Mencari Pemimpin

Setiap kali ada pemilihan pimpinan – mau presiden, gubernur, rektor, himpunan mahasiswa, atau sekedar organisasi kecil – kita selalu kebingungan mencari calon yang cocok. Mengapa sulit sekali mencari pemimpin ya?

Calon-calon yang ada terlihat semu. Mereka tidak hadir untuk memimpin, tetapi menancapkan diri untuk kepentingan diri atau kelompoknya. Mereka tidak memiliki karakter sebagai pemimpin. (Yaitu apa ya? Salah satunya adalah berani mengambil sikap atau keputusan. Bukan sekedar membuat semua orang senang sehingga tidak ada sikap.) Kita tidak mencari seorang yang sempurna. This would be a futile effort. Kita hanya membutuhkan seorang yang dapat memimpin kita sesuai dengan misi organisasi yang akan dipimpinnya. Lead us.

Saya yakin bukannya tidak ada orang yang memiliki kualitas sebagai pemimpin. Hanya saja mereka tidak mau muncul ke depan untuk satu dan lain hal. Mereka mungkin memilih untuk lebih baik hidup di lingkungan kecilnya saja. Menjadi pemimpin untuk organisasi yang lebih kecil. Ini tentu saja tidak salah. Hanya saja, umat manusia yang lebih besar membutuhkan Anda. Alasan lain mungkin mereka tidak (belum) merasa sanggup untuk mengorbankan kepentingan pribadi (diri, keluarga, kelompok) untuk kepentingan yang lebih besar. Sah juga. Yang ini saya tidak punya argumentasi kecuali membujuk.

Kesulitan mencari pemimpin ini sebetulnya bukan monopoli bangsa kita saja, tetapi masalah semua bangsa di dunia. Hanya saja kadang saya iri melihat bangsa lain (akhirnya) menemukan pimpinan mereka yang rasa cukup oke. Sementara kita? Dapatnya masih “pemimpin” yang merupakan hasil kompromi semata – agar tidak ribut berantem. Sekedar itu saja. Kita kemudian berjalan sendiri-sendiri tanpa ada pemimpin. Auto pilot katanya. Wah. Ini lebih maju daripada negara maju.

Pencarian pemimpin masih terus berlangsung…

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

6 responses to “Mencari Pemimpin

  • hotelpadi.com

    Hi pagi Pak Budi,

    Ada jg pandangan lain,

    Para pemimpin diharuskan memenuhi kepentingan golongan tertentu yang telah menbawa dia ke posisi puncak. Para pemimpin tdk mempunyai byk pilihan. Jika gagal memenuhi kepentingan golongan tsb, bkn tidak mungkin mereka akan digoyang/digulingkan dr kedudukan sbg pemimpin.

    Salam,

    Hotelpadi.com (hotel sources deatl)

  • Syarif Thoyibi

    Kesulitan kita mencari Pemimpin (dengan P besar) adalah salah satu sisi buram demokrasi. Demokrasi sebagai anak kandung kapitalisme dan liberalisme menjadikan proses demokrasi menjadi begitu transaksional. Pemilihnya pun memilih dengan asas “saya dapat apa”!Dengan kekuatan capital pula calon pemimpi (dengan p kecil) dimake up, diblow up….

  • mathematicse

    Sepertinya Pak Budi bingung memilih satu di antara calon-calon presiden RI mendatang: Ical, Mega, Prabowo, atau Rhoma…😀

  • TUKANG CoLoNG

    akan praktis jika ada orang yang jiwa kepemimpinannya tampak jauh sebelum masa ‘pemilu’, jadi kita tinggal comot. namun hidup tidak semudah itu. dan jikapun itu bneran terjadi, pasti ada plus minusnya lagi.😀

  • Agamfat

    saya seumur2 golput, tapi kemarin sangat bersemangat kampanye buat Jokowi, dua kali datang ke kampanyenya. ada orang yg memang pantas di dorong maju, seperti Jokowi, tapi sulit mencari orang seperti Jokowi. mantan walikota Yogya, Herry zudianto sekelas Jokowi, setelah dia turun, diganti wakil walikota, masyarakat bahkan sudha mendemo kebijakannya.
    mas BR, ukuran keberhasilan pemimpin kepala daerah itu gampang: apakah dia pasang spanduk-baliho pakai dana APBD atau tidak. kalau dia pasang, itu pasti memanfaatkan jabatnanya. kalau dia memang berhasil, masyarakat pasti akan merasakan dampak kepemimpinannya, sepeeri Jokowi dan Herry yang tidak pasang2 baliho

  • ikhwanalim

    saya justru salut dengan Jokowi dan Ahok yang berani maju ke Pilkada DKI hanya dengan 2 partai saja. Artinya, kalau menang (dan akhirnya mereka memang menang) maka mereka tidak usah repot-repot memenuhi harapan dari partai-partai pengusungnya. karena toh, yang mengusung mereka hanya dua partai saja 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: