Tag

,

Bagi saya, kegiatan perayaan Idul Adha dengan memotong hewan qurban adalah kegiatan bermasyarakat. Itulah sebabnya saya berusaha berkurban lokal di sini. Memang menarik untuk ikut berqurban di tempat lain dengan cara lain, tetapi sebetulnya daerah kami sendiri masih membutuhkan daging qurban dan kegiatan bermasyarakat.

Pemotongan hewan qurban dilakukan di lahan kebun milik salah seorang warga yang berada di pinggir jalan sehingga memudahkan warga untuk hadir. Maka lepas shalat idul adha, warga mulai berdatangan untuk menyaksikan pemotongan. Tidak saja menyaksikan, mereka ikut terlibat. Mulai dari menggali lubang, memasang pasak bambu, mencari tali (untuk mengikat sapi), menyiapkan air (harus menggelar selang yang cukup panjang untuk membilas jeroan), menguliti, memotong, memasukkan ke kantong plastik, menyediakan makanan kecil, atau sekedar bersosialisasi.

[Satu (sapi) melawan banyak (orang)]

Tua, muda, laki-laki, perempuan, semuanya hadir. Ini merupakan pertemuan warga yang jarang terjadi. Masing-masing memiliki kesibukan sendiri-sendiri, tetapi kali ini berkumpul bersama dalam suasana yang menyenangkan. Kadang dijumpai suasana yang lucu atau menegangkan.

[Anak-anak menaiki domba]

[Matador?]