris. Memang akhirnya saya tidak mengalami kesulitan dalam membaca atau mendengar pembicaraan dalam bahasa Inggris.

Kemampuan bahasa Inggris ini yang membuka dunia bagi saya. Saya menyukai komputer. Dari mana belajar komputer? Saya dari majalah bekas yang saya beli di emperan kantor PLN di samping sungai Cikapundung, di alun-alun. Kalau saya tidak menguasai bahasa Inggris, dapat dibayangkan betapa terbelenggunya saya.

Jadi menurut saya penguasaan bahasa Inggris itu sangat penting. Jika memang memungkinkan, sebaiknya diajarkan sedini mungkin. Untuk setingkat SD pun bagus. Mumpung mereka masih terbuka, bagai kertas yang masih bersih. Namun memang boleh jadi saya dituduh sudah Westernized.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Perlukah Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak?

  • Sinung Nugroho

    “Anaknya nggak diajarin bahasa Inggris, Pak?”

    Saya bengong ditanya seperti itu. Pertanyaan ini sepertinya sudah menjadi tren di kalangan para pahmud (papah muda) dan mahmud (mamah muda) di tempat saya.

    Dengan makin berkembangnya metode mendidik anak, sepertinya makin berkembang pula kemauan para pahmud dan mahmud untuk menerapkan berbagai macam hal yang terkadang sepertinya tidak terlalu perlu dan mendesak untuk dilakukan. Salah satu contohnya: mengajarkan bahasa Inggris kepada balita (bahkan untuk beberapa kasus yang saya temui, para bayi yang baru lahir).

    “Kata pertama anak saya itu mommy…,” lanjut pahmud tadi sambil menatap anak balitanya dengan bangga.

    Saya tersenyum simpul dan menyahut dengan percaya diri.

    “Kata pertama anak saya … kaos kaki.”

    http://www.sinunk.web.id/2012/10/kata-pertama-kaos-kaki/

  • hotelpadi.com

    Jika indonesia mau selangkah lebih maju, pendidikan bahasa inggris merupakan suatu keharusan dan dimasukan ke kurikulum..

    Di malaysia, skrg rakyatnya sdh bs berbahasa inggris walaupun masih di basic level.. Tp ini sgt membantu, terutama di bidang tenaga kerja, pariwisata..

    Saya rasa salah satu alasan rim kgk buka pabrik di sini disebabkan oleh language barrier di sumber daya manusia indonesia.

    Regards,

    Hotelpadi.com (hotel search engine)

  • Cik Kejora

    Sangat setuju, Pak. Kami di Malaysia juga menghadapi keadaan sebegini. Ada juga rakyat yang menolak B.Inggeris kerana khuatir B.Melayu akan semakin menjauh dari rakyat. Tetapi ada juga rakyat yang menyokong kerana tahu bahasa ilmu seantero ialah B.Inggeris. Cuma hal ini telah dipolitikkan oleh golongan tertentu yang tidak menyokong usaha kerajaan mahu melahirkan generasi yang mampu maju seperti bangsa lain. Macam-macam hal!

  • pakdar

    Yang selalu saya katakan kepada murid-murid saya :
    Bahasa Daerah untuk Komunikasi Lokal (daerah)
    Bahasa Indonesia untuk Komunikasi Nasional
    Bahasa Inggris untuk Komunikasi Global (Internasional).
    Jadi menurut saya ketiga bahasa itu ya harus dipelajari.Jika yang jadi pertanyaan adalah: KAPAN belajarnya? Belajar sejak dini, sejak anak-anak akan memberikan hasil lebih baik.

    Saya belajar bahasa inggris hanya dibangku sekolah (SMP,SMA, Perguruan Tinggi) kurang lebih 6-9 tahun. Sampai saat ini saya tidak pernah merasa bisa bahasa inggris.
    Menurut saya yang perlu dipertanyakan juga adalah APAKAH PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH (selama ini) TELAH MEMBUAT ANAK/SISWA DAPAT BERBAHASA INGGRIS (membaca, menulis, berbicara, dll)?. Setahu saya temen-temen yang mampu berbahasa inggris bukan didapat dari sekolah tapi dari tempat2 kursus dan les-lesan.

    Salam kenal

  • Toekang Potret Keliling

    Buat anak SD kelas 1 di daerah (Jawa), selain bahasa Inggris, juga dibekali bahasa jawa dan huruf arab (agama Islam). Jelas ini memberatkan buat anak SD kelas 1 hingga kelas 6. Bahasa Inggris dimasukkan kurikulum sebaiknya mulai SMP saja. Saya perhatikan anak saya yang mendapat bahasa inggris sejak kelas 1 hingga sekarang di kelas 5 kemampuan bahasa inggrisnya tidak signifikan bertambah kok.

  • Oggy

    Bahasa Inggris perlu pak diajarkan sedari kecil mumpung kemampuan daya serap otak anak2 sedang bagus2nya namun u masuk kurikulum saya rasa belum perlu,apalagi dengan persaingan yang semakin global jangan sampai kalah dengan SDM dari luar

  • ioklan.com

    Bahasa Inggris perlu tidak perlu harus tahu sedari kecil mumpung kemampuan daya serap otak anak bagus2nya

  • informasipagi

    kalau menurut saya perlu aja mas/mbak, ya itung-itung investasi pendidikan anak ke depannya, tapi harus kuat juga pendidikan bahasa indonesianya dulu dan pendidikan agamanya …

    salam kenal,
    http://www.bahasainggrisanak.webs.com

  • Kamus Idiom Inggris Indonesia

    Menguasai bahasa Inggris sejak dini memang perlu kalau ingin seperti pak Budi Raharjo yang memang sudah memahami English sejak kecil.

    Masa kecil menentukan masa depan.

  • QurSyam

    yang penting seimbang aja, bahasa Inggris bisa – bahasa indonesia lugas dan bernas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: